Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

brainstrom90Avatar border
TS
brainstrom90
Paus Franciskus Tolak Pemuka Agama Homoseksual

Paus Fransiskus. Dok. Ist

Polemik orientasi seksual mulai ramai dikalangan pemuka agama, khususnya pemimpin gereja. Sebelumnya muncul kasus sebuah gereja di Florida yang dipimpin oleh pastor yang pernah terjerat masalah hukum akibat pencabulan terhadap anak-anak di bawah umur. Karenanya pihak gereja melarang para orang tua untuk membawa anaknya ke gereja.

Akibat hal itu terjadi polemik di publik yang menyebabkan pimpinan gereja Katolik tertinggi, Paus Fransiskus mengatakan bahwa para pastor homoseksual sebaiknya meninggalkan gereja, daripada menjalani 'kehidupan ganda.'


Pernyataan Paus Fransiskus 


Quote:



Sebelumnya, Paus Fransiskus sudah pernah mengatakan bahwa perlunya pemeriksaan yang lebih ketat mengenai para calon pastor, namun dalam komentar terbarunya di dalam sebuah buku Paus mengatakan bahwa mereka yang tidak bisa menjalani kehidupan selibat selama menjadi pastor sebaiknya mundur.

Paus Fransiskus membuat pernyataan tersebut dalam sebuah wawancara panjang dengan pastor asal Spanyol Fernando Prado, yang kemudian diterbitkan dalam bentuk buku berjudul The Strength of Vocation.
Dalam buku tersebut, Paus mendiskusikan tantangan yan dihadapi oleh para pastor dan suster dalam kehidupan modern sekarang ini.

Paus Fransiskus mengatakan dalam buku tersebut homoseksualitas dalam gereja adalah sesuatu yang mengkhawatirkan saya. Buku tersebut akan diterbitkan minggu ini dalam beberapa bahasa.


Quote:


 
Ini juga berlaku untuk perempuan yang ingin masuk ke komunitas keagamaan untuk menjadi suster.
Dalam Gereja Katolik, pastor atau suster tidak boleh menikah. Paus mengatakan tidak ada ruang bagi mereka yang memiliki tendensi homoseksual tersebut. 

Ajaran Gereja Katolik menyatakan bahwa kecenderungan seseorang memiliki pemikiran homoseksual bukanlah dosa, namun tindakan homoseksual adalah dosa. Paus Fransiskus mengatakan 'tidak ada ruang untuk ini' dalam kehidupan pastor dan suster, dengan menambahkan bahwa gereja harus 'memastikan' ketika memilih calon pastor untuk masuk dalam kehidupan yang suci tersebut.


Quote:


 
Dia mendesak agar para homokseksual yang sekarang menjadi pastor atau suster untuk selibat, dan bertanggung jawab untuk tidak menciptakan skandal.


Quote:


 
Wawancara Paus ini dilakukan pertengahan bulan Agustus 2018. Dua minggu kemudian di tanggal 26 Agustus, Uskup Carlo Maria Vigano, mantan duta besar Vatikan untuk Amerika Serikat membuat pernyataan mengejutkan terhadap Paus dan pejabat Vatikan. Uskup Agung Vigano mengatakan 'jaringan homoseksual' ada di dalam Vatikan dimana anggotanya saling mempromosikan karir yang lain di dalam struktur gereja.

Sumber
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
2.4K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan