Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Berpikir Sebelum Bertindak, Sesuatu yang Sering Dilupakan
Baru-baru ini kita dihebohkan dengan berita dari dunia kepolisian, seorang oknum polisi diduga melakukan penganiyayaan kepada ibu-ibu dan anak laki-laki. Kejadian bermula saat korban kepergok mencuri di tokonya dan sontak hal itu membuat oknum polisi  tersebut marah besar dan tanpa ampun menendang serta memukul sang korban. Kejadian tersebut menjadi viral karena ada rekaman video yang tersebar di internet dan menjadi perbincangan di dunia maya. Akibat kejadian tersebut oknum polisi tersebut akhirnya dimutasi dari jabatannya dan membuat kapolri pun marah besar.

Credit : static.inilah.com

Peristiwa tersebut sangatlah disayangkan terjadi, sudah seharusnya sebagai salah satu dari bagian aparat penegak hukum bisa menjadi teladan bagi masyarakat luas, si ibu dan anak yang mencuri itu memang salah, namun tak seharusnya kekerasan dan penganiyayaan terjadi karena negeri ini adalah negeri yang memiliki aturan sendiri dan tidak bisa seenaknya main hakim sendiri, segala tindakan kriminal memang sudah seharusnya diserahkan kepada pihak berwajib.

Tak jarang memang peristiwa-peristiwa yang terjadi di masyarakat selalu menarik perhatian, tindakan oknum polisi tersebut seharusnya tidaklah terjadi andai oknum polisi tersebut berpikir secara matang dalam melakukan setiap tindakan. Andai saja dia tak melakukan hal demikian mungkin tak akan menimbulkan masalah lain yang beresiko buruk baginya.

Berpikir sebelum bertindak memang sesuatu keharusan, jangan sampai diri kita terperdaya oleh nafsu amarah yang berujung membuat kita melakukan tindakan yang tidak sebagaimana mestinya dilakukan. Manusia diciptakan memiliki akal, untuk itulah kita harus berpikir sebelum melakukan tindakan, jangan gegabah bertindak yang ujungnya merugikan diri sendiri. Hidup ini memang bebas, namun bukan berarti kita bertindak semaunya karena ada hal lain pula yang harus dipenuhi haknya.

Bukan hanya sekedar tindakan saja yang perlu dijaga, namun juga segala bentuk ucapan pun harus dijaga agar tidak menimbulkan permasalahan-permasalahan yang menimbulkan pro dan kontra. Dengan akalnya manusia bisa membedakan mana yang benar dan yang salah, maka sudah semestinya berpikir sebelum bertindak, jangan sampai berbuat salah dulu kemudian viral  dan ujungnya baru meminta maaf.

Credit : image.freepik.com

Memang manusia sendiri tempatnya salah dan khilaf, namun apakah manusia selamanya khilaf? tentunya tidaklah seperti itu, etika dan norma di masyarakat sudah seharusnya menjadi pegangan agar kita bisa bertindak dalam hal sewajarnya saja, tidak melakukan hal-hal yang meresahkan apalagi kalau berurusan dengan hukum. Hidup ini memang penuh ujian dan terkadang menguras emosi, namun sudah seharusnya kita mengontrol dan menahan diri dari tindakan-tindakan yang tak perlu dilakukan.

Demikian tulisan ane kali ini sebagai renungan untuk kita semua agar selalu berhati-hati dalam melakukan tindakan saat menjalani kegiatan di kehidupan kita sehari-hari, agan dan sista punya pendapat lain? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi dan inspirasi kehidupan
Sumber Berita
Sumber gambar via google images
Diubah oleh tafakoer 14-07-2018 08:15
0
13.6K
178
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan