manadimana13Avatar border
TS
manadimana13
Pulang Kampung Sambil Liburan di Situ Cicerem Kuningan, Jawa Barat
Selamat datang Agan dan Sista di Thread ane.
Semoga bisa menjadi referensi Agan & Sista yang mau liburan


Pulang kampung nggak cuma buat silaturahmi dengan keluarga di sana. Tapi juga bisa kita manfaatin untuk bersenang-senang menikmati keindahan alam yang ada di kampung kita. Apalagi kalau kampungnya punya banyak destinasi wisata yang menarik. Pasti seru banget tuh, Gan. Kayak kampung ane yang ada di Desa Silebu, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan. Jawa Barat.

Kuningan bisa dibilang kabupaten yang banyak potensi wisata alamnya. Mulai dari air terjun, danau, perbukitan, bahkan gunung, ada di Kuningan. Jadi, cocok banget buat Agan dan Sista yang ingin merasakan keindahan alam dan melepas penat dari rutinitas di Ibukota. Karena kalau mudik pas lebaran, dan itu berarti semua tempat wisata ramai plus potensi macet, jadi sekarang, ane mutusin buat liburan!


Kita mulai perjalanan di jam 9 pagi. Tempat yang akan kita kunjungin adalah Situ Cicerem, yang ada di Desa Kaduela. Dari rumah kakek ane, butuh waktu sekitar setengah jam aja naik mobil. Perjalanan menuju Situ ini juga menyenangkan. Kanan kirinya terhampar sawah-sawah yang hijau dan jalannya aspal. Sesampainya di lokasi, kita bertemu dengan Karang Taruna setempat untuk membeli karcis. Empat orang dewasa, 2 anak kecil, dan naik mobil, kita cukup membayar Rp. 25.000,-. Murah banget!

Pemandangan yang ada di Situ Cicerem juga indah banget. Airnya berwarna kebiruan dan nampak bening. Saking beningnya, tampak dari permukaan, ikan-ikan berwarna-warni berenang bergerombol. Disekelilingnya berdiri pohon-pohon berdaun lebat dengan akar-akarnya yang kuat dan menjalar. Dihias dengan batu-batu besar di tepian Telaga sebagai tempat untuk bersantai dan berpijak.


Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di Situ yang sering disebut Telaga Biru ini. Selain berfoto-foto, kita bisa berenang di tempat yang tidak terlalu dalam dengan menggunakan pelampung, memberi makan ikan-ikan, bersantai di atas floaties, atau bengong di ayunan yang sengaja dibuat di atas danau ini.

Untuk harga? Beli pakan ikan cuma Rp. 3000,- per bungkus dan ayunan Rp. 5.000,-. Sisanya ane nggak lakuin karena nggak dibuka. Kalau mau cobain semua aktivitas itu, ane saranin buat dateng di hari Minggu. Di sini juga ada beberapa warung jajan yang harganya masih masuk akal. Jadi aman buat yang nggak suka bawa bekal dari rumah, bisa makan di sini.



Ternyata, ane dan keluarga cukup betah berada di Situ Cicerem. Tempatnya sejuk dan sepi (Karena ane dateng hari Sabtu jadi nggak ramai pengunjung). Sekitar jam 12 siang, setelah makan dan minum di lokasi, kita bergegas untuk balik ke rumah kakek. Karena katanya ada sodara yang mau ketemu. Yawes, kita balik dulu.

Di tengah perjalanan pulang, nggak jauh dari Situ Cicerem, ada banyak tempat wisata baru di wilayah ini. Ada satu tempat wisata baru yang menarik perhatian kita. Namanya 1001 Manguntapa. Kalau dari luar, keliatan ada pohon-pohon pinus berjejer rapi berdampingan. Karena tertarik, kita mutusin buat mampir dulu ke tempat ini.


1001 Manguntapa ini ada beberapa spot yang menjadi daya jualnya. Ada tempat kemah di antara pohon pinus, rumah pohon yang bisa dijadiin spot foto, flying fox untuk anak-anak, ada taman batu (katanya), dan batu singa (katanya juga). Kenapa ane bilang katanya? Karena ane nggak ke spot itu dengan alasan kita bawa anak kecil. Untuk sampai di Taman Batu dan Batu Singa, kita harus berjalan 475 meter dengan jalur pendakian ratusan anak tangga.

Biar nggak gondok-gondok amat karena nggak bisa naik ke atas, akhirnya kita memutuskan untuk foto-foto aja. Kebetulan ane hobismartphone fotografi, jadi yaudah hunting spot-spot kece yang ada di sini. Berikut beberapa foto di 1001 Manguntapa yang ane jepret pake OPPO A3s ane. Check it out!


Pake kamera belakang yang dual camera


Asik ya, ada bokeh-bokehnya gitu!


Ini nyoba kamera depan OPPO A3s
(ane taruh di batu biar keliatan keindahan alamnya)

Sekedar tips buat Agan dan Sista yang suka travelingsambil foto-foto, cari referensi komposisi gambar yang bagus di instagram. Setelah sampai di lokasi, pinter-pinter cari angle yang kece untuk dieksekusi. Dan pastiin, smartphone Agan dan Sista mendukung dari segi kamera dan daya tahan baterai.

Menurut ane, baterai smartphoneyang besar dan awet kayak OPPO A3s ane ini (4230 mAh), sangat penting buat kita yang suka traveling. Karena kita nggak perlu repot-repot lagi nyari colokan di tempat wisata atau bawa-bawa powerbank. Apalagi kalau kita bawa anak kecil. Pasti di perjalanan mereka minta nonton kartun di Youtube dan main game. Kalo dari segi kamera, ane udah suka banget sama hasil-hasil kamera dari hape ini.

Kelar dari 1001 Manguntapa, ane kembali ke rumah kakek dengan wajah ceria. Ane pamerin foto-foto yang ada di hape ke mama ane yang tadi nggak mau diajak jalan-jalan. Dan next-nya, kalau pulang kampung lagi, ane mau ke tempat-tempat wisata lagi yang ada di sini. Nah menurut Agan dan Sista, tempat mana lagi yang harus ane datengin kalo lagi mudik ke Kuningan?

Terima kasih buat Agan dan Sista yang udah baca threadini. Silahkan share thread ini untuk berbagi informasi liburan dengan temen-temen/keluarga. Kalo di kampung Agan dan Sista ada tempat wisata yang indah, boleh dong di-share di mari.

SELAMAT LIBURAN!
Diubah oleh manadimana13 17-10-2018 22:04
0
8.2K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan