Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kikirakakiAvatar border
TS
kikirakaki
YUK INTIP SEJARAH BERDIRINYA DUFAN ALIAS DUNIA FANTASI
Yooo Wazzap bree ! kembali lagi bersama saya KIKIRAKAKI ..
Kali ini ane mau ngebahas tentang sejarah berdirinya DUFAN bre !



Sebelumnya kalian sudah tau Dufan atau biasa disebut juga DUNIA FANTASI ? kalau belum bre, ini tuh semacam Disneyland nya Jakarta. Yupp lokasinya ada di Jakarta, tepatnya di Jakarta Utara dan terletak di dalam komplek Taman Impian Jaya Ancol. Luas dari taman hiburan ini sekitar 9,5 hektar.

DUFAN sendiri sudah berdiri sejak tahun 1985, tepatnya tanggal 29 Agustus... ( Deket ya sama hari kemerdekaan ). Nah, di Dufan ini, ada beberapa bagian/daerah dengan jenis permainan yang berbeda pula. Pembagian wilayah ini memang sengaja didesain sedemikian rupa untuk memancing rasa imajinasi pengunjung sehingga dapat merasakan perbedaan kultur dan tata bangunan yang berbeda dari banyak wilayah negara di dunia loh ( mantap ya konsepnya ).

Dari sekian banyak permainan yang tersedia di Dufan, ada beberapa wahana yang sekarang sudah ngga ada lagi bre .. Kalau bre pernah mampir ke Dufan di tahun 1990 an nih permainan masih ada loh dan keren abis deh. Wahana yang udah ngga ada itu : Puri Misteri, Rama Shita Legenda Masa Depan, Yunior Bogati, Balon Race, Undur Undur, Kunang Kunang, Panggung Jakarta, Balada Kera ( Animatronic asli buatan Indonesia di tahun 1985 yang diakui Disneyland bre ) dan Red Baron.

Oke, now lets back to the main topic about DUFAN history.
Proyek Dufan sendiri dikonesepkan pada awal tahun 1980 dimana pada saat itu Ancol masih dibawah kepemimpinan bapak Handogo Soekarno yang menjabat sebagai kepala divisi promosi Ancol. Pada saat itu, Handogo memberikan mandat kepada Benny Benhardi untuk membuat ilustrasi menggunakan Birds Eye View ( ini nantinya akan menampilkan gambaran Ancol dari sisi atas bre ). Pengerjaan ini dibuat di kantor Arsitektur Balai Samudra dibawah komando Bapak Sutisna dan juga arsitek senior Budi Priambodo serta beberapa juru gambar. Pak Ciputra juga mengadakan presentasi di balaikota DKI Jakarta untuk membahas priject Dunia Fantasi ini. Pada saat itu Jakarta masih dipimpin oleh Pak Cokropranolo. Setelah mendapat persetujuan, pembuatan maket Istana Boneka dengan skala 1 : 10 dimulai.

Terciptalah BENDUFA ( Bengkel Dunia Fantasi ) yang dikerjakan oleh banyak orang kreatif beserta mekanik dan juga arsitek berpengalaman. Mereka mencoba untuk membuat sebuah workshop dimana semua design dan juga wahananya dibuat terpuas dimana pada saat itu Agustitus Teddy Darmanto terpilih menjadi ketua penanggung jawab proyek untuk sektor seni kreatif, Ir Pramonohadi, Ir Kimukti Utama dan juga Ir Yulias Husein menjadi penanggung jawab Arsitektur serta bagian teknil sipil ditempati oleh Ir Hengky dan Ir Gunawan, seniman lainya yang ikut anut grubyuk di BenDufa yaitu Samboja, Isnaeni Husein sebagai Interior design, Handogo, Benny Benhardi sebagai Ilustrator sekaligus memimpin divisi Props, M. Burso selaku Pemimpin Sculpting & Moulding Fiberglass, Harry Wuryanto, Mulyono Sebagai Pemimpin Pembuatan Kostum,Program Komputer oleh Puji Sulaeman, Mechanical dipimpin oleh Achmad Hudoyono, dan Electronic dipimpin oleh Suhaedi Saragih,(1985,tempo) dan lainya.

Melihat kurangnya sumber dan bahan informasi dalam pembuatan Dufan tentunya menjadi kendala tersendiri bagi mereka. Tim Bendufa perlu melakukan banyak riset hingga beberapa personil dikirimkan ke Amerika untuk belajar membuat robot Animatronik di Ken Acton Studios. ( Nah ini Animatronik pertama asli buatan Indonesia bre ).

Spoiler for Penampakan:


Wahana ISTANA BONEKA

Masih berfikir boneka di wahana ini buatan luar? Salah bre, ini murni buatan Indonesia ! Ini tidak menyontek A small world nya Disneyland loh karena pada saat itu belum ada yang pernah ke Disneyland bre. Pembuatan wahana ini juga bukan tanpa maksud loh, mereka ingin memperkenalkan budaya Indonesia ke banyak orang.

mungkin sampai saat ini masih banyak orang yang tidak mengetaui siapa sih sebenarnya pencipta Lagu dari Istana Boneka? nah dulu untuk aransemen lagu ini disayembarakan sehingga tersaring menjadi ada 8 macam aransemen lagu yang akan dipilih yaitu ciptaan:
Soedharnoto 2 lagu
Ibu Sud 2 lagu
Tonny koeswoyo 2 lagu
Teddy darmanto 2 lagu.
Kemudian yang dipilih adalah lagu buatan Teddy Darmanto dan di aransemen oleh Alm. Soedharnoto beliau adalah penggubah lagu2 nasional salah satunya adalah Garuda Pancasila, beliau tidak suka mengukai alat musik digital yang pada akhirnya seluruh Musik yang agan2 dengar di Wahana Istabon menggunakan Instrumen asli wajar saja kualitas audio yang ditawarkan sangat berkualitas.

Spoiler for Intip yuks:


Wahana Balada Kera

Masih ingat lagu2 sapu tangan babuncu ampat, sing sing so, mana dimana , surilang enjot enjotan? ya itu adalah lagu2 yang di aransir ulang khusus untuk Pentas Animatronik Balada Kera berikut dengan pengisi suara nya Bapak Gatot Sunyoto beliau adalah pelopor seni Ventriloquist di Indonesia salah satu karyanya adalah boneka si Tongki. Balada kera merupakan pentas pertunjukan yang patut sangat dibanggakan oleh Indonesia, mengapa? karena 23 boneka Robot Animatronik ini 100% Made In Indonesia lebih baik dari Disney Country bear jamboree dan diakui Teknologinya oleh pihak Disney Imagineering. ya itulah proses awal pembuatan teater ini megabungkan banyak elemen mulai dari seni mematung sampai Mekatronik.

Awalnya BenDufa membuat satu Figur kera Balada Kera namun mereka belum mengetahui bagaimana cara untuk menggerakannya, kemudian dikirimlah Figur ini berikut dengan team dari BenDufa ke Amerika ( Ken Acton Studios) untuk dibuatkan engsel2 dan mekanik agar bisa bergerak layaknya manusia namun sesampainya disana ternyata tidak segampang itu, pembuatannya harus dibarengin dengan sistem mekaniknya.

Disana team BenDufa diajarkan cara membuat Robot Animatronik dan bahkan diberi kepercayaan untuk membuat patung naga ukuran 7x5 di Conan Stunt show Universal Studios Hollywood dengan bekerja langsung bersama Garry Goddard dia adalah salah satu konsultan & artist theme park terkenal Trans studio dan Mall Plaza Indonesia merupakan karyanya, pengerjaan lainya adalah Figur Animatronik Hiu dari film terkenal JAWS! hebat bukan? yg agan2 tonton film JAWS ternyata buatan Teddy dan Team dari Indonesia. setelah berhasil akhirnya dibuatlah kembali Figur kera tersebut dari 0. Perlu diketahui, pembuatan proyek ini sangat dirahasiakan dari publik, tetapi sempat 1x terkuat di surat kabar loh.

Spoiler for TRANSFORMER BRE :


Spoiler for Nih bre masuk koran:


Yang bikin tambah joooos, mantan Presiden RI, BJ Habibie pun terkesan dan datang untuk melihat proses pembuatannya. 4 bulan mendekati pembukaan Dufan, wahana Balada Kera tertimpa musibah karena mengalami kebakaran dimana 1/3 dekorasi habis terbakar. Tetapi tim dengna cepat berhasil membangun kembali wahana ini dalam kurun waktu hanya 3 bulan. Soal hasil? Biar foto yang berbicara ya bre, ingat ini tahun 1985 loh !

Spoiler for MEGAH COYYY:


Maskot Dufan

Dulu pada saat proses perencanaan wahana istana boneka di BenDufan ada maket Istabon yang berukuran 18x11 meter agar para direksi bisa berputar mengarungi Scene2 sebelum di setujui. kebetulan saat itu Pak Ciputra datang dan melihat salah satu boneka kera Bekantan di daerah Kalimantan istabon..dia tertarik dengan nya.. kemudian dibicaakanlah dengan team BenDufa untuk menciptakan Maskot Dunia Fantasi yaitu si Dufan berhubung juga ancol dulunya tempat berkumpulnya para kera2 dan bekantan adalah binatang yg dilindungi pemerintah akhirnya mereka setuju untuk menjadikan dia sebagai Maskot.

Pasti pada ga sadar kan kalau logo tulisan Dufan itu merupakan tanda tangan ?? hehehehehhe

Spoiler for TANDA TANGAN:

Dufan punya bokletnya loh

Dufan pernah membuat boklet tetapi sekarang sudah tidak ada lagi.

Sebenarnya sih masih ada 2 wahana lagi yang menggunakan animatronik, yaitu panggung Jakarta yang bertujuan untuk mempromosikan budaya betawi tentu lengkap dengan figur si jampang dan satu lagi Panggung BNI yang bertujuan untuk memperkenalkan Bank BNI, tapi sekarang udah ga ada bre.

Spoiler for Nih Boklet + Jampang:


Nah itu tadi sejarah berdirinya Dufan, gimana bre ? keren ga? Ini membuktikan bahwa kita sebagai rakyat Indonesia masih bisa kok bersaing dengan negara luar. Bahkan di tahun itu saja negara kita sudah berhasil membuat Animatronik yang diakui Dunia dan menjadi satu2nya Animatronik asli buatan lokal loh ! WOOOOOOW..

Spoiler for JADULSSSSSS:


Oke deh bre bre ..
Informasi yang mau ane bagi selesai sampe disini bre emoticon-Hai
Kalau bre bre berkenan boleh dong dikasih cendol emoticon-Toast emoticon-Toast
Kalau ga ya kasih jejak atau rate juga oke emoticon-Ultah

Tenkiu bre udah mampir di thread ane ... emoticon-Om Telolet Om!







sumber : liputan6, berbagai blog dan tulisan agan Putera15
Diubah oleh kikirakaki 02-04-2018 02:49
0
34.9K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan