kaoru koganeiAvatar border
TS
kaoru koganei
Berawal dari Fisik, Berlanjut ke Digital #Aku&Koleksiku


Sumber gambar : Dokumen pribadi


Halo Gansis! Setiap orang punya koleksi nya masing - masing, ada yang koleksi jersey bola, prangko, atau bahkan mantan emoticon-Hammer. Termasuk saya, saya mengoleksi ebook (buku versi digital), terutama ebook bergenre human behavioral emoticon-Smilie .

Sebenarnya, ada cerita sedih gan kenapa saya koleksi ebook, bukan buku fisik emoticon-Frown . Jadi, dari kecil saya suka membaca. Membaca apa saja, dari selebaran di jalan, buku sekolah. Tapi ketika beranjak dewasa, saat saya ingin membaca yang "lebih tinggi", ada 2 hal yang menjadi kendala bagi saya.

Spoiler for Pertama:

Spoiler for Kedua:



Sumber gambar : Dokumen pribadi


Saya pun berpikir, bagaimana saya bisa mendapatkan buku yang saya inginkan dan tanpa dimarahi oleh ayah. Sampai akhirnya, saya berkenalan dengan salah satu kaskuser yang membuka jalan saya mendapatkan ebook - ebook bergenre human behavioral.

Melalui kaskuser tersebut, saya bisa membaca ebook - ebook yang tersedia di salah satu toko buku online terbesar di dunia, jadi pilihan buku nya sangat lengkap. Saya pun tidak perlu lagi ke toko buku konvensional. Masalah pertama teratasi emoticon-Big Grin.

Saya juga tidak pernah dimarahi ayah lagi, karena ayah tidak tau kalo saya sekarang baca buku nya di komputer ataupun hp hahahaha emoticon-Big Grin . Masalah kedua teratasi emoticon-Stick Out Tongue .

Darisana, jumlah ebook saya bertambah, malah cenderung jadi koleksi emoticon-Smilie .


Sumber gambar : Dokumen pribadi


Seiring berjalan nya waktu..


Ketika sudah bekerja, waktu saya terkuras pada pekerjaan, sehingga ebook saya benar-benar status nya menjadi barang koleksi bukan bahan bacaan. Niatan membaca tetap ada, tapi waktu dan tenaga yang tidak ada. Saya pun mencari cara agar bisa membaca ulang ebook - ebook saya. Akhirnya, di awal tahun ini saya mencoba membuat thread Relativitas dalam Pengambilan Keputusanberdasarkan salah satu buku favorit saya emoticon-Smilie .

Selain memotivasi saya untuk membaca ulang koleksi ebook, hal ini sekaligus melatih skill komunikasi non-lisan saya, hehe. Bayangin aja gan menerjemahkan karya seorang profesor dari salah satu kampus terbaik di dunia kepada masyarakat awam emoticon-Big Grin . Alhamdulillah respon nya baik, semoga bermanfaat emoticon-Smilie .

Bagaimana dengan buku - buku fisik saya? Ketika ada kesempatan, saya memberikan nya ke taman bacaan yang berada di daerah cukup terpencil. Semoga bisa menumbuhkan rasa suka membaca anak-anak disana emoticon-Smilie . Buku nya yang bergenre novel remaja ya gan macam Sherlock Holmes, bukan genre human behavioral emoticon-Hammer .


Sumber gambar : Dokumen pribadi


Begitulah gan perkembangan kegemaran dan koleksi saya. Dari gemar baca buku menjadi koleksi ebook. Berawal dari buku fisik, berlanjut ke buku digital. Meskipun terkendala tidak tersedianya buku dan dimarahi orang tua, tapi akhirnya bisa saya lewati dan saya bagi manfaat nya ke orang lain.

Sekian. Terimakasih emoticon-Smilie
rykenpb
rykenpb memberi reputasi
1
1.6K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan