aaminroidaAvatar border
TS
aaminroida
Mahasiswa, Mari Sikapi Pilpres Dengan Elegan


Tak terasa 5 tahun berlalu dengan cepat, hiruk pikuk pesta demokrasi semakin terlihat. 

Dunia kampus haruslah tetap menjadi warna yang indah dalam bingkaian "berbeda-beda tetapi tetap satu jua". Mahasiswa dari berbagai kalangan budaya, daerah, dan latar belakang yang berbeda sangat rawan akan doktrin-doktrin tak mendasar. Yang acap kali menimbulkan saling ejek ataupun memancing perselisihan.


:garudadidadaku

Toleran berarti bersifat atau bersikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dan sebagainya) yang bertentangan dengan pendirian sendiri. Dengan kata lain kita dituntut untuk tepo slira antar warga negara, khususnya dalam hal ini mahasiswa.

Lingkungan kampus sebagai lingkungan akademik, haruslah tetap menjaga kekondusifan. Sebagai akademisi, nalar yang berkembang harus tetap terawat agar setidaknya masih ada manusia yang memiliki akal sehat di era pilpres yang semakin edan dan tak karuan ini.


Mahasiswa baru sebagai bagian dari pemilih pemula yang notabenya belum memiliki pengetahuan mendasar tentang dunia perpolitikan, haruslah bisa memilah atau memiliki tips agarterhindar dari oknum kampanyers tak bertanggung jawab. Diantaranya dapat melakukan hal-hal seperti ini:


emoticon-Jempol



  1. Pelajari mata kuliah Pendidikan Pancasila maupun Pendidikan Kewarganegaraan dengan baik. Meskipun mata kuliah ini cenderung membosankan karena dari SD hingga SMA kita mempelajarinya, namun disinilah toleransi diajarkan.
  2. Tetap jalin interaksi. Dengan berinteraksi, mahasiswa akan lebih menghormati dan mengenal pilihan mahasiswa lain karena sejujurnya tak ada mahasiswa yang mampu bertahan tanpa bantuan mahasiswa lain.

  3. Toleransi sebagai fondasi. Dengan bertoleransi, secara tidak langsung mahasiswa telah membangun fondasi kemajuan dalam bertoleransi politik. Hal ini akan menjadi sebuah gerakan kecil yang mampu mengubah pandangan antipati terhadap toleransi politik. Karena sejatinya, mahasiswa adalah agent of change.
  4. Antusiaslah dalam mengikuti debat capres cawapres. Karena disinilah mahasiswa dapat menilai kredibilitas masing-masing pasangan dalam mengatasi permasalahan melalui jawaban-jawaban yang dilontarkan.
  5. Bila memungkinkan, adakanlah bedah visi misi  dari masing-masing paslon sebagai bagian program kerja organisasi kampus. Selain akan membuka pola pikir mahasiswa, juga bermanfaat dalam menambah pengetahuan mengenai politik.

Spoiler for debat capres cawapres:




Jadilah mahasiswa yang CERDASdalam memilih:
Cermati visi misi
Enyahkan sikap intoleransi
Rangkul sesama
Damaikan situasi
Abaikan black campaign
Sukseskan pemilu tanpa golput
 
Terakhir,
Bulan April menjelang

Pesta demokrasi akan datang

Mari kita jaga ketenangan

Untuk pemilu yang aman

 
Kedamaian tercipta karena kita mau menerima perbedaan😄


Spoiler for pemilu:




Quote:
Diubah oleh aaminroida 13-03-2019 03:53
0
321
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan