dimasgaharuAvatar border
TS
dimasgaharu
Meski Sudah Lama, 5 Tips Keuangan Jadul Ini Masih Bermanfaat untuk Para Milenial


Di era milenial ini selalu ada tips sukses untuk segala sesuatu yang ingin dilakukan. Begitu pun tips untuk mengatur keuangan. Agan dan sista bisa mencari bermacam-macam tips keuangan di internet atau di buku.


Meski semua tips tersebut bagus dan bermanfaat, sebenarnya mencari tips keuangan nggak perlu ribet dan pergi jauh-jauh, gansis. Kenapa? Karena dari orang tua serta anggota keluarga yang sudah tua pun, gansis bisa mendapatkan ilmu mengenai keuangan yang sangat berguna.

Mungkin ilmu yang mereka berikan terdengar sederhana, tapi ilmu tersebut pasti bisa membantu keadaan keuangan gansis di masa depan. Tidak percaya? Coba terapkan setidaknya lima tips keuangan lama ini, keuangan gansis pasti tidak akan bermasalah.


1. Hidup Sederhana dan Tidak Berlebihan




Sekarang ini, agan dan sista pasti sudah sering mendengar saran untuk hidup sederhana. Namun, sebenarnya orang tua kita dari zaman dulu pun sudah menerapkannya. Keadaan dan lingkungan mungkin banyak menjadi alasan orang-orang zaman dulu untuk hidup sederhana.

Meski begitu, tetap saja tidak bisa dipungkiri pola hidup sederhana sudah mengakar sangat kuat dalam hidup orang-orang zaman dulu. Dengan begitu, bahkan jika sekarang mereka memiliki banyak uang, mereka tidak akan menggunakannya secara berlebihan. Ini bedanya dengan generasi saat ini. Saat memiliki uang, generasi saat ini cenderung boros dan mudah menghabiskan uang.

Oleh sebab itu, gansis perlu belajar gaya hidup sederhana ini dari orang tua kita. Sebuah pola hidup perlu waktu lama untuk benar-benar menyatu dengan diri sendiri. Jika tidak membiasakan diri, mustahil gansis bisa benar-benar hidup secara sederhana. Kebiasaan sederhana ini harus diterapkan sedini mungkin sehingga saat besar atau tua nanti pun gansis tetap memperlakukan uang dengan cara yang sama.

2. Rajin Menabung




Rajin menabung tidak hanya sekadar kata-kata, gansis karena kalimat ini jika dilakukan bisa memberi manfaat yang sangat besar. Seperti orang tua kita zaman dulu yang rajin menabung. Gansis juga pasti sudah sering mendengar nasehat dari kecil untuk menabung, bukan? Hal ini karena orang zaman dulu percaya bahwa menabung pangkal kaya.



Keyakinan tersebut bukan hal yang salah, bahkan saat ini tabungan sudah bisa dikelola hingga benar-benar menghasilkan uang. Uang yang ditabung tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan, tapi bisa dijadikan modal usaha, diinvestasikan, atau disimpan untuk dana pensiun.



Jadi, intinya menabung sama sekali tidak akan membuat rugi, bahkan bisa menguntungkan untuk masa depan. Dengan memiliki tabungan, banyak rencana dan kebutuhan bisa terpenuhi. Jadi, mulailah memisahkan uang di awal bulan untuk ditabung, ya.



3. Rajin Bekerja, Sedikit Bersantai







Gansis pasti tidak sekali dua kali melihat orang yang sudah tua, tapi masih bekerja, iya nggak? Orang tua zaman dulu adalah orang-orang yang tidak membuang waktu untuk hal yang tidak berguna. Mereka jeli dalam melihat kesempatan dan pintar memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.



Mungkin masih banyak orang tua yang masih harus bekerja karena keharusan memenuhi kebutuhan hidup. Namun, hal itu juga menunjukkan sekalipun sudah berumur mereka tetap giat mencari nafkah.



Orang tua zaman dulu, dibandingkan dengan pergi berlibur, mereka menghabiskan waktu untuk bekerja. Meskipun pergi berlibur bukan hal yang salah, cobalah untuk tidak hanya menjadikan berlibur sebagai motivasi dalam bekerja.



Cintai pekerjaan dan hasilkan yang terbaik dari usaha tersebut. Karena untuk mewujudkan keinginan dan membeli banyak kebutuhan, gansis membutuhkan uang. Salah satu cara mendapatkan uang ialah dengan bekerja sebaik dan secerdas mungkin.

4. Menghargai Setiap Uang yang Didapat








Seandainya anak muda zaman sekarang lebih menghargai uang yang  mereka dapatkan, mereka tentu tidak akan membelanjakan uang sembarangan. Saat ini, tidak sedikit anak muda yang mudah sekali mengeluarkan uang untuk membeli keinginan mereka.



Sementara orang tua zaman dulu, sangat mengerti bekerja dan mendapatkan uang bukan hal yang mudah. Oleh sebab itu, mereka menyimpan uang dan hanya membelikan untuk barang-barang yang memang dibutuhkan.



Mereka tidak membiasakan diri untuk bersikap boros dan belanja apa pun sesuka hati. Para milenial perlu belajar, nih menghargai kerja keras dengan cara tidak menghabiskan uang secara sembarangan.



5. Selalu Memikirkan dan Merencanakan Masa Depan







Salah satu alasan orang tua kita rajin menabung ialah karena mereka selalu memikirkan keadaan di masa depan. Mereka membelanjakan uang dengan hati-hati agar bisa menabung dan menyiapkan dana untuk anak-anak kuliah ataupun biaya naik haji.



Meskipun kebiasaan ini terlihat sederhana, kenyataannya merencanakan masa depan merupakan salah satu bagian penting dalam mengelola keuangan. Jika hanya memikirkan saat ini, gansis belum tentu bisa menyiapkan dana cadangan untuk masa depan. Oleh sebab itu, mulailah rencanakan masa depan dengan mulai mengelola keuangan secara baik.






=========



Tips keuangan di atas hanya sedikit dari banyak kebiasaan baik yang bisa kita pelajari dari orang-orang tua di sekitar kita. Masih banyak hal baik lainnya yang bisa kita tiru. Sekalipun mereka hidup di masa yang berbeda, cara hidup dan kebiasaan baik yang dilakukan masih bisa disesuaikan dengan hidup yang kekinian.



Intinya, kita harus jeli dan peka terhadap hal-hal baik yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Juga, jangan malu untuk belajar mengenai kehidupan, terutama persoalan keuangan dari siapa pun, termasuk orang tua kita sendiri!








Sumber









2
6.3K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan