bear89800Avatar border
TS
bear89800
Gimana Cara Kerja Merpati Pengirim Surat Zaman Dulu?

Merpati, burung ini kadang2 bisa bikin kalian jengkel. Kebiasaan mereka berkumpul secara berkelompok menjadi suatu masalah karena kotorannya pasti bakalan berserakan dimana2 bre.
Walaupun begitu, burung ini sangat berjasa di zaman dulu bre, mereka di sebut dengan merpati Pos.

Apa itu Merpati Pos?

Mereka adalah merpati yang udah di latih secara terus menerus untuk menemukan jalan pulang ke rumah mereka, karena kemampuan inilah makanya mereka sangat berguna dan bisa untuk menyampaikan pesan.
Warga sipil, militer dan mata-mata udah menggunakan burung ini untuk mengirim surat rahasia di zaman dulu.

Gimana Cara kerja si Merpati Pos?
Gimana cara si merpati membawa surat? gimana cara si Merpati cari jalan pulang, apakah di kepalanya ada Google Map?
Hm... Sabar bre.. 

Merpati adalah Burung yang paling cocok untuk tugas ini.

Ada beberapa alasan kenapa Merpati paling cocok untuk mengirim pesan rahasia. Pertama, mereka lebih jinak sehingga lebih mudah untuk di ajak kerja sama. Kedua, mereka lebih mudah untuk di tangkap dan yang paling penting adalah kemampuan navigasi mereka yang baik.

Pesan yang dikirim biasanya di tulis dalam kertas kecil lalu di gulung dan di masukkan ke dalam tabung kecil. Selanjutnya tabung tersebut bakalan di pasang ke leher atau ke kaki si burung. Setelah di lepas, si burung bakalan langsung mencari jalan pulang ke rumahnya. Kelebihan pengiriman surat menggunakan burung ini adalah tidak terdeteksi dan lebih cepat di banding menggunakan pengirim pesan berkuda.

Burung Merpati harus di latih dulu.
Melatih merpati biasanya menggunakan beberapa tahapan, merpati akan di bawa ke tempat jauh dari sarang mereka lalu di lepas untuk terbang kembali menuju ke sarang nya.
Seiring waktu, pelatih akan menambah jarak antara sarang dan tempat rilis si burung. Perlahan tapi pasti, si burung akan semakin mahir untuk menavigasi perjalanan mereka.

Merpati memiliki organ Internal Kompas.

Untuk membantu merpati dalam navigasi, mereka di lengkapi dengan internal kompas. Posisi organ ini di perkirakan berada di sekitar hidung dan mata. Nah, organ inilah yang membantu merpati menghitung Medan Magnet bumi sehingga bisa memetakan rute pulang.

Merpati Muncul sepanjang Sejarah.

Sejak ada nya telepon, hape dan internet memang pengiriman pesan menggunakan merpati tidak lagi di gunakan umat manusia.
Meskipun demikian, burung ini sangat berjasa dalam sejarah. 
Di Zaman Yunani Kuno, mereka di gunakan untuk mengirimkan pesan untuk memberitahukan Olimpiade. Bahkan Jenghis Khan juga menggunakan merpati untuk mengirim pesan ke seluruh wilayah kekasiarannya.



Ranker | Google


0
37.7K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan