ideotlogiAvatar border
TS
ideotlogi
[COC] Belajar Internet Marketing, Mesti Mulai dari Mana? | #Aslinyalo

Di era digital seperti sekarang, hampir semua pengelola bisnis makin giat memasarkan produk maupun jasa melalui internet. Segala macam upaya dilakukan untuk dapat mengenalkan, memasarkan, bahkan menjual kepada pelanggan maupun prospek pelanggan.



Peta persaingan pun makin ketat, maka inilah saat yang tepat bagi Agan dan Sista untuk mempelajari seluk beluk internet marketing yang menjadi bagian dari digital marketing (selain TV, SMS, radio, iklan digital, dan baliho). Thread ini ane susun berdasarkan pengalaman ane dalam memasarkan beragam jenis produk, jasa, bahkan acara melalui internet.

Penasaran? Silakan lanjut membaca ya, GanSis! emoticon-coffee


Apa itu internet marketing?
 

Internet marketing (bahasa Indonesia: pemasaran internet) adalah bagian dari digital marketing, yang berarti segala bentuk pemasaran menggunakan hal-hal yang berkaitan dengan internet.


Mengapa internet marketing diperlukan?


Internet marketing penting karena orang pada zaman sekarang tidak hanya mengakses media tradisional, akan tetapi mereka juga mengakses internet. Kalangan muda cenderung mengakses informasi di internet ketimbang media yang tidak terhubung dengan internet.

Apakah ada bukti atau data dari pernyataan di atas? Tentu ada, GanSis.

Berdasarkan hasil survei Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) mengenai penetrasi dan perilaku pengguna internet Indonesia pada 2017, jumlah pengguna internet pada tahun itu tercatat 143,26 juta orang. Artinya, lebih dari setengah populasi masyarakat Indonesia telah terhubung dengan internet dan mayoritas aktif menggunakannya.

Sungguh angka yang fantastis ya.

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

Bagaimana cara supaya perusahaan, UKM, maupun perorangan bisa memanfaatkan potensi tersebut? Internet marketing adalah jawabannya. Karena dengan menggabungkan pemasaran offline dan pemasaran online tentu apapun jenis usahanya akan lebih berkelanjutan.

Selain itu, internet marketing dapat menjadi peluang karier Agan dan Sista karena posisi seperti Digital Marketing Specialist, Social Media Specialist, hingga SEO Expert sangatlah dibutuhkan oleh berbagai perusahaan saat ini.

Untuk Agan dan Sista yang sudah memiliki keahlian di bidang internet marketing, kalian patut bersyukur. Namun bagi kalian yang sama sekali belum memahaminya dan ingin mempelajarinya, tenang, ane akan membagikan ringkasannya di thread ini.

Penasaran? Langsung meluncur ke bawah ya.

:monggo:monggo:monggo


Content marketing

Hal yang harus kita pelajari untuk menjadi seorang internet marketer adalah membuat konten, baik berupa tulisan, gambar, grafik, infografis, video, maupun audio.



Belajarlah menulis dengan padat dan jelas. Belajarlah pula teknik copywriting sebagai pondasi marketing.

Mengapa menulis sangatlah penting? Karena hampir seluruh bagian dari pemasaran di internet membutuhkan teks.

Mau mengisi web dan memaksimalkannya dengan SEO? Tentu perlu tulisan.
Mau mengelola akun media sosial? Isinya pasti juga tulisan.
Mau membuat video dan audio? Naskah skenario yang kita buat juga berbentuk tulisan.

Maka, mulailah menulis dari sekarang!

Belajar dari mana?



Guru copywriting yang patut dijadikan mentor adalah Dewa Eka Prayoga. Ane sangat merekomendasikan beliau karena informasi yang beliau bagikan sangatlah berbobot dan bisa diterapkan bahkan oleh pemula sekali pun.

Sementara guru blogging ane antara lain: Ibrahim Vatih, Priangga Otviapta, Ndoro Kakung, dan masih banyak lagi.

Setelah tulisan selesai disusun, segera posting tulisan Agan/Sista ke web menggunakan WordPress.



Mengapa memilih WordPress? Karena hingga saat ini, WordPress masih jadi platform yang mudah digunakan dan fleksibel untuk dimaksimalkan di mesin pencari.


Email marketing


"Masukkan email Anda untuk berlangganan"

Pernahkah Agan dan Sista mendapatkan notifikasi popup bernada seperti di atas saat mengunjungi suatu web? Itulah salah satu teknik list building yang pada ujungnya digunakan untuk email marketing.

Faktanya, email marketing merupakan teknik pemasaran dengan biaya paling murah dan efektif. Hari gini, siapa sih pengguna internet yang gak punya email? emoticon-Big Grin

:nulisah :nulisah

Belajar dari mana?

Fikry Fatullah merupakan sosok yang tepat untuk dijadikan mentor. Beliau adalah pendiri Kirim.Email, sebuah aplikasi email marketing dan autoresponder buatan dalam negeri.


Search engine marketing

Search engine marketing atau pemasaran melalui mesin pencari dibagi menjadi dua, yaitu gratis dan berbayar.

Sebagai dasarnya, pelajarilah Search Engine Optimization karena relatif lebih murah walau butuh waktu yang lebih lama. Sedangkan kalau Agan dan Sista punya biaya lebih, silakan pelajari Google AdWords.



Belajar dari mana?

Untuk belajar SEO, cobalah belajar dari Ibrahim Vatih (blogger, financial planner), Ricky Pratama (SEO blogger), Bramantya Farid (SEO & Facebook Expert), Diar Seonubi (SEO planner), dan Latief Pakpahan (Pendiri KelasPejwan.com).

Selain itu, Adhi Sukma merupakan sosok yang tepat untuk kalian jadikan mentor. Beliau sangat berpengalaman di bidang AdWords selama bertahun-tahun dan telah menghabiskan miliaran rupiah untuk beriklan di sana.


Social media marketing

Social media marketing merupakan teknik pemasaran yang dianggap paling kekinian. Untuk memaksimalkan biaya, waktu, serta tenaga, ada baiknya Agan dan Sista menjadwalkan post di tiap-tiap akun medsos.

Bagaimana kiat suksesnya?
1. Buat username yang sama di setiap akun media sosial yang terkait bisnis atau persona kalian, ini penting untuk branding lho.
2. Kemudian tentukan segmen pasar yang tepat, tagar (hashtag) juga penting untuk dipakai terutama di platform Instagram dan Twitter.
3. Sisihkan uang untuk kursus, webinar, seminar, serta biaya iklan. Kalau punya uang lebih, cobalah memilih influencer yang tepat untuk mempromosikan brand kalian.

Penjelasan tiap platform ane bahas di bawah ini ya.

Facebook
Facebook merupakan platform media sosial dengan pengguna terbanyak saat ini. Pemasaran melalui Facebook relatif murah dan mudah dipelajari berkat UI/UX yang nyaman di halaman Business Manager.



Belajar dari mana? Dengan siapa?

Jadikan nama-nama berikut sebagai mentor Agan dan Sista:
Eka Bagus Nurdiansyah Pamungkas, Iqbal Maulana (pendiri Advertisa), Army Alghifari (pendiri Scale Up Club).



Bagaimana dengan Instagram?
Karena masih satu perusahaan, pemasaran lewat Instagram bisa dipelajari berbarengan dengan Facebook. Bahkan pengaturan iklannya pun masih satu pintu di Business Manager. Jadi, kalian gak perlu khawatir ya. emoticon-Smilie

Twitter


Twitter yang pada awalnya merupakan microblogging kini telah bertransformasi menjadi media sosial dengan kecepatan informasi yang paling bisa diandalkan.

Sayangnya, cara membangun brand atau citra persona di Twitter membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang cukup besar. Pasalnya, Twitter sangat bergantung dengan retweet, tagar, dan trending topic.

Untuk menunjang itu semua, dibutuhkan beberapa selebtwit untuk memperkenalkan brand atau persona kita ke followers mereka. Trending topic berbayar juga ditaksir memiliki tarif yang sangat mahal.

Selain Facebook, Instagram, dan Twitter, ada Google+ dan Pinterest. Namun karena kurangnya minat pengguna di Indonesia, dua platform ini kurang dapat dioptimalkan. Kalau sekadar posting dan sebar tagar sih bolehlah.


Podcast
Podcast merupakan alternatif pemasaran lewat internet yang juga kekinian. Isilah podcast dengan konten audio yang berkualitas, inspiratif, dan menghibur. Platform yang bisa digunakan antara lain Spotify, SoundCloud, Apple Podcast, Google Podcast, Overcast, Acast, dan Castbox.



Satu lagi nih... Berhubung KASKUS baru saja berganti tampilan baru dengan tema #AslinyaLo, KASKUS juga bakal segera merilis podcast dengan pembawa acara serta bintang tamu yang keren-keren.

Penasaran? Tunggu aja kabar baiknya, GanSis.

* * *

Selamat belajar, berusaha, dan bekerja! Semoga sukses!



* * *

SUMBER

Pengalaman TS di bidang pemasaran dan penulisan digital
Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017


* * *
Diubah oleh ideotlogi 01-10-2018 02:31
swiitdebby
swiitdebby memberi reputasi
1
2.3K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan