junleonAvatar border
TS
junleon
[COC] Trik dan Fungsi Tersembunyi dari Notepad #AslinyaLo


Notepad merupakan sebuah software kecil text editor yang simple dan sudah ada sejak munculnya Windows 1.0 di awal tahun 1985, kegunaan notepad dari dulu hingga sekarang masih dianggap sama saja yakni guna menulis sebuah pesan pendek. Notepad pula dapat menyimpan serta membaca seluruh program bahasa komputer.

Notepad tidak memiliki bahasa program yang bertele-tele dalam pembuatan filenya. Notepad berjalan sesuai dengan formatan yang di ketik, yang artinya notepadtak memiliki kode-kode rumit dalam pembuatan bahasa pemrograman.

Notepad sendiri sering digunakan orang-orang untuk mencatat hal-hal yang dianggap penting, untuk membantu mereka dalam mengingat hal di komputer mereka. Namun tahukan Agan, bahwa notepad banyak menyimpan kode rahasia yang mungkin harus Agan ketahui? Daripada penasaran lagi, ane kasih jawabannya.

Untuk cara penerapan yakni buka dahulu aplikasi Notepad di komputer atau laptop Agan. Lalu Agan bisa Copy masing-masing script dibawah ini. Dan kemudian pastekan ke Notepad yang sudah Agan buka tadi. Oiya, jangan lupa taruh file hasil scriptnya di desktop ya gan.



Kalkulator Buatan dari Notepad

Script :
Quote:

Jika selesai, Agan selanjutnya bisa simpan dengan Save as type "All Files" dan diberi nama Calculator.bat

Cara menggunakannya adalah dengan cara membuka file tersebut, dan ketikan angka yang ingin Agan jumlah dan tekan Enter. Untuk angka kedua isikan juga dan tekan Enter, kemudian pilih format hitung dan Enter.



Pengunci Folder Rahasia dari Notepad

Script :
Quote:

Edit kata password here warna merah, dengan password Agan sendiri. Jika selesai, Agan selanjutnya bisa simpan dengan Save as type "All Files" dan diberi nama Rahasia.bat

Cara menggunakannya adalah dengan Agan mengklik file Rahasia.bat tersebut, lalu akan muncul jendela Command Prompt dan ketik saja y/Y lalu tekan Enter untuk menyembunyikan foldernya. Untuk membuka folder kembali, Agan bisa klik 2x file Rahasia.bat dan isikan password Agan.



Shutdown Komputer Otomatis dari Notepad

Ingat! Ini semacam membuat virus dengan cara kerja shutdown otomatis. Jadi, jangan dilakukan jika tidak ingin PC Agan shutdown tiba-tiba di saat Agan sedang mengerjakan banyak hal. Langkah ini bisa Agan ikuti saja tanpa dipraktekkan, karena seperti cara kerjanya, komputer akan memunculkan sebuah notif dan shutdown otomatis.

Script :
Quote:

Setelah selesai, save file dengan nama shutdownonly.bat dan jangan lupa ubah Save as type dengan "All Files" ya. Cara memakainya yakni klik 2 kali pada file tersebut di desktop, dan akan muncul sebuah notif lalu shutdown otomatis pun akan berjalan.



Membuat Efek Matrix dari Notepad

Siapa yang nggak kenal sama Matrix? Matrix adalah sebuah film yang populer pada tahun 2000-an silam. Nah ajaibnya, notepad juga bisa membuat efek matrix seperti film tersebut gan, ini caranya.

Script :
Quote:

Jika sudah selesai, save file dengan nama matrix.bat di dekstop Agan. Untuk menjalankannya, klik 2 kali pada filedan nikmati sebuah efek dari film Matrix yang khusus di PC/Laptop milik Agan sendiri.

Diubah oleh junleon 04-04-2022 06:21
9
30K
160
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan