Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

codename.isalAvatar border
TS
codename.isal
Merasa Dirimu Narsis? Coba Kenali Tanda-tanda Berikut Ini


Narsisistilah yang sering digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang terlalu membanggakan dirinya sendiri. Contoh gampangnya seperti orang yang hobi selfie berlebihan atau mereka yang suka pamer di berbagai akun sosial media. Mungkin di era sekarang menurut kita biasa saja, tapi ini termasuk gangguan kepribadian loh!

Lebih jauh lagi narsistik adalah gangguan kepribadian dimana seseorang menganggap hanya dirinya lah yang paling penting dan memiliki 'hasrat' untuk selalu bisa dikagumi. Istilah narsis sebenarnya berasal dari tokoh mitos Yunani, Narcissus, dimana ia memiliki rasa cinta berlebihan terhadap dirinya sendiri sampai-sampai dirinya juga mencintai bayangannya sendiri yang terpantul di kolam.



Orang narsis 'terobsesi' dengan dirinya sendiri, manipulatif, dan suka menuntut banyak terhadap sesuatu. Mereka seperti HARUS dan BERHAK mendapatkan perlakuan khusus dari orang-orang di sekitarnya. Para pakar menganggap ini sebagai masalah budaya dan sosial. Untuk mengetahuinya lebih jelas, mari simak tanda-tanda orang narsis berikut ini:
emoticon-cystg


Suka jadi pusat perhatian



Orang narsis suka cari 'panggung' untuk tempat mereka bisa jadi pusat perhatian orang-orang. Mereka terdorong untuk membicarakan segala hal tentang diri mereka sendiri, dan mereka juga suka melebih-lebihkan pencapaian mereka untuk mengesankan orang lain.



Suka menggurui



Misal kita lagi punya masalah, tiba-tiba si narsis ini datang dan bicara pada kita seolah-olah kita butuh nasihat dari dia. Mereka berbicara terlalu banyak dan sok bijak terkesan malah jadi menggurui kita. Yah intinya orang narsis ini cuma mau menunjukkan kalo dia 'bener' dan tahu segalanya.



Tak ingin diabaikan



Orang narsis juga tidak suka dicuekin, misalnya seperti saat kita tidak membalas chat dia. Karena si narsis ini selalu ingin dinomorsatukan, dia bakal frustrasi saat tak ada orang yang menanggapi atau jika dia diabaikan oleh orang-orang di sekitarnya.



Terlalu ambisius



Punya ambisi dalam hidup itu bagus, tapi gak harus berlebihan kan? Mesti realistis juga. Nah, orang narsis ini terkenal sangat ambisius. Dia percaya kalo dia ditakdirkan untuk menjadi BESAR. Bahkan mereka bakal lebih memilih bergaul dengan orang-orang yang status sosialnya tinggi.



Tebar pesona



Orang narsis juga suka tebar pesona, dia menganggap bahwa dirinya lah yang menjadi bintangnya. Dia menggunakan daya tarik yang dimilikinya untuk memanipulasi orang lain. Tujuannya sudah jelas, untuk membuat perhatian orang-orang tertuju pada dirinya seorang.



Kompetitif



Dalam pandangan orang narsis, selalu ada yang menang dan ada yang kalah. Orang narsis selalu merasa bahwa mereka harus menang dalam hal apapun. Mereka harus menjadikan diri mereka lebih unggul daripada orang lain. Ini merupakan suatu upaya untuk membuktikan dominasi mereka.



Tak bisa dikritik



Orang narsis juga anti kritik, dia menganggap benar citra apapun yang telah dia bangun. Sekecil apa pun kritikan terhadapnya, rasanya seperti serangan besar atau serangan pribadi terhadap dirinya. Mereka akan sangat tersinggung dan mengingat orang yang mengkritiknya. Ini membuat orang narsis cenderung intoleran.



Dia tak pernah salah



Jika orang narsis berbuat salah dia tidak akan meminta maaf atau mencoba memperbaikinya. Dia akan menolak untuk bertanggung jawab bahkan malah mengalihkan kesalahan pada orang lain. Dia akan melakukan apapun untuk memenangkan hati orang-orang supaya percaya kepadanya.



Memanfaatkan orang lain



Orang narsis akan 'berakting' seolah-olah dia butuh orang-orang disisinya. Mereka ingin orang lain memahami kebutuhannya, tapi tidak sebaliknya (kurang empati). Untuk mendapatkan apa yang dia inginkan, dia akan memanipulasi atau menggertak siapa pun yang menghalanginya. Pada akhirnya, semuanya hanya tentang dia.




Setelah memahami penjelasan diatas mungkin kalian akan menganggap orang-orang narsis didominasi oleh wanita, tapi faktanya, ternyata gangguan kepribadian narsistik ini lebih sering ditemukan pada pria loh. Penyebabnya tidak diketahui, tapi kemungkinan merupakan faktor genetik dan lingkungan.

Perlu diketahui, narsis tidak sama dengan pede. Orang narsis tidak bisa menghargai kritik dari orang lain, sementara orang pede akan semakin meningkatkan kualitas dirinya setiap ada orang yang memberinya kritik. Orang narsis seperti punya harga diri yang tinggi, tetapi sebenarnya ada rasa ketidaknyamanan dalam dirinya. Ia ingin orang lain iri padanya, tapi di satu sisi ia juga iri dengan orang lain.

Baik pria maupun wanita sama-sama bisa narsis.
Nah, kalo Gan/Sis gimana? Apakah termasuk orang yang narsis?
:nyantai

SAYKOJI - NARSIS



Referensi: Health
Diubah oleh codename.isal 28-02-2019 04:06
4
4.3K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan