Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andrianushoAvatar border
TS
andrianusho
Ittoqqortoormiit: Kota yang Lautnya Membeku 9 Bulan

Via flickr.com oleh _Zinni_



Greenland adalah sebuah pulau di Samudera Atlantik bagian utara di arah timur laut Kanada. Luas wilayahnya adalah 2.166.086 km² dan merupakan pulau terbesar di dunia serta bagian dari Denmark.

Greenland, jika diterjemahkan secara literal berarti "tanah hijau." Walaupun Greenland berarti tanah hijau, namun pada kenyataanya hampir keseluruhan Greenland diselimuti es dan salju. Dan meski dengan kondisi seperti itu, pulau ini tetap dihuni manusia, bahkan memiliki kota, salah satunya kota bernama unik yang satu ini.

Tak hanya memiliki nama yang unik dan sedikit sulit dibaca, kota di Greendland ini juga punya laut yang membeku hingga 9 bulan lamanya.
Spoiler for Ittoqqortoormiit:

Kota itu bernama Ittoqqortoormiit, yang menjadi wilayah paling terisolasi di Greendland. Namun jangan salah, tempat ini menyediakan pemandangan alam yang indah dan memesona dengan keberadaannya yang berbatasan langsung dengan taman nasional terbesar di Greendland, Northeast Greendland National Park.
Spoiler for Ittoqqortoormiit:

Menjadi salah satu kota terisolasi di bumi, Ittoqqortoormiit memiliki suhu rendah, seperti wilayah Greenland pada umumnya. Apalagi ketika musim dingin, suhunya bisa sangat rendah sehingga laut di Ittoqqortoormiit menjadi membeku selama sekitar 9 bulan lamanya! Membekunya laut di wilayah tersebut menyebabkan kapal tidak dapat lewat, terkecuali kapal pemecah es.
Spoiler for Laut di Ittoqqortoormiit yang sebagian membeku:

Dihuni sekitar 452 orang penduduk yang kebanyakan masyarakatnya adalah suku Inuit, Ittoqqortoormiit dihiasi oleh rumah-rumah penduduk yang dicat dengan warna-warna cerah yang cantik. Aturannya, setiap rumah hanya boleh menggunakan satu warna saja. Merah, kuning, hijau, dan biru adalah warna yang biasa digunakan. Juga, bentuk rumah yang unik membuat rumah-rumah penduduk terlihat seperti susunan lego di atas tumpukan salju.
Spoiler for Ittoqqortoormii:

Sehari-harinya, penduduk Ittoqqortoormiit kebanyakan berburu dan menangkap ikan. Selain pemburu dan nelayan, ada juga peniliti yang tinggal untuk meneliti perubahan iklim di kota kecil ini.
Spoiler for Ittoqqortoormii:

Dengan luas area mencapai 235.000 km persegi, Ittoqqortoormiit saat ini hanya memiliki 1 kantor pos, 1 penginapan, 1 bar, 1 swalayan, dan beberapa toko kecil.
Spoiler for Ittoqqortoormii:

Hal yang paling menarik untuk dilakukan di Ittoqqortoormiit yaitu melihat fenomena langt Aurora Borealis. Wisatawan juga dapat melakukan akivitas lain seperti, melihat beruang kutub, menaiki kereta salju, atau bahkan menaiki salah satu gunung di Ittoqqortoormiit.
Spoiler for Cahaya Utara di Ittoqqortoormiit:

Untuk mengunjungi tempat ini, wisatawan hanya memiliki dua alternatif yaitu dengan 2 penerbangan ke Constable Point Airport yang hanya tersedia di hari Rabu dan menaiki kapal yang hanya bisa berlabuh pada bulan Juli dan Agustus di pelabuhan Milne Land.


Baca juga:


Diubah oleh andrianusho 28-04-2018 13:24
0
1.5K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan