Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bear89800Avatar border
TS
bear89800
X-Ray dan Cara kerjanya
Hallo, hei..
Welcome to another thread.


Di Thread ini kita akan ngomongin tentang x-ray. Penicilin, lem super dan x-ray adalah 3 produk hebat yang di temukan secara kebetulan.


Gimana Awal Mula Sinar X di temukan ?

Pada tahun 1895, seorang ahli fisika Jerman bernama Wilhelm Roentgen secara tidak sengaja membuat suatu penemuan penting ketika bereksperimen dengan pancaran elektron  di dalam sebuah tabung khusus.

Wilhelm melihat bahwa layar fluoresensi mulai bersinar ketika pancaran elektron mulai di nyalakan. 
Wilhelm mengetahui bahwa layar fluoresensi biasanya bersinar ketika terkena radiasi elektromagnetik. 

Oleh sebab itu, dia mencoba menempatkan kardus berat di dalam tabung tersebut dan mencoba menyinarinya menggunakan pancaran elektron. Awalnya Wilhelm memperkirakan gelombang elektromagnet tidak akan bisa menembus kardus tersebut, namun kenyataannya dia salah karena gambaran kardus tersebut masih muncul di layar. Artinya gelombang elektromagnetik tersebut mampu menembus kardus berat tersebut.

Sejak saat itu Wilhelm mencoba menempatkan banyak objek/benda yang berbeda di antara layar dan tabung. Apapun benda yang di letakkannya, layar masih bersinar. Suatu saat Wilhelm mencoba meletakkan tangannya di dalam tabung lalu menyinarinya menggunakan pancara elektron, dia sangat takjub ketika gambaran/siluet tulang-tulang tangannya muncul di layar Fluoresensi.
Saat itulah dia menyadari betapa besar manfaat teknologi ini bagi dunia medis.


Apa perbedaan Sinar-X dengan Sinar Biasa?

Pada dasarnya Sinar-X adalah jenis sinar cahaya, sangat mirip dengan cahaya yang kita lihat setiap hari. 
Perbedaan sinar-x dengan cahaya yang bisa kita lihat terdapat pada panjang gelombangnya. Mata manusia hanya dapat melihat cahaya dengan panjang gelombang 380 sd 700 nanometer, sedangkan panjang gelombang sinar-x berada di kisaran 10 nanometer sd 10 pikometer makanya sinar ini tidak bisa di lihat dengan mata telanjang.


Gimana Cara kerja Mesin Sinar-X?

Sinar-X dapat menembus benda-benda non-logam, termasuk jaringan dan organ manusia. 
Ibaratnya, Mesin X-ray berfungsi seperti kamera yang memungkinkan dokter untuk melihat bagian dalam tubuh manusia tanpa harus membedah organ dalamnya.

Untuk menghasilkan gambar rontgen, mesin Sinar-X memancarkan sinar elektron dengan konsentrasi tinggi yang dikenal sebagai Foton X-ray. Sinar ini bergerak melalui udara, menembus tubuh kita lalu  menghasilkan gambar pada film.

Hasil gambar rontgen biasanya hanya berwarna hitam dan putih. 
Warna hitam berarti jaringan lunak, seperti kulit dan daging. Sedangkan warna putih berarti jaringan yang padat seperti tulang dan gigi.


Termasuk Radiasi, Apakah Sinar-X Berbahaya ?

Resiko kesehatan akibat peralatan berbasis Sinar-X sangat kecil.
Efek radiasi Sinar-X sebanding dengan paparan sinar cahaya matahari selama beberapa hari saja, memang tidak terlalu berbahaya tapi sebaiknya jangan terlalu sering berfoto/selfie menggunakan sinar-X.


-Wonderpolis | Wikipedia | Merdeka | Ukurandansatuan-

-Google-

Apakah kalian udah pernah rontgen?

Diubah oleh bear89800 02-04-2018 11:57
0
24.1K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan