indahk98Avatar border
TS
indahk98
Ini Deretan Iklan yang Pernah Viral
Tak sedikit praktisi periklanan di Indonesia yang mampu menghasilkan video pariwara dengan cerita dan slogan menarik atau unik, sehingga pemirsa, yang biasanya malas menonton iklan, menjadi betah menyaksikannya.


Dikutip dari https://www.cnnindonesia.com/hiburan...aling-berkesan, ini adalah Beberapa pariwara unik yang diciptakan dan kemudian disiarkan di televisi maupun platform lainnya terbukti meninggalkan kesan di benak pemirsa.

1. Indoeskrim (Kisah Legenda Nusantara)
Quote:


Pariwara Indoeskrim ini menjadi yang paling sukses di kalangan iklan paling viral. Tak hanya dalam negeri, video iklan garapan sutradara Dimas Djayadiningrat ini bahkan sempat diunggah oleh akun media sosial 9gag yang populer sebagai laman komedi global.

Iklan ini, menurut pakar komunikasi sekaligus dosen Universitas Gadjah Mada Pulung Setiosuci Perbawani, berbentuk jukstaposisi antara visual ala sinetron laga dan teknologi yang menarik. Komedi yang ditawarkan mudah dicerna berbagai kalangan dan sama sekali tidak berpotensi ofensif, sehingga para pengguna media sosial tak segan untuk menyebarkannya.
Quote:


Versi panjang iklan Kisah Legenda Nusantara berkisah tentang dua anak raja yang bertengkar lalu coba dipisahkan oleh ibu mereka. Karena kewalahan, sang ratu kemudian menelepon raja yang tengah naik burung raksasa di atas langit.

Properti yang digunakan dalam iklan ini menjadi ikon, seperti sarung ponsel canggih berbalut emas, dispenser galon di dekat kursi sang ratu dan lain sebagainya.


2. Djarum 76 (Korupsi)

Quote:


Slogan "Wani piro?" menjadi dikenal hingga sekarang setelah kemunculan serial pariwara bertema jin ini.

Seri Korupsi, yang memunculkan slogan "Wani piro?" merupakan hasil karya agensi Playgroup bersama rumah produksi Glow Films. Iklan ini dirilis pada awal 2011 silam, tak lama setelah heboh kasus korupsi pajak Gayus Tambunan.

Seorang pria diceritakan geram setelah diminta uang pelicin oleh Gayus Tambunan. Dalam perjalanan pulang, ia yang masih kesal akhirnya bertemu dengan seorang jin. Saat meminta jin untuk melenyapkan seluruh korupsi, pungli dan sogokan di muka bumi.
Quote:


Saat ditanya kesanggupannya, sang jin yang diperankan oleh Totos Rasiti ini mengatakan, "Bisa diatur. Wani piro?"

Keberadaan karakter jin di serial iklan Djarum 76 sungguh ikonis. Ia muncul untuk mengabulkan permintaan dari orang-orang yang membebaskannya dari teko ajaib. Namun, permintaan mereka biasanya diwujudkan secara keliru oleh sang jin, yang kemudian malah menjadi sesuatu yang lucu.

Menurut situs Djarum, iklan Korupsi ini menyabet piala perunggu di Citra Pariwara 2011. Sementara slogan "Wani piro?" sempat dijadikan kover majalah Gatra dan Tempo.


3. Maspion (Cintailah Produk-produk Indonesia)

Quote:


Alih-alih membayar aktor kondang, perusahaan produksi berbagai perabotan dalam negeri Maspion Group lebih memilih bosnya sendiri, Alim Markus, untuk membintangi serial iklannya.
Quote:


Dalam menggaungkan slogan "Cintailah produk-produk Indonesia!" Alim tak sendiri. Ia menggandeng artis senior Titiek Puspa.Keduanya berduet dalam mempromosikan dagangan Maspion, mulai dari pompa air, teflon, panci, kipas angin, dan lain sebagainya.

Logat Alim yang khas dalam mengucapkan slogan ikonisnya membuat iklan Maspion berkesan di kalangan masyarakat.

4. Mastin (Good)

Quote:



"Kabar gembira untuk kita semua, kulit manggis kini ada ekstraknya."Walau secara visual iklan ini hanya dipenuhi efek komputer sederhana, tak dapat dipungkiri bahwa lagu di pariwara obat herbal ini cukup membekas di benak publik sekitar tahun 2014-2016. emoticon-Wakaka

Meski demikian, diketahui musik dalam lagu di iklan ini ternyata menjiplak pariwara sebuah produk sabun kecantikan Korea Selatan.

Iklan yang mana nih yang agan sista belum pernah denger? emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
novitatn17
novitatn17 memberi reputasi
1
60.6K
366
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan