kucingkeplesetAvatar border
TS
kucingkepleset
Tips Anti Panik Mobil Kerendam Banjir
Di tempat ane hujannya udah deres parah gan, sampe beberapa tempat udah mulai banjir. Tapi cepet surut lagi karena masih sering terik juga sih. Tapi nggak ada salahnya buat kita antisipasi mobil kerendem banjir nih, gan. Cek di sini yuk!

***

Harus Tahu Bagaimana Mengatasi Mobil Terendam Banjir


Memasuki musim hujan tak jarang kita akan bertemu dengan banjir, terutama untuk kamu yang tinggal di ibukota. Banjir memang datang tiba-tiba, sehingga berisiko terjebak banjir untuk kamu yang membawa mobil. Namun, jangan panik karena kamu bisa mengatasi tips berikut ini jika mobil terendam banjir.

Memutus Sumber Kelistrikan
Salah satu hal pertama yang harus kamu lakukan ketika mobil terendam banjir adalah melepaskan kabel pada aki di terminal plus. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya korsleting yang mana sistem kelistrikan mobil masih menyisakan aliran listrik walau sudah dimatikan.

Pindahkan Mobil
Jika banjir sudah surut, segera pindahkan mobil ke tempat yang kering dan aman. Namun, jangan nyalakan terlebih dahulu mesin mobil guna menghindari korsleting dan masalah mesin lainnya.

Keringkan Mobil
Setelah berada di tempat yang kering dan aman, keringkan berbagai komponen mobil dengan cara melepaskan semua kabel kelistrikan. Komponen-komponen mobil yang harus segera dikeringkan dan dibersihkan adalah busi, saluran angin, saringan angin, karburator, coil, delco, alternator, dinamo starter, V-belt, dan juga seluruh rangkaian kabel.

Ganti Oli
Jangan lupa untuk menguras oli pada mesin dan membersihkannya dengan angin kompresor. Hal tersebut dilakukan agar tidak air yang tertinggal di mesin mobil. Jangan lupa untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobilmu.

Bersihkan Tangki BBM
Selain oli, kamu juga harus menguras dan membersihkan tangki BBM agar menghilangkan air yang masuk ke tangki BBM selama terendam banjir. Sebab jika BBM tercampur dengan air dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mobil hingga mogok tiba-tiba.

Keringkan Panel dan Lampu
Komponen mobil selanjutnya yang harus kamu tangani adalah bagian lampu. Sebab arus listrik pada lampu juga rentan terhadap arus pendek atau korsleting. Selain itu keringkan juga interior mobil seperti karpet, jok, door trim, dan klakson.

Cek Komponen Pengereman
Komponen mobil lainnya yang terkena dampak banjir adalah komponen pengereman. Sebab jika terendam banjir, kampas rem akan mengeras. Kamu dapat melakukannya dengan melepaskan roda dan membuka komponen rem. Jika ingin dibersihkan dapat menggunakan amplas.
***



Nah, jangan panik lagi gan kalau mobil kerendem banjir. Ane sih masih suka panik-panik dikit ya kalau ngeliat banjir. Kalau agan ada tips lainnya gak?

Diubah oleh KASKUS.HQ 21-12-2018 10:09
9
6K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan