TheNinetiesKidAvatar border
TS
TheNinetiesKid
32 tahun berlalu, lihat keseruan Asian Games X di Korea Selatan
Asian Games yang ke 10 diadakan dari tanggal 20 September 1986 sampai tanggal 5 Oktober 1986 di kota Seoul, Korea Selatan. Pada awalnya, Seoul seharusnya menjadi tuan rumah Asian Games VI 16 tahun sebelumnya, pada tahun 1970. Namun rencana ini terpaksa dibatalkan karena adanya ancaman keamanan dari negara tetangga, Korea Utara. Oleh karena itu, posisi mereka sebagai tuan rumah Asian Games VI diberikan kepada Thailand yang 4 tahun sebelumnya telah menjadi tuan rumah Asian Games V yang diselenggarakan di kota Bangkok. Fasilitas dan tempat penyelengaraan Asian Games X di Seoul itu adalah tempat yang sama yang digunakan 2 tahun kemudian di acara Summer Olympics 1988.



Acara diresmikan oleh Presiden Korea Selatan saat itu, Chun Doo-hwan. Maskot yang digunakan oleh Korea Selatan pada Asian Games X adalah Hodori, seekor harimau siberia yang ramah sebagai cerminan perilaku warga negara tersebut. Hodori dirancang oleh Kim Hyun. Nama Hodori sendiri dipilih setelah ribuan warga mengirim saran untuk menggunakan nama tersebut. Dalam bahasa Korea arti nama "Hodori" kurang lebih adalah "harimau jantan". Maskot ini digunakan lagi pada acara Summer Olympics (Olimpiade Musim Panas) 1988.



Sebanyak 4.839 atlit dari 27 negara berpartisipasi dalam perlombaan Asian Games X, termasuk Indonesia. Malahan, Indonesia adalah negara ke 9 yang mendapat medali terbanyak saat itu. Indonesia memperoleh 1 medali emas, 5 medali perak dan 14 medali perunggu, dengan total 20 medali. Korea Utara, Mongolia, Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar, Suriah, Afghanistan, Yaman Selatan, dan Brunei Darussalam semuanya memboikot Asian Games tahun tersebut karena berbagai alasan yang menyangkut politik, sedangkan Republik Rakyat Cina mengikuti acara ini. Hanya beberapa hari sebelum acara dilaksanakan, meledak sebuah bom dibelakang sebuah vending machine di Gimpo International Airport, ledakan ini memakan 5 korban jiwa.

Upacara pembukaan
Spoiler for OC:


Atlet-atlet asal China tiba di bandara
Spoiler for spoiler:


Cabang olahraga renang
Spoiler for Swimming:


Cabang olahraga anggar
Spoiler for Fencing:


Cabang olahraga lari marathon
Spoiler for Marathon:


Cabang olahraga lari atletik
Spoiler for Athletics:


Cabang olahraga berkuda
Spoiler for Equestrian:


Cabang olahraga sepak bola
Spoiler for Football:


Cabang olahraga sepeda
Spoiler for Cycling:


Cabang olahraga Judo
Spoiler for Judo:


Atlet lempar martil asal Jepang Shigenobu Murofushi

Spoiler for Hammer throw:


Atlet gymnastic Hiroyuki Konishi
Spoiler for Gymnastics:


Atlet lari marathon asal Jepang Takemichi Nakayama
Spoiler for Men's marathon:


Atlet-atlet tinju
Spoiler for Boxing:


Upacara penutupan
Spoiler for CC:


Bom di bandara yang memakan 5 korban jiwa
Spoiler for Terrorist attack:

Diubah oleh TheNinetiesKid 29-08-2018 11:20
-1
12.5K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan