Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mr.agungjayaAvatar border
TS
mr.agungjaya
Akhir Bulan Bisa Shopping? Anak Kosan Kudu Tau


Buat kalian yang pernah atau sekarang masih ngekos. Pasti sering banget ngalamin kejadian awal bulan makan di mcD, akhir bulan makan KFC KW super pinggir jalan ya kan? Kehabisan dana di akhir bulan mah udah hal lumrah lah, apalagi yang masih ber status mahasiswa, atau pegawai dengan gaji yang minim. Boro-boro untuk me time, buat makan nasi aja masih mikir hehe.

Ya ngatur uang bulanan itu ga mudah lo gaes. Salah dikit di awal bulan, bisa jadi sisanya kalian menderita sampe akhir bulan, gamau kan? Walau sudah punya pendapatan tetap, bukan berarti lepas dari masalah keuangan ini ya. Pasalnya, persoalan keuangan ini bisa menimpa siapa aja loh, kalo kalian belom bisa mengaturnya dengan tepat. Nah, gimana sih caranya biar akhir bulan kita ga kehabisan uang, malah bisa shopping manja di mall ternama?

1. Jangan senang berlebihan di awal bulan
Spoiler for :

Awal bulan buat yang mahasiswa pasti seneng senengnya tuh dikirimin duit sama ortunya. Kalo yang udah kerja, baru aja gajian ye kan. Namanya dapet duit, siapa sih yang ga seneng. Biasanya langsung deh nraktir temen, beli ini itu buat perlengkapan sebulan, dll. Kadang kalo udah belanja, kita suka lupa mana yang prioritas, mana yang bukan kebutuhan. Akhirnya tanpa sadar kita udah ngabisin separuh duit yg kita punya di awal bulan doang. Nah sisanya? Siap2 deh makan nasi garem doang akhir bulan haha, jangan sampe yaa.

2. Sisakan sekian % untuk ditabung
Spoiler for :

Walaupun kalian ga punya plan apa-apa, usahakan selalu nabung loh gaes. Nabung disini bisa kalian gunain buat apa aja suatu saat nanti. Termasuk dana darurat ketika kehabisan duit akhir bulan. Atau buat senang-senang, jalan jalan, atau shopping ke mall sama genk kalian. Minimal sisihkan 10-15% deh, biar akhir bulan kamu aman sentosa hehe

3. Review pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulan
Spoiler for :

Kalo kalian udah sering banget boros setiap awal bulan, tandanya harus ada perubahan tuh gaes. Masa tiap akhir bulan selalu mengais merana meratapi kegalauan ga punya apa-apa, ga banget lah haha. Tentunya kalian harus review tuh, barang apa aja yang udah kalian beli, tapi manfaatnya ga terlalu berasa banget. Nah kurang-kurangin deh, biar next month ga usah dibeli lagi, atau diganti dengan barang lain yang harganya jauh lebih murah.

4. Bergayalah sesuai budget
Spoiler for :

Wihh, orang baru gajian masa ga boleh gaya sih. Hmm tunggu dulu gaes, gaya sih boleh aja, tapi lakuin dengan bijak dong. Lo harus pinter dong bagi pengeluaran buat hal yang penting dan ga penting tadi. Kalo mau gaya kaya sultan tapi penghasilan kalian kaya rakyat jelata apa yang mau dibanggain? Yang ada memble ntar haha.

Spoiler for :


Ya intinya sih nih gaes, sebisa mungkin kita tahan pengeluaran yang kira-kira kurang layak diperjuangkan. Apalagi kalo tiap bulannya kalian liat smartphone keluaran terbaru kayak OPPO yang makin hari makin canggih aja tuh. Sebisa mungkin tahan, tahan kentutnya, eh tahan nafsunya hehe. Kecuali kalo kalian emang udah ngincer dari lama, dan udah nabung buat belinya karena emang worth it banget kaya OPPO F7. Gw juga ga bakal lewatin kesempatan buat dapetin ini hp karena gw suka banget layar berponinya itu loh, bener bener Super Full Screen, rasio layarnya 19:9, ukurannya 6,23 inchi, dan resolusi FHD+, asik banget buat ngegame atau nonton video.

Selain itu OPPO F7 punya internal memori yang gede banget, ada yang sampe 128 GB, wih anak kosan kaya gw ga bete lagi tiap malem bisa nonton banyak film hasil download-an hehe. Kalo smartphone gue yang dulu boro-boro Super Full Screen, RAMnya aja masih 1,5GB, gak bisa download banyak aplikasi atau film hahaha.
Yowes lah, kalian jangan berkecil hati aja kalo tiba-tiba masalah ini datang lagi di akhir bulan. Toh kalian sekarang udah tau kan gimana cara ngatasinnya. Selalu ingat makan nasi pake garam aja deh biar ga keulang lagi dan lagi hehe.

Diubah oleh mr.agungjaya 25-05-2018 00:50
0
1.4K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan