juliuzickboyAvatar border
TS
juliuzickboy
ABBA Official Thread
ABBA dibentuk di Stockholm, Swedia tahun 1972 oleh Benny Andersson, Bjorn Ulvaeus, Agnetha Faltskog, dan Anni-Frid Lyngstad.
Nama ABBA adalah singkatan yang diambil dari susunan huruf pertama ke empat personilnya.



Sebelum bergabung sebagai ABBA, ke 4 personel ABBA sudah dikenal publik musik Swedia. Benny adalah vocalist sekaligust keyboardist dari Hep Stars sementara Bjorn adalah guitarist grup Hootenanny Singers.
Si cantik Agnetha sendiri mulai meraih ketenaran saat mendapat peran sebagai Mary Magdalene dalam drama musikal Jesus Christ Superstar. Sementara Anni-Frid adalah penyanyi jazz yang tekenal setelah memenangkan festival tingkat nasional di Swedia sana.

Kepopuleran ABBA dimulai saat mereka tampil dalam Eurovision contest walaupun saat itu mereka cuma berada di peringkat 3 saja. Lagu mereka Ring, Ring menjadi hits yang diminati para pendengar. Tahun berikutnya mereka mencoba keberuntungan lagi di Eurovision dan kali ini mereka berhasil meraih tempat pertama dengan lagu mereka Waterloo.

Tahun 1975 mereka merilis S.O.S yang akhirnya menjadi hits tidak hanya di Amerika dan Inggris namun juga di Spanyol dan Jerman. Serangkaian hits yang dirilis kemudian seperti I Do, I Do, I Do, Mamma Mia dan Fernando menyusul kesuksesan S.O.S ini.



Tahun 1976 ABBA merilis mahakarya ”Dancing Queen”, ekspor terbesar Swedia yang penjualan albumnya membuat mereka lebih kaya daripada pabrik mobil Volvo. ”Dancing Queen” menyeruduk ke urutan teratas tangga lagu di puluhan negara. ABBA berubah menjadi konglomerasi yang tanam modal di mana-mana, termasuk pabrik sepeda dan galeri seni.

Musik ABBA disebut ”Europop” yang jauh berbeda dengan lagu-lagu pop pada umumnya. Anni-Frid bersuara mezzo, Agnetha soprano, sehingga campuran vokal mereka sangat indah dan tak pernah lagi terdengar sampai sekarang. Tak seperti grup pop yang merekam puluhan lagu untuk diciutkan jadi album, ABBA hanya menulis 12 lagu dalam setahun.

Tahun 1978, Benny dan Anni-Frid menikah, sedangkan Agnetha dan Björn bercerai dua bulan kemudian (mereka menikah tahun 1971). Namun, tiga tahun kemudian (1981) giliran Benny dan Anni-Frid yang bercerai. Keretakan hubungan pribadi dua pasangan ini berdampak langsung pada kehancuran ABBA. Mereka coba bertahan dan berencana merilis album Opus 10 tahun 1986, tetapi batal. ABBA resmi bubar ketika label mereka, Polar, dijual ke Polydor tahun 1990.

Setelah bubarnya super-grup ini, masing-masing personel akhirnya disibukkan dengan kegiatan bermusik mereka sendiri-sendiri walaupun tidak satu pun yang mampu mengulang kesuksesan ABBA.
Sementara itu, popularitas ABBA sendiri tidak ikut mati dengan bubarnya grup mereka. Lagu-lagu mereka masih terus dibawakan ulang oleh grup atau penyanyi lain hingga saat ini.





Yang mau liat discography nya masuk sini gan..
http://en.wikipedia.org/wiki/ABBA_discography
Diubah oleh juliuzickboy 05-03-2013 11:49
0
9.6K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan