surayrusAvatar border
TS
surayrus
Robot Itu Lawan atau Kawan?
Halo GanSis!





Agan Sista tau kan kalau seiring dengan perkembangan zaman, teknologi pun berkembang semakin canggih. Banyak banget alat-alat yang dibuat dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelegence / AI), yang biasa GanSis sebut dengan kata robot. Semua itu bisa GanSis lihat dalam keseharian GanSis, sudah banyak sekali robot yang muncul dan membantu pekerjaan GanSis. Tapi apakah sebenarnya kemunculan robot-robot tersebut akan membantu kehidupan manusia? Atau justru akan merebut dan mengambil alih semua pekerjaan manusia?





Para tenaga kerja, termasuk GanSis pasti khawatir akan berkembangnya teknologi zaman sekarang dan kemunculan banyaknya robot. Khawatir akan pekerjaan yang takut nantinya diambil alih oleh para robot tersebut. Seperti yang dikatakan oleh Bill Gates pada tahun 2014, bahwa dimasa depan akan ada banyak pengangguran karena tidak mampu bersaing dengan teknologi/robot yang bisa menggantikan pekerjaan mereka.





Hingga kini, World Development Report (WDR) yang dikeluarkan oleh Bank Dunia mengatakan bahwa jumlah robot yang bekerja diseluruh dunia di tahun 2019 berjumlah 2,6 juta, bertambah 1,2 juta sejak Oktober 2018 lalu. 2,6 juta itu angka yang sangat besar loh GanSis. Lalu apakah angka sebesar itu tak akan merebut pekerjaan dan membuat orang-orang menjadi pengangguran?





Secara umum, pekerjaan yang sifatnya rutin memang akan digantikan oleh robot karena dianggap lebih efisien jika dibandingkan dengan pekerja manusia. Tapi ternyata, teknologi juga dapat membuat lapangan pekerkerjaan baru GanSis. Sejauh ini, Eropa sudah menciptakan 23 juta pekerjaan baru di bidang teknologi sejak tahun 1999-2016, sedangkan di China terdapat 3000 pekerjaan baru di bidang Fintech.





Memang segala hal memiliki sisi positif dan negatifnya GanSis. Nah, kalau berdasarkan data sebelumnya, dapat dikatakan bahwa kehadiran robot tidak sepenuhnya berdampak negatif dan akan merebut pekerjaan manusia, GanSis. Karena untuk menciptakan robot dengan teknologi yang canggih, dibutuhkan orang-orang yang harus senantiasa bekerja menganalisis data dan mempertajam algoritma, agar teknologi yang digunakan selalu berkembang dan terbarukan. Sehingga perkembangan teknologi dan pembuatan robot tetap akan menciptakan lapangan pekerjaan untuk manusia kok.


Kalau menurut Agan Sista bagaimana?
Robot itu kawan atau lawan?



SUMBER :
Kawan dan Lawan
Robot Ciptakan Pekerjaan
Bill Gates : Robot Menciptakan Pengangguran
Diubah oleh surayrus 07-02-2019 11:35
makiinun
nyimak92
nyimak92 dan makiinun memberi reputasi
4
4.8K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan