Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

15000rupiahAvatar border
TS
15000rupiah
Bupati Neneng: Mendagri Pernah Minta Tolong Dibantu soal Meikarta
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo disebut-sebut dalam persidangan lanjutan perkara suap terkait perizinan proyek Meikarta. Tjahjo disebut pernah meminta bantuan Neneng Hassanah Yasin sebagai Bupati Bekasi terkait perizinan proyek itu.

Awalnya jaksa KPK menanyakan tentang rapat yang diikuti Neneng di Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Otda Kemendagri). Menurut Neneng, saat itu Dirjen Otda Sumarsono menanyakan mengenai perizinan proyek Meikarta.

Baca juga: Bupati Neneng Sebut DPRD Kab Bekasi Minta Uang Pelesiran ke Thailand

Pertemuan di Ditjen Otda itu disebut Neneng terjadi setelah Wakil Gubernur Jawa Barat saat itu Deddy Mizwar meminta Pemkab Bekasi menghentikan seluruh proses perizinan proyek Meikarta sebelum adanya rekomendasi dari Gubernur Jawa Barat saat itu Ahmad Heryawan alias Aher. Menurut Neneng, saat itu Soni menanyakan tentang IPPT yang telah dikeluarkannya untuk proyek Meikarta.

"Saya dipanggil terus ditanya sama Dirjen Otda soal IPPT 84,6 hektare," ucap Neneng saat bersaksi dalam persidangan perkara suap terkait izin proyek Meikarta di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (14/1/2019).

Dalam sidang itu, empat orang duduk sebagai terdakwa, yaitu Billy Sindoro, Henry Jasmen P Sitohang, Fitradjaja Purnama, dan Taryudi. Neneng pun terjerat kasus itu, tetapi perkaranya belum disidang.

IPPT atau izin peruntukan penggunaan tanah merupakan syarat pertama yang harus dikantongi PT Lippo Cikarang untuk membangun Meikarta. Dalam surat dakwaan Billy cs tersebut, PT Lippo Cikarang awalnya mengajukan IPPT dengan luas lahan 143 hektare tetapi pada akhirnya izin yang diberikan, yaitu 84,6 hektare sesuai dengan rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Kasus Meikarta, KPK Pegang Daftar Anggota DPRD Bekasi yang Pelesir ke LN

Kembali soal kesaksian Neneng. Saat itu, menurut Neneng, Soni--nama panggilan Sumarsono--tiba-tiba menerima panggilan telepon.

"Telepon itu dikasih ke saya, yang ngomong Pak Mendagri, minta tolong dibantu soal Meikarta," ucap Neneng.

Neneng tidak menjelaskan lebih lanjut bantuan apa yang dimaksud. Namun setelahnya, Soni, disebut Neneng, berencana memfasilitasi pertemuan antara Pemkab Bekasi dan Pemprov Jawa Barat (Jabar).

https://m.detik.com/news/berita/4383787/bupati-neneng-mendagri-pernah-minta-tolong-dibantu-soal-meikarta




kalau tidak nyuap tidak kaya, kaya dari nyuap.

udah nyicilnya riba lagi.
0
2.6K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan