Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

stargazeezAvatar border
TS
stargazeez
Konjungsi Bulan Dan Mars
Hello gan, kenalin ane kaskuser baru disiniemoticon-Smilie
disini ane mungkin akan membahas hal-hal yg agak random tergantung mau ane apa emoticon-Big Grin, dan sekarang ane mau post thread pertama ane tentang astronomi,hehe.

Sebagai astronomi amatir(amatir banget,hehe) tentunya ane selalu suka hal-hal/kejadian/fenomena astronomi karena menurut ane itu menarik dan banyak yg bisa digali dari fenomena tersebut. Perisitiwa astronomi sebenarnya bukan peristiwa langka yg terjadi beberap tahun atau mungkin puluhan tahun, kejadiannya kerap kali kita tak sadar bahwa itu fenomena astronomi seperti bulan purnama, munculnya planet venus, bahkan hujan meteor yg kejadiannya tiap bulan hampir ada. Nah disini ane mau ngeshare fenomena yg terjadi sekarang yaitu konjungsi mars dan bulan, disimak ye emoticon-Big Grin

Spoiler for penggambaran konjungsi:


Dikenal sebagai peristiwa konjungsi, Bulan dan Mars akan tampak bersebelahan dalam pandangan dari Bumi. Keduanya, menurut informasi dari In-the-sky.org, akan terlihat berada sejauh 5° satu sama lain. Dengan menemukan Bulan, kita bisa melihat Mars di sebelahnya!

Di Indonesia, pasangan benda langit ini akan terlihat mulai sekitar pukul 18:20 waktu setempat daerahmu, saat senja akhirnya tiba. Saat itu, mereka akan berada pada ketinggian 42° di atas cakrawala barat laut. Jadi, pastikan langit barat daerahmu tidak terhalang bangunan tinggi untuk mengamati Bulan dan Mars, ya.

Karena Bumi berotasi, Bulan dan Mars tidak akan terus-menerus berada di langit barat sepanjang malam, melainkan akan terbenam. Bulan dan Mars akan terbenam ke ufuk barat sekitar 3 jam 21 menit setelah Matahari terbenam, atau tepatnya pada pukul 21:27 waktu setempat daerahmu.

Walau begitu, jangan berekspektasi tinggi dulu kalau Mars akan tampak begitu jelas, atau bahkan sebesar Bulan. Karena nantinya, kalau kamu hanya mengamatinya dengan mata telanjang, Mars hanya akan tampak bagai bintang merah terang yang tidak berkelap-kelip di arah utara.

Sc : Infoastronomy

Nah mungkin segitu dulu dari ane, maafkan bila threadnya penuh kekurangan dan tidak rapi dalam menyusunnya, kedepannya insya allah akan lebih baik lagi.

Kasih saran dibawah yaemoticon-Smilie

~Stargazeez
Diubah oleh stargazeez 11-03-2019 12:27
1
768
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan