omatsuri.hanaAvatar border
TS
omatsuri.hana
Hiii !!! Kisah Incest & perebutan kekuasaan Pada Jaman Firaun


Bila mendengar kata firaun, khususnya bagi yang beragama Islam pasti teringat akan kisahnya yang berhubungan dengan nabi Musa. Dan mungkin masih banyak di antara kita yang berfikir bahwa firaun (pharaoh) adalah sebuah nama seseorang, faktanya firaun adalah nama gelar untuk raja-raja mesir pada masa itu.

Dan kali ini aku mau bahas sebuah generasi firaun yang hidup sekitar 1,300 SM.

Masa gemilang Mesir pada jaman ini di mulai pada masa kepemimpinan Nefertiti dan suaminya Akhenaten. Dalam catatan sejarah yang di buat, Nefertiti di catat sebagai Firaun yang cakap dalam memimpin negri, pada masa itu Mesir mengalami kemajuan yang luar biasa, baik dalam pertahanan maupun kesejahteraan rakyat. Meskipun secara resmi pemimpin nya adalah sang suami yaitu Akhenaten. Namun kepemimpinan di kuasai sang istri Nefertiti dan dalam pengaruh ayahnya Ay / eye.
Namun malangnya perkimpoian Nefertiti dan akhenaten tidak menghasilkan keturunan. Dan pada kemudian hari ia menemukan suaminya yang tak lain sang raja mesir melakukan hubungan incest dengan adik kandung nya sendiri hingga menghasilkan seorang anak yang bernama Tutankhamun.

Kelak Tutankhamun akan mewarisi kekuasaan dari ayahnya. Namun di lain itu Nefertiti tetaplah bijaksana, ia membesarkan Tutankhamun layaknya anaknya sendiri hingga ia wafat.
Nama aslinya, Tutankhaten, berarti "Jelmaan hidup Aten", sedangkanTutankhamun berarti "Jelmaan hidup Amun". Pada tahun 1922, makamnya ditemukan oleh Howard Carter dan sejak itu Tutankhamun menjadi ikon populer dari peradaban Mesir Kuno..

Tapi ternyata di balik ke populeran nya sebagai ikon firaun, Tutankhamun di duga mengalami kisah tragis. Di lahirkan dari perkimpoian incest, Tutankhamun lahir cacat. Hal itu di perkuat setelah mumi nya di teliti lebih jauh, dan membenarkan ada nya ketidaksempurnaan fisik akibat rusaknya DNA yang di hasilkan dari hubungan incest.

Topeng Kepala Mummy Tutahkhamun

sumber gambar : Boombastis.com

Setelah di rekontruksi mummy nya, begini kira-kira fisik Tutankhamun.

sumber gambar : boombastis.com

Perkimpoian incest pada masa itu sepertinya di anggap hal wajar, karena Tutankhamun sendiri menikah dengan saudara perempuan nya yang bernama Ankshenamun. Ankshenamun sendiri merupakan anak dari Nefertiti dan Akhenaten yang lahir setelah kasus perselingkuhan incest tersebut. Dari perkimpoian Tutankhamun & Ankshenamun menghasilkan dua anak, namun meninggal saat masih dalam kandungan. Dua anaknya ini di mummy kan dan di tempatkan satu makam dengan sang ayah, firaun kecil.

Tutankhamun berkuasa pada tahun 1333 SM, pada usia sembilan atau sepuluh tahun, Mengingat usianya, Ia mungkin memiliki penasihat yang sangat hebat, yaitu; Jendral Horemheb yang tak lain adalah paman nya dari sang ibu tiri dan Ay/eye yang tak lain adalah kakek dari ibu tiri.

Namun Tutankhamun tercatat memerintah mesir tidak terlalu lama, di karenakan meninggal dunia. Penyebab meninggalnya sendiri belum di ketahui secara pasti. Ada kemungkinan di bunuh oleh sang kakek tiri alias Ay/Eye yang juga penasehat kerajaan nya. Di duga hal ini untuk mendapatkan kekuasaan absolut.

Dugaan ini mencuat karena sebuah surat yang di kirim oleh Ankhsenamun (istri Tutahkhamun).
Sebuah dokumen ditemukan di dalam ibu kota kuno Hittite, Hattusa yang berasal dari periode Amarna; yang disebut "Akta-akta"Suppiluliuma I. Raja menerima sepucuk surat dari ratu Mesir, ketika berada di pengepungan Karkhemish. Surat-surat tersebut berbunyi:

"Suami saya telah tiada dan saya tidak memiliki keturunan. Mereka mengatakan bahwa Anda memiliki banyak anak. Anda bisa memeberikan salah satu putra anda untuk menjadi suami saya. Saya tidak ingin mengambil salah satu pengikut saya sebagai suami... Saya takut."

Surat itu di anggap luar biasa, karena di luar batas kewajaran seorang pemimpin agung meminta suami pada kerajaan kecil. Hal ini di duga karena ketakutan nya kepada sang kakek yang berkeinginan menguasai tahta dengan menikahi nya. Sistem kerajaan saat itu adalah sistem garis keturunan, jadi sang kakek harus masuk ke dalam trah inti agar di akui sebagai penerus firaun.
Kerjaan kecil tersebut pun akhirnya mengirim seorang putranya, Zannanza, namun pangeran itu meninggal, kemungkinan mati terbunuh di dalam perjalanan.

Singkat cerita sang kakek akhirnya berhasil menikahi cucu nya sendiri lalu mengambil alih kekuasaan mesir hampir 9 tahun lama nya.
Namun setelah itu, Ay mengalami kudeta oleh anaknya sendiri yaitu Horemheb yang tak lain adalah jendral perang pada masa itu. Sang anak ingin menyudahi kedzaliman sang Ayah.

Horemheb

Sumber gambar : wikipedia

Setelah Horemheb berhasil menguasai tahta. Ia banyak mereformasi pemerintahan dan menghancurkan berhala-hala dewa sesembahan firaun sebelumnya. Ia juga menyerahkan satu kota Gezer kepada Raja Solomon / nabi Sulaiman karena ia ingin mempersunting anak Raja Solomon.

--------
Oke sekian dulu cerita sejarah tentang fir'aun.

Pelajaran yang bisa di petik adalah, dari jaman firaun belum kenal hotdog menjelaskan bahwa manusia itu memang gak ada puasnya, hal itu terlihat dari sejarah Ay / Eye sang kakek, padahal dia sudah berkuasa di balik layar selama puluhan tahun. Namun hawa nafsu ingin menduduki kursi tahta tertinggi bahkan sampai menikahi cucu nya, dan akhirnya malah di gulingkan oleh anaknya sendiri.

Sumber : wikipedia


📻📻📻📻📻
Thread ini tersedia dalam bentuk audio :
Klik link di bawah
🔛🔛🔛
podcast anchor
Diubah oleh omatsuri.hana 26-04-2019 00:27
anasabila
4iinch
Poin
Poin dan 16 lainnya memberi reputasi
17
18.5K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan