Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

j.16Avatar border
TS
j.16
Selain Makan Dan Minum, Ini Yang Perlu Di Hindari Saat Berpuasa


Selamat pagi, siang, sore, malam para penghuni Kaskus yang berbahagia. Ketemu lagi dengan j. 16 disini. emoticon-Big Kiss



Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang istimewa dan penuh berkah. Yups, tidak kurang dari 17 hari lagi kita akan memasuki Bulan Ramadhan dan bagi umat Islam pastinya akan menjalankan ibadah puasa selama 30 hari penuh sebelum merayakan hari Kemenangan.

Puasa merupakan rukun Islam yang ketiga dan menjadi kewajiban bagi semua Umat Islam yang sudah baligh dan berakal. Pengertian Puasa sendiri adalah menahan diri dari makan, minum dan hawa nafsu dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari. Tentunya dengan niat terlebih dahulu sebelum menjalankan puasa, bisa setelah shalat taraweh atau saat sahur.

Selain tidak boleh makan dan minum, apa saja sih yang sebaiknya dihindari saat sedang berpuasa agar puasa kita lebih afdol.

1. Bergosip

Spoiler for gosip :


Dalam kehidupan sehari - hari kita tidak bisa lepas dengan orang lain. Namun seringkali jika kita sudah berkumpul dengan, sahabat, teman atau siapapun itu kebiasaan yang sering muncul adalah bergosip atau membicarakan orang lain. Mungkin awalnya kita memang tidak berniat membicarakan orang lain tapi lama kelamaan obrolan akan berganti menjadi membicarakan orang lain tanpa disadari. Nah dalam berpuasa, sebaiknya kita menghindari bergosip karena kita juga harus menjaga lisan agar mengucapkan hal - hal yang baik dan bermanfaat saja.

2. Bermalas - malasan

Spoiler for males :


Saat puasa badan kita menjadi lemas karena tidak mengkonsumsi apapun selama kurang lebih 13 jam. Dan hal itu kadang membuat beberapa orang menjadi malas, dan tidak bersemangat dalam bekerja atau beraktifitas. Inginnya tiduran saja dari pagi sampai mau maghrib. Hayo siapa yang seperti ini? Meski dalam keadaan berpuasa kita tidak boleh bermalas - malasan loh gan sis. Kita harus tetap produktif ataupun melakukan hal - hal positif seperti membaca Al - Quran ataupun mendengarkan pengajian saat waktu luang. Kita harus bersyukur karena berpuasa selama 13 saja. Bayangkan umat Islam yang ada dibelahan bumi lain seperti di Finlandia yang hampir puasa selama 23 jam. Karena matahari hanya tenggelam sekitar satu jam. Jadi jangan males - malesan ya gam sis.

3. Bersikap Rakus

Spoiler for Rakus:


Ketika kita puasa lalu melihat iklan makanan di TV ataupun dipenjualnya pasti rasanya ingin sekali Berbuka dengan makanan tersebut. Karena seharian menahan tidak makan dan minum, saat berbuka kita balas dendam dengan cara membeli semua makanan yang kelihatan enak, dari berbagai minuman seperti kolak, es buah, dan jajanan lainnya sampai meja makan penuh. Kita menjadi orang yang rakus dengan makanan - makanan sebanyak itu. Lalu perut akan kekenyangan dan kita jadi malas begerak bahkan kadang jadi malas untuk ikut shalat taraweh. Jadi sebaiknya berbuka dengan sewajarnya saja ya gan sis jangan rakus.

4. Menonton Tayangan TV Yang Kurang Bermanfaat

Spoiler for nonton tv:


Menonton TV menjadi salah satu alternatif saat kita menunggu buka puasa. Tapi kadang tayangan di TV tersebut kurang bermanfaat misalnya acara gosip, sinetron dan acara reality show yang lebay. Acara gosip jelas saja isinya membicarakan berita artis yang kadang belum tentu benar. Sinetron, jaman sekarang sinetron Indonesia kebanyakan kurang mendidik dan berpengaruh negatif juga untuk kehidupan kita. Sedangkan acara reality show seperti pesbukers yang memang ditayangkan untuk menemani waktu berbuka kadang malah menyajikan lawakan yang tidak lucu dan malah melawak dengan cara menghina orang lain.

Hal ini tentu saja sangat tidak bermanfaat, seharusnya kita memilih acara yang menayangkan pengajian atau berita dan tentunya lebih bermanfaat. Karena selain menjaga lisan kita juga harus menjaga mata dari hal - hal yang kurang bermanfaat.

5. Pamer Di Media Sosial

Spoiler for pamer :


Bulan puasa adalah bulan penuh berkah, bahkan setiap kebaikan yang kita lakukan pada bulan yang suci ini, Allah SWT akan melipat gandakan pahala kita. Maka dari itu jangan heran apabila para umat muslim diseluruh dunia seakan berlomba-lomba melakukan ibadah di bulan puasa agar bisa mendapatkan pahala sebanyak mungkin.

Namun jangan sampai ibadah yang agan dan sista lakukan di bulan puasa menjadi sia-sia karena kesalahan sendiri ya. Cukuplah kita dan Allah SWT saja yang mengetahui betapa rajinnya kita didalam melakukan ibadah, tidak perlu hal tersebut diunggah ke sosial media dan memberitahu semua orang jika kita adalah orang yang rajin ibadah.

Nah itu dia beberapa hal yang sebaiknya kita hindari saat berpuasa agar puasa kita menjadi tidak sia - sia dan mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT.

Terima kasih sudah mampir di thread yang sederhana ini jangan lupa untuk share, rate, dan coment ya...

emoticon-Rate 5 Star

emoticon-Blue Guy Cendol (L)


nona212
nona212 memberi reputasi
1
8.7K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan