Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

999999999Avatar border
TS
999999999 
[COC Movies] Dengan Handphone Bisa Bikin Film Indie Keren. Berikut Tipsnya #AslinyaLo

Source: Youtube / Publisher: Rexinema Production


Thread gue kali ini akan membahas tentang tips bikin film indie yang keren bermodal kamera handphone. Yang mau ikut berpatisipasi silakan ke official threadnya di https://kask.us/iyspt

Semoga belum ada yang membahasnya. Secara thread ini tertunda karena gue sempet kecelakaan motor. Ni harus ngetik sambil nahan ngilu di pinggang. Belum kuat duduk lama emoticon-sad



Video di atas tadi adala film Cai Lan Gong karya Sutradara David Poernomo. Sejauh ini setau gue ini adalah satu-satunya film yang dibikin cuma dari kamera hp yang tayang di bioskop Indonesia. Ada lagi gak selain ini? Kalau ada kasih tau gue ya emoticon-Malu

Film shootingnya pake Samsung Galaxy Note 4 dan Samsung Galaxy Note 5 pada tahun 2015. Wait, Samsung? Pada komplen nih karena tag gue. Baiklah, ini contoh film yang dibikin dari iPhone:


Source: Youtube / Publisher: Magnolia Picture & Magnet Releasing


Ini adalah trailer film Tangerine, karya Sutradara Sean Baker. Film ini dibuat sebelum film Cai Lan Gong-nya David Poernomo. Yakni tepatnya pada tahun 2013. Even cuma pake iPhone, film yang bercerita tentang seorang transgender ini mendapat pujian loh di Festival Film Sundance emoticon-Wow

Sebelum gue membahas tentang tipsnya, gue mau info sekilas tentang pengertian film indie dan perkembangan film indie belakangan ini. Yang udah mastah bisa langsung skip ke tips. Eh, kalau udah mastah mah gak perlu. Langsung ambil hp masing-masing dan langsung bikin filmnya aja emoticon-Big Grin

Spoiler for Pengertian:


Spoiler for Perkembangan Film Indie:




Kalau 2 video pertama debatable masuk kategori indie movie apa bukan, video di atas assseli indie. Bahkan castnya gak ada yang dibayar sama sekali aka pro bono cuy! Tapi soal debat Corbuzier sama Gareth Evans sih gue gak mau bahas yess...



Tips #1:
Pilih Handphone dan Accecories yang Tepat


Pilihlah hp yang bisa merekam video dengan kualitas oke. Kameranya minimal 5 MP lah. iPhone bisa pilih iPhone 4 ke atas. Kalau robot ijo pilihannya lebih banyak. Bisa Xiaomi Mi 4, Samsung Galaxy S5, Sony Xperia Z, atau LG G4. Makin baru seriesnya makin oke lah. Misal iPhone XS Max emoticon-Matabelo



Gambar iPhone XS dan iPhone XS Max. Source: hardwarezone.com



Hp nya udah, tinggal accecoriesnya nih. Antara lain adalah tripod dan mikrofon. Tripod digunakan saat mengambil gambar agar lebih nyaman dan stabil. Mikrofon rekomendasi misalnya iRig PRE. Ini ngebantu banget agar audio rekaman eksternal bisa sinkron.



Gambar Tripod. Source: blibli.com




Gambar Mikrofon iRig PRE HD. Source: smartphonefilmpro.com




Tips #2:
Pengambilan Gambar


Saat melakukan pengambilan gambar dengan handphone gunakanlah tripod. Supaya lebih stabil. Posisi terbaik adalah landscape. Kecuali film kalian mau dipublish di IG TV silakan portrait. Tapi umumnya sih di upload di Youtube jadi better landscape saja. Lagipula, posisi landscape in framenya lebih luas. Jadi penonton lebih bisa menikmati terutama di layar lebar (wide screen).

Jangan zooming dengan handphone. Karena akan mengurangi kualitas video. Gunakan teknik zoom in dan zoom out aka maju mundur syantik - maju mundur syantik haha. Itung - itung olahraga kan?



Source: moyo.ua


Pengambilan gambar jangan terlalu jauh, karena kemampuan hp menangkap suara sangat terbatas. Even dibantu dengan mic external sekalipun.

Pilih lokasi dengan pencahayaan yang baik. Direkomendasikan shooting siang hari. Namun hindari shooting antara jam 11.00 - 13.00 karena selain overlight yang bisa menyebabkan flare, matahari yang tepat di atas subject akan menimbulkan efek shadow/bayangan.

Jika karena satu dan lain hal, misalnya karena tuntutan cerita sceene memang di malam hari, shooting malam hari harus dibantu dengan lighting. Bisa menggunakan senter LED atau lampu belajar. Jangan gunakan senter berwarna kuning karena hasilnya akan gelap. Jika perlu, gunakan Pocket Spotlight, yaitu LED yang connect dengan handphone kita dan menggunakan daya battery di handphone.



Gambar Pocket Spotlight. Source: coolmomtec.com




Tips #3:
Editing Langsung dari Handphone


Mengedit film paling umum memang di PC/laptop. Tapi gak usah kuatir. Buat elo yang gak mau ribet, kini sudah banyak aplikasi baik iOS maupun Android untuk mengedit film.

iOS user bisa coba Pinnacle Studio. Aplikasi ini bisa menggabungkan video, menambah efek, dan tentu saja bisa memasukkan musik maupun soundtrack.



Gambar Pinnacle Studi Pro. Source: itunes.apple.com


Alternatif iOS Apps lain kalian bisa coba adalah iMovie, iScope, FiLMic Pro, dll.

Untuk kamu pemakai gadget Android, pilihnnya lebih banyak. Maklum, user Android kan emang lebih banyak dari pengguna iOS. Pendapat gue pribadi sih. Nah, aplikasi video editing yang punya kemampuan kurang lebih salah satunya adalah VidTrim Pro, yang tersedia juga versi gratisannya! emoticon-MaluOption lain antara lain: CuteCut, Flipagram, Kinemaster, Magisto, Meipai, VideoShow, Vidstich, VivaVideo, dll.



Anyway, itu saja tips dari nubie. Jika ada yang mau nambahin silakan reply thread ini. Oh ya, jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan agar skill juga makin terasah. Sebagai bonus, berikut ada 2 film yang diambil pake hp Nokia N8.


Source: Youtube / Publisher: Lionsgate Movie



Source: Youtube / Publisher: olivethemovie

Selamat mempraktekkan

emoticon-Toast

emoticon-terimakasih


Quote:


Quote:
Diubah oleh 999999999 28-10-2018 05:00
liee
embunsuci
embunsuci dan liee memberi reputasi
5
5.1K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan