wadonsuburAvatar border
TS
wadonsubur
Keren, Arsitek pada Sepotong Kue
Hai hai... Balik ketemu ane lagi Wadonsubur,yang gitu-gitu aja.
Kali ini ane mau bahas tentang seorang perempuan yang berkarya di bidang pastry.



sosok Dinara Kasko, bukan TS


Apa jadinya kalau lulusan arsitektur banting setir menjadi pembuat kue? Itulah jalan yang dipilih Dinara Kasko, gadis kelahiran Ukraina 28 tahun lalu. Perempuan berambut panjang ini menyelesaikan studi di Kharkov University Architecture School lalu mengembangkan ketrampilan arsitekturalnya sebagai desainer visual selama 3 tahun di sebuah perusahaan yang ada di Belanda. Selain itu, Dinara bekerja sambilan sebagai seorang fotografer. Namun cinta sejatinya ada pada pembuatan kue yang dia temukan setelah bepergian ke 16 negara sejak berusia 17 tahun.


proses desain dan pembuatan cetakan silikon


Ketika mengambil cuti melahirkan, Dinara memilih jalan manisnya terinspirasi oleh pendidikan arsitekturnya, jadilah dia seorang architectural pastry chef. Kue dan makanan penutup dijadikan seperti bangunan dan bentuk-bentuk geometris. Untuk mendukung rancangan kuenya, Dinara menggunakan teknologi pemodelan 3D untuk membuat cetakan kue yang terbuat dari silicon.


kue kue buatan Dinara Kasko


Desainnya dibuat di program 3DMAX, lalu dicetak lewat printer 3 dimensi. Kue-kue yang dibuat menyerupai model arsitektur kontenporer diagram, tapi bukan dibuat dari baja, beton atau kaca, hasil arsitek ini terbuat dari meringue, gelatin dan coklat. Langkah Dinara ini dinilai cerdas karena menggabungkan pastry dan arsitek melalui bentuk geometris dan komposisi yang cermat. Selain itu, TS menilai beberapa karya Dinara terinspirasi dari dasar-dasar desain seperti nirmana yang memperhatikan estetika warna dan bentuk



Dinara mengatakan bahwa menggabungkan desain, arsitektur dan patisserie itu tidak mudah. Kue yang dibuat membutuhkan desain awal dengan mempertimbangkan bentuk, volume, komposisi, proporsi, warna dan tekstur yang benar, agar kue yang dibuat tidak hanya indah namun juga enak. Kombinasi yang tepat dari ketiga faktor tersebut akan menghasilkan kue dan bangunan yang seimbang.



Perempuan cantik ini juga bersyukur dengan adanya teknologi baru dan program komputer yang menciptakan peluang dalam arsitektur untuk membuat objek kue dalam bentuk baru dan presisi, yang tentunya adalah sebuah hal yang mustahil dilakukan beberapa dekede yang lalu.

Spoiler for galeri karya:


buat intip karya lain, bisa cek ke IG @dinarakasko



SUMUR 1
SUMUR 2
Diubah oleh wadonsubur 28-06-2018 11:24
0
10.4K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan