tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Membudayakan Klarifikasi Sebelum Menilai Sesuatu
Tak dapat dipungkiri memang sekarang ini adalah zamannya dimana sumber informasi begitu melimpah di internet, kemunculan internet tak diragukan lagi membuat kabar di setiap belahan dunia manapun mudah sekali tersampaikan, portal berita atau web seakan tak habis untuk terus mengabarkan tiap detik atau menit peristiwa yang terjadi dimanapun dan kapanpun. Banyaknya informasi yang ada saat ini patut kita syukuri karena membuat kita bisa update informasi terkini dengan cepat.

Tak jarang banyak macam berita yang muncul mulai dari serius hingga yang mampu membuat para pembacanya tertawa, namun tak jarang juga ada berita yang menjadi pro kontra di dalamnya yang terkadang menjadi perdebatan di dalamnya. Maka janganlah heran muncul para lovers dan haters di internet, karena para user di internet tak selalu berpikir sama akan sesuatu hal atau punya pandangan yang sama.

Credit : duniakaryawan.com

Lantas dengan banyaknya informasi yang beredar di internet bagaimana dengan sikap kita? Sikap kita tentunya haruslah bijak, perlu adanya kedewasaan berpikir dalam menanggapi setiap informasi yang didapat oleh kita, bukan hanya di internet semata namun juga dalam hidup keseharian kita. Terkadang informasi yang kita dapat belumlah benar adanya dan masih abu-abu, menilai suatu peristiwa secara buru-buru tentunya tak baik untuk dilakukan karena bisa jadi salah dalam menilai.

Perlunya sudut pandang yang tepat ditengah derasnya informasi yang beredar saat ini karena seringkali muncul kabar berita yang hoax atau bahkan berita yang provokatif, sungguh merugilah kita bila sampai termakan berita hoax atau mudah terprovokasi oleh berita tertentu yang belum dapat dibuktikan kebenarannya. Penting bagi kita untuk mengklarifikasi suatu berita atau kabar, jika perlu kita harus membiasakan diri untuk melakukan klarifikasi entah bertanya langsung ke sumber berita atau browsing di internet untuk membuktikan suatu kabar atau berita itu benar atau salah. Jangan sampai akibat tergesa-gesa kita malah menyebarkan berita hoax yang merugikan diri kita sendiri dan orang lain.

Budaya klarifikasi perlu untuk ditanamkan dalam setiap diri kita agar kita bisa cerdas dalam menyikapi banyak berita yang beredar di internet atau di masyarakat. Jangan mudah percaya dengan berita di internet dan terkadang jangan sampai di telan mentah-mentah informasi yang di dapat, apalagi jika sumbernya dari situs web yang asing dan tak familiar bagi kita.

Credit : tribunnews.com

Dengan membiasakan klarifikasi terlebih dulu akan membuat kerangka penyampaian pandangan yang tepat akan suatu peristiwa karena tidak hanya bersumber dari satu tulisan berita saja, namun juga dari beberapa sumber berita yang bisa menguatkan suatu berita atau sebagai pembantah berita yang ada dengan bukti kuat untuk menyatakan suatu suatu berita atau tulisan itu salah.

Maka janganlah ragu untuk klarifikasi setiap informasi yang di dapat oleh kita agar kita bisa menyaring informasi dengan baik dan benar tanpa terkena kabar hoax atau terprovokasi oleh tulisan yang belum tentu tau kebenarannya. Demikian tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin berkomentar? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin


Sumber :
Opini Pribadi dan inspirasi kehidupan
Sumber 1
Sumber 2
Sumber gambar via google images
0
5.8K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan