dragonfly1212Avatar border
TS
dragonfly1212
Penipuan (Lagi) Dalam Bentuk Kartu Kredit
Hai teman-teman semua, ada yang punya kartu kredit nggak? Terbantu atau tambah puyeng keuangan kalian saat kalian punya kartu kredit?



Ada yang pernah atau hampir jadi korban penipuan kartu kredit dengan kedok kartu diskon atau kartu multi diskon??. Alhamdulillah ya kalau belum (jangan sampe amit-amit). Di tulisan kali ini saya mau share tentang modus penipuan dengan kartu diskon tersebut ya.


Seperti yang kita ketahui, era sekarang kan jamannya transaksi non tunai. Dengan alasan lebih praktis dan cash less sehingga banyak orang yang sudah mulai mengurangi penggunaan atau pengeluaran uang secara konvensional. Salah satu yang membantu hal cash-less tersebut adalah dengan penggunaan kartu kartu tertentu.

Kartu yang banyak diketahui orang adalah jenis kartu debit dan kartu kredit. Saya tidak akan membahas kartu debit disini. Kartu kredit sendiri adalah kartu yang lebih tepat disebut kartu utang karena memang fungsinya yang bisa digunakan untuk berbelanja secara kredit atau hutang di banyak merchant dengan sistem pembayaran kepada bank penerbit dengan batas atau limit tertentu batas waktu pembayaran tertentu (jatuh tempo). Kartu kredit tadi juga bisa digunakan untuk penarikan tunai (lagi lagi ini juga berupa hutang). 




Untuk beberapa kasus memang kartu kredit sangat membantu bagi penggunanya. Namun jangan lupa, penggunaan kartu kredit harus disertai dengan rasa tanggung jawab. Karena hal yang tidak boleh lupa bawa saat kita menggunakan kartu kredit itu berarti kita telah berhutang kepada bank penerbit kartu tersebut. Hutang artinya harus kita bayar dong.


Eitss postingan kali ini saya belum akan membahas lebih jauh tentang kartu kredit, mungkin di postingan selanjutnya ya.

Kali ini saya akan sedikit menceritakan tentang pengalaman pribadi saya yang hampir menjadi korban penipuan kartu kredit dengan kedok kartu diskon dan voucher hotel. 



Kejadian ini baru saja saya alami beberapa hari yang lalu. Syukur saya masih dilindungi sama Tuhan sehingga saya lebih dulu tersadar dan mengambil sikap sehingga kartu kredit saya aman. Kiranya tulisan ini bisa menjadi referensi dan bahan bacaan atau ilmu baru bagi para pengguna kartu kredit maupun yang hendak memiliki (apply) kartu kredit karena ternyata modus penipuan orang kartu kredit ini masih marak di luar sana. 


Langsung aja yuk kita bahas.

SIAPA SAJA YANG BISA MENJADI SASARAN DAN KORBAN PENIPUAN KARTU KREDIT BERKEDOK KARTU MULTI DISKON?

Yang bisa menjadi sasaran penipuan kartu kredit berkedok bonus kartu diskon ini adalah mereka-mereka yang mempunyai kartu kredit Visa atau MasterCard.
BAGAIMANA MODUS PENIPUAN KARTU KREDIT BERKEDOK KARTU MULTI DISKON?


And this is my story.

Beberapa hari yang lalu saya mendapat telepon dari salah satu nomor yang tidak saya kenal. Nomor tersebut adalah 02122379647 namun saya lupa Siapa namanya yang pasti dia seorang laki-laki mengatakan bahwa dia berasal dari PT. X. 

Awal mula dia menanyakan apakah saya masih aktif menggunakan kartu kredit yang saya miliki yaitu berupa kartu kredit CIMB Niaga Syariah dan gold. Kemudian saya katakan ya memang saya masih aktif menggunakannya. 

Kemudian dia menanyakan beberapa hal seperti:

  • Apakah saya mempunyai kendala selama saya memiliki kartu kredit
  • Apakah pembayaran saya selalu lancar
  • Apakah kedua kartu kredit tersebut merupakan limit gabungan atau sendiri-sendiri. 
  • Apakah limit yang tersisa masih banyak (pada saat penipu ini menanyakan sisa limit saya apakah masih banyak atau tidak seharusnya saya sudah mulai curiga karena setahu saya selama ini apabila pihak bank menelpon para konsumennya fasilitas kartu kredit atau penawaran misalnya dan lain sebagainya pasti mereka sudah mengetahui berapa sisa limit kita. Jadi di sini saya sedikit kurang cepat menyadari bahwa ada yang janggal dari telepon yang saya terima)
  • Apakah saya membayar iuran tahunan atau free tahunan seumur hidup (dan saya menjawab Ya saya dapat free karena saya memang mendapatkan fasilitas iuran tahunan free iuran tahunan). Dan sepertinya di point ini si penipu mendapatkan celah untuk alasan kenapa saya mendapat kartu multi diskon)



Pertanyaan di atas mungkin conditional ya. Tidak semua pelaku penipuan mungkin menanyakan pertanyaan yang sama persis seperti yang saya tuliskan diatas. 

Setelah menanyakan berapa hal tersebut kemudian dia menanyakan apakah saya sudah pernah ditawari fasilitas kartu multi diskon. Ketika saya menjawab saya belum pernah menerima atau mendapatkan tawaran tentang kartu multi diskon tersebut kemudian dia mulai menjelaskan apa yang dimaksud dengan kartu multi diskon tersebut. Dan saya pun mendengarkan. Dan disinilah yang teramat penting saat kita menerima telepon dari siapapun yang mengatasnamakan bank perihal penawaran dana dan lain-lain. Karena mulut marketing sangatlah lihai dalam menyusun kata dan menyembunyikan poin-poin yang sebenarnya penting sehingga nampak samar dan kita tidak terlalu perhatian. 

APA ITU KARTU MULTI DISKON?


Jadi yang dimaksud kartu multi diskon menurut si penipu tersebut adalah salah satu fasilitas yang akan saya terima sebagai pengganti free iuran tahunan yang mengalami perubahan kebijakan dalam arti dihapuskan karena kartu kredit saya tidak cukup mempunyai poin reward. 


Jadi masih menurut si penipu saya akan mendapatkan fasilitas kartu multi diskon sejumlah 2 pcs berikut voucher hotel dengan jumlah yang sama.    

Kartu multi diskon tersebut dapat saya gunakan di seluruh merchant di manapun berada. Jadi saat saya melakukan pembelian dan pembayarannya menggunakan kartu kredit maka pada saat saya menggosok kartu kredit yang saya miliki saya juga menggesek kartu multi diskon yang saya dapatkan tersebut, sehingga saya akan mendapatkan potongan dari merchant tersebut sebesar 30 sampai 50% setiap transaksi.

BAGAIMANA DENGAN VOUCHER HOTEL YANG DI TAWARKAN SI PENIPU SEBAGAI BONUS 

Voucher hotel yang akan saya dapatkan adalah sejumlah 2 voucher yaitu voucher menginap selama 4 hari 3 malam di hotel berbintang 3 dan 4 dan berlaku selama 1 tahun. Untuk voucher hotelnya sendiri setiap tahun saya akan dikirimi lagi dengan jumlah yang sama.

KEBIJAKAN FASILITAS KARTU KREDIT DENGAN FREE IURAN TAHUNAN BISA DIHAPUSKAN? MENURUT SI PENIPU, KARTU MULTIDISKON DIGUNAKAN SEBAGAI PENGGANTI IURAN TAHUNAN YANG AKAN DIHAPUSKAN. 

Disini saya merasa kaget jika ada perubahan kebijakan tentang kartu kredit saya yang tadinya free tahunan lalu akan dibebankan sejumlah sekitar Rp350.000 setahun serta biaya 10.000 per bulan (sesuai informasi penipu). Padahal awal saya mempunyai kartu kredit bukanlah karena saya ingin atau butuh tetapi karena bank yang menawarkan apakah saya mau dikirimi kartu kredit dengan free iuran tahunan seumur hidup. 

Nah karena iuran tahunannya free ini saya merasa tidak terbebani apabila kartu ini pun tidak pernah saya gunakan sama sekali. Sehingga saya mau menerima kartu kredit yang dikirim oleh bank.



So, wajar dong saya kaget ketika si penelpon ini nipang kalau kebijakan itu dihapus.  Saya tanyakan kepada si penipu ini 

"kok bisa ya ada kebijakan tentang kartu saya yang free iuran tahunan berubah. Dulu nggak ada tuh pihak bank memberikan informasi kebijakan free ini bisa dihapus memenuhi beberapa syarat."

Namun dia berdalih, 
"pasti dulu awal ada perkataan seperti itu bu dari pihak bank, mungkin Ibu kurang perhatian makannya sekarang ada perubahan kebijakan Ibu tidak paham. Jadi kalau ibu mau tetap free iuran tahunan makan ibu menyetujui jika akan menerima kartu multi diskon ini, dan dapat Ibu gunakan untuk mendapatkan diskon pada setiap pembelanjaan serta voucher hotel yang bisa digunakan sewaktu-waktu."

Dan lagi si penipu bilang apabila kiranya kartu multi diskon ini saya rasakan tidak efektif atau tidak digunakan apa bisa dikembalikan dalam jangka waktu 6 bulan pertama. Dan iuran tahunan saya tetap sudah terhapuskan. Jadi enggak ada ruginya. Dan rayunya lagi katanya justru kalau saya tidak menggunakan kartu multi diskon ini saya akan dikenakan iuran tahunan sebesar Rp350.000.

Kata-kata ini yang membuat saya sedikit terdiam dan kurang fokus karena saya berpikir saya tidak mau membayar iuran tahunan. Ya udah mending saya ambil aja kartunya. Toh katanya enggak ada ruginya. 

KONFIRMASI PENGIRIMAN KARTU MULTI DISKON DARI PENELPON ATAU PENIPU KEDUA.
Saat itu kemudian saya tanyakan apakah saya tinggal menerima kartu kredit tersebut datang ke tempat saya. Dan si penelpon bilang kalau saya tinggal menerima saja kartunya yaitu berupa kartu diskon sejumlah 2 dan juga voucher hotel sebanyak 2 voucher. 

Dan karena dia mengatakan bahwa saya tinggal menerima maka saya pun berkata dia sudah kirim saja kalau gitu ke alamat saya. 

Kemudian dia mengatakan bahwa sebentar lagi akan dihubungi oleh bagian pengiriman untuk konfirmasi alamat dan lain sebagainya. 

Saya sempat curiga juga karena kok bisa langsung dikirim hari ini. Biasanya kan surat menyurat bank dari Jakarta. Dan ternyata lokasi mereka ada di Surabaya dan tersebar di seluruh Indonesia.

Selang beberapa menit kemudian ada seorang wanita dengan nomor asing namun hampir mirip dengan nomor yang pertama dan saya masih ingat namanya yaitu Utari dengan nomor telepon 021 2237 9268.

Si Utari ini lebih lantang gaya bicaranya namun yang saya sedikit curiga adalah logatnya yang terlalu Jawa dan sesekali memanggil saya bunda. Enggak pernah nih orang bank manggil customernya dengan panggilan Bunda ( kayak di online shop aja menurut saya). LOL

Saya terus mendengarkan apa yang disampaikan dan mengkonfirmasi alamat kirim serta janjian tempat dan waktu. Sebelumnya saya katakan ya sudah kirim saja ke kantor maksimal 12.30 pada saat itu si Utari telepon saya ya sekitar jam duabelas setengah 12.00 dan hari Jumat. Dia sedikit ragu apakah kurirnya bisa sampai di kantor saya tepat 12.30 Namun kata dia dia akan mengusahakan. Ya sudah saya katakan kirim saja pulang kerja sekitar jam 5 sore.  

Nah disela waktu itu lah saya punya kesempatan untuk mengkonfirmasi ke bank. Bayangkan kalau saya buru-buru menerima kurir tersebut berapa juta yang hilang dari kartu saya.  

PENIPUAN DENGAN MODUS BIAYA PAJAK

Kemudian sih Utari menanyakan apakah masih ada yang perlu ditanyakan tentang kartu multi diskon tersebut setelah dia menjelaskan panjang lebar tentang skema atau prosedur saat kurir nanti datang membawa kartu diskon dan voucher. 

Betapa kagetnya saya saat mendengar bahwa ternyata dikenakan biaya pajak sebesar 2.500.000 dan bisa dicicil sebanyak 24 kali.  Jadi perbulan sebesar 104.000an.  

Pemberitahuan tentang biaya pajak ini menurut saya sedikit dibumbui ancaman atau rasa seperti di takut-takuti. Karena saat saya menolak si Utari ini langsung mengatakan bahwa penolakan saya berarti saya menyetujui bahwa iuran tahunan akan ditagihkan per bulan depan.  

BAGAIMANA SAYA MEYAKINI BAHWA INI PENIPUAN?
Tentu saja saya bukan orang yang sembarangan dan asal asalan dalam berasumsi bahwa ini adalah tindakan penipuan atau bukan. Untuk meyakinkan asumsi dan membuat diri saya sendiri tenang yaitu saya segera menelpon call centre bank penerbit kartu kredit sya guna menanyakan dan mengonfirmasi apakah ada perubahan kebijakan dan fasilitas baru bagi saya yaitu berupa kartu kredit dan voucher diskon. 

Alhamdulillah, sayapun mendapatkan jawaban setelah saya ceritakan kronologis lengkap kepada pihak bank. benar saja, fasilitas kartu diskon tersebut tidak perah ada. Dan kebijakan tentang free iuran tahunan yang saya dapatkan di kartu kredit saya memang benar berlaku seumur hidup. tidak ada perubahan kebijakan. 

Dan lagi, pihak bank memastikan apabila kartu kredit akan digesek diluar merchant oleh pihak ketiga (pihak penelpon, bukan pihak bank atau menggesek di bank) dipastikan 100% itu adalah penipuan untuk mengambil keuntungan). 

Sudah pasti saat kartu kita sudah tergesek maka keluarlah tagihan pada billing statement kita nanti. 

SKEMA PEMBOBOLAN KARTU KREDIT VIA KURIR PEMBAWA KARTU DISKON

berikut skema atau prosedur yang penelpon tersebut sampaikan agar saya ikuti.
  • kurir akan datang menemui kita dengan membawa mesin EDC (mesin gesek kartu)
  • kita disuruh bawa kartu kredit dan foto kopi ktp (kartu kredit ini yang nantinya akan di gesekan ke mesin EDC alasannya untuk verifikasi dan proses perubahan biaay pajak 2.400.000 ke cicilan 24x)
  • kita akan diberikan 2 kartu diskon dan 2 voucher hotel (info dari si Utari)

point-pont diatas belum saya alami secara langsung namun saya rangkum dari apa yang dijelaskan oleh si penipu ( Utari )

Diubah oleh dragonfly1212 28-07-2018 23:46
1
18.2K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan