Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fajraadhaAvatar border
TS
fajraadha
Diskriminasi Yang Sering Terjadi Terhadap Penyandang Disabilitas


Selamat hari disabilitas internasional.
Ditengah hiruk pikuk isu sara, panasnya politik, serta banyaknya ujaran kebencian yang tengah melanda negri ini ada satu hal yang menurut ane sering kita abaikan dan menggangap itu adalah hal yang biasa untuk dilakukan.

Diskriminasi terhadap kaum difabel seolah tidak memiliki nilai berita dibanding isu isu lainnya. Padahal sepengetahuan ane kamu difabel lebih rentan terhadap munculnya diskriminasi, munculnya pelecehan baik fisik mau pun verbal.

foto yang ane ambil di stasiun senen jakarta

Banyak hal yang tidak kita sadari bahwa akses serta fasilitas penyandang disabilitas yang digunakan oleh manusia yang katanya "normal". Manusia yang katanya "normal" ini kadang suka menggunakan fasilitas yang telah dibangun oleh pemerintah untuk para penyandang disabilitas ini. Misalkan saja contohnya adalah penggunaan kursi di terminal, stasiun kereta api yang rata rata digunakan oleh manusia "normal" .



Penyandang disabilitas mereka adalah manusia.bukan kah Manusia yang terlahir di dunia ini pun tidak ada yang sempurna ? . Sayangnya rata rata masyarakat indonesia saat ini masih berpendapat dan melihat dari segi fisik.

Walupun ada rasa simpati dan empati kadang dikalahkan oleh gengsi sehingga diskriminasi inipun terus terjadi. Padahal para penyandang disabilitas inipun tak ingin untuk di nomor satukan bahkan diistimewakan, dari obrolan ane dengan seorang siswa, mereka hanya ingin dimanusiakan dan diperlakukan sama oleh teman temannya. Mereka hanya ingin dianggap ada di lingkungannya.

Kesampingkan fisik, liatlah dari prestasi banyak diantara penyandang disabilitas yang memiliki prestasi nasional bahkan internasional. Banyak cerita motivasi yang hadir dari penyandang disabilitas,



Selain prestasi liat juga hati, banyak diantara disabilitas yang menjadi penggerak dalam masyarakat, lebih saling membantu dalam memasyarakat .

Sudah saatnya kita mulai membuka mata dan hati untuk menghilangkan batas antara penyandang disabilitas dengan manusia non disabilitas. Waktunya untuk menempatkan diri bahwa setiap manusia diciptakan saling membutuhkan.

Manusia diciptakan memiliki kelebihan dan kekurangan, tapi manusia yang memanusiakan manusia lebih memiliki kelebihan dibanding manusia yang "sempurna" .

Jangan lupa rate, komen, cendol dan share yaaaa gaaan

Sumber : pemikiran ts dan pengalaman ts
Gambar : google dan doc pribadi


7
7.1K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan