sabna.tamaraAvatar border
TS
sabna.tamara
Arti Sukses Itu Apa Gan? PLEASEEEE! HELP GAN!
Quote:


Arti sukses setiap orang berbeda-beda katanya, setiap orang punya arti sukses menurut mereka sendiri-sendiri katanya. Ada yang arti sukses mereka itu sesuai dengan lingkungan mereka tinggal, ada yang mereka dapet sendiri setelah mikir panjang, ada juga yang arti suksesnya ngambil punya orang dan dijadiin pengertian sukses buat diri mereka sendiri biar mereka bisa langsung terus jalan kedepan.

Itu orang-orang, sedangkan ane? Jeleknya, ane masih bertanya-tanya apasih arti sukses menurut ane sebenernya? Dari kecil ane pengen jadi orang sukses, tapi ane sendiri malah enggak tahu arti sukses itu apa. Apa ini cuman ane aja atau dari agan sama sista ada juga ngalamin hal yang sama?

Quote:


Tanpa pikir panjang ane pun mencoba searching arti sukses di internet, ngebaca-baca setiap artikel-artikel yang ada dan ternyata hampir semua artikel enggak bener-bener ngejelasin apasih arti sukses yang sebenernya yang bisa bikin ane sreg dan tercerahkan, kebanyakan dari mereka ya nulis arti sukses menurut mereka sendiri, sukses tuh begini, sukses tuh begitu, sukses itu tuh blablabla dan masih banyak lagi yang seakan-akan ngedoktrin kita buat yakin dan mengiyakan kalau sukses itu ya sesuai yang mereka jelasin.

Quote:


Ane coba artiin di kamus dan menurut KBBI, sukses itu artinya berhasil atau beruntung. Arti sukses menurut KBBI ternyata singkat banget dan susah buat ane pahamin. Terus ane coba buat nyari arti sukses dalam bahasa inggris yang ada dua atau tiga kamus ngasih arti yang hampir sama.

Sucsess is the accomplishment of one's goal yang kalau diartiin sih kira-kira berhasil mencapai sebuah tujuan. Dan disini ane mulai sedikit paham kalau arti sukses itu adalah saat ane bisa berhasil mencapai tujuan-tujuan yang ane buat. Yap! Tujuan! Tapi apa iya bener harus punya tujuan dulu baru paham arti sukses?

Quote:


Kemudian ane nyoba buat ngumpulin data, dengan ngelempar pertanyaan yang sama ke orang-orang yang ane kenal lewat applikasi-applikasi chat yang ane punya. Ada sekitar 20an orang yang ane tanyain, sampai ane juga iseng ngirim dm ke bapak presiden dan artis-artis yang lain buat nanyain apasih arti sukses meski ane sensdiri tau dm ane enggak bakal dibales sama sekali sama mereka.

Quote:


Hampir semua temen-temen yang ane tanya arti sukses mereka ngejelasin arti sukses menurut mereka masing-masing, dengan gaya mereka masing dan menurut ane mungkin sesuai dengan kepribadian mereka masing-masing. Dan menurut ane tuh, jawaban mereka itu keren-keren dan ngebaca arti sukses menurut mereka tuh kayak ada sensasi tersendiri gitu yang muncul yang bikin ane kayak dapet semangat tambahan gitulah. Ane juga sampai senyum-senyum sendiri ngeliat jawaban mereka yang berbagai macam, bervariasi, dari yang biasa alias normal-normal aja sampai yang aneh-aneh, pokoknya jawaban mereka keren-keren lah.

Quote:


Tapi, ada satu hal yang bisa ane ambil dari jawaban mereka semua. Kalau kita pengen sukses, kita harus punya tujuan. Ya! Tujuan! Persis seperti arti sukses yang ane cari dari kamus dalam bahasa inggris tadi. Karena jawaban mereka semua kebanyakan ya gitu, mereka nganggep diri mereka sukses saat mereka bisa ini dan bisa itu, kayak bisa ngebahagiain orang tua, bisa ngeraih apa yang mereka impikan, bisa bermanfaat bagi orang lain dan masih banyak lagi, mungkin nanti bakal ane share ss chat-chat mereka tentunya udah disensor, yang siapa tau bisa jadi pencerahan buat yang lain juga.


===

Cukup lah buat intermezzonya dan sekarang balik lagi ke tema inti dari thread ini, jadi apasih arti sukses menurut ane sendiri? Meski udah mencoba memahami dengan jawaban-jawaban mereka biar tau apa arti sukses menurut ane, tetep aja ane harus mikir keras.

Dan teryata enggak gampang buat ane tau apa arti sukses buat ane sendiri, ane udah jungkir balik lah, guling-guling lah, mau makan ane coba mikirin, mau minum ane coba juga mikirin, ,mau mandi, mau nonton, bahkan mau maen game aja jadi ngak bisa konsen gara-gara terus mikirin gan!

Akhirnya ane nyoba buat flashback ke masa lalu dan maksa buat nginget-nginget dari pas ane kecil dulu sampai sekarang apasih tujuan ane dulu yang bisa bikin ane mau jadi orang sukses pas ditanya kayak gitu. Ternyata hasilnya nihil gan, sedih ya.

Ane sadar ternyata kalau dari dulu tuh ane enggak pernah punya tujuan sama sekali, yang ane lakuin cuman ngikutin arus aja. Ngerjain semua yang dikasih ke ane tanpa ada hasrat atau ambisi apapun, cuman ngerjain sebisa ane aja, ya gitu doang, enggak pernah berharap lebih apapun. Kalau hasilnya bagus ya seneng, kalau jelek yaudah. Mungkin ini yang bikin ane enggak bisa paham kenapa ada yang bisa nangis kejer pas gagal dan bisa bahagia sampai loncat-loncat pas mereka berhasil lolos ujian. Dan kayaknya emang hal ini yang bikin ane kesusahan ngejawab apasih arti sukses menurut ane sendiri.

Quote:


Karena ya ane mulai paham siapa ane sebenernya. Ane masuk kategori manusia yang biasa-biasa aja, sukanya ditengah-tengah, enggak terlalu mencolok, mau bandel banget enggak, mau berprestasi juga enggak. Apa adanya banget, yang jarang berharap lebih, cuman ngikutin arus, selalu main aman dan enggak pernah mau keluar dari zona nyaman yang bener-bener bikin ane enggak mau gerak sama sekali alias magernya kebangetan sampai-sampai bikin diri sendiri kesusahan karena sering ngerjain apa-apa pas udah mau deadline aja. Enggak punya ambisi, tujuan dan selalu make alesan lebih suka jadi orang dibalik layar biar enggak dipilih buat tampil di depan.

Quote:


Terkesan ngerendahin diri banget ya? Enggak juga, karena semua itu belom tentu kekurangan kok. Malah kalau mood ane lagi bagus dan kondisinya lagi tepat semua itu bisa jadi kelebihan ane.

Quote:


Ya lupakan soal itu, karena udah tau kayak gimana diri ane. Ane udah tau apa yang mau ane tuju dan ane pun tau apa arti sukses menurut ane. Agak klise, tapi ya ini arti sukses menurut ane.

Quote:

Quote:

Quote:


Quote:

Quote:

Quote:


Quote:

Quote:

Quote:


Quote:

Quote:

Quote:


Quote:

Quote:

Quote:


Quote:

Quote:

Quote:


Quote:

Quote:

Quote:


Sebenernya ada satu point lagi, yaitu enggak lupa sama Tuhan gan. Enggak ane masukin karena menurut ane ya ini udah seharusnya semua orang Indonesia paham gan, apalagi sila pertama kita itu kan "Ketuhanan Yang Maha Esa." Dan seharusnya enggak dilupain sama kita semua. Toh karena kita udah diajarkan dari kecil kalau kita ciptaannya.

Itu aja gan arti sukses menurut ane. Terima kasih buat yang mau baca. Semoga kita semua bisa sukses. See you!

Quote:

terbitcomyt
terbitcomyt memberi reputasi
1
6.3K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan