nitadanieAvatar border
TS
nitadanie
Hilang di Indonesia, Kali Majapahit Lestari di Filiphina


Buat Gansis yang masih inget pelajaran sejarah, 

masih inget dong sama kerajaan majapahit. kerajaan hindu-budha yang ada di jawa timur. 

kalo ane masih inget nya sama gajah mada dan sumpa palapanya. hehe emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin(bener nggak sih)



seperti yang sudah kita pelajari kerajaan ini membentang luas, dan terkenal jauh sampe ke negri sebrang.

kerajaan ini juga meninggalkan banyak warisan buat keturunanya. 


Salah satu dari warisanya, yaitu Sundang atau Kali Majapahit. Seni bela diri yang ternyata di indonesia sudah banyak dilupakan.


Seni bela diri ini berasal dari Lembu Anabrang. Seorang Laksamana yang dikirim untuk diplomasi melalui operasi kewibawaan militer yang dilakukan Kerajaan Singhasari di bawah perintah Raja Kertanagara pada tahun 1275–1286 terhadap Kerajaan Melayu di Dharmasraya di Pulau Sumatera.


Setelah kembali ke pulau jawa, Lembu Anabrang mendapat tugas untuk melerai pemberontakan Ranggalawe. Di dalam pemberontakan itu Anabrang dibunuh oleh Lembu Sora dengan silat Madura-nya.


saat itu, Ilmu bela diri Kali Mjapahit, sudah diturunkan kepada Mahisa Teruna/Adityawarman

penguasa Kerajaan Malayapura yang beribukota di Dharmasraya. Dari sinilah kemudian beladiri khas pasukan elit Majapahit itu menyebar sampai ke Mindanao/Filiphina. 


Nggak ada catatan apapun mengenai gimana ilmu bela diri tersebut bisa sampai ke Mindanao. bisa jadi para arya/bawahan majapahit yang traveling sampe kesana. Dan menyebarkan ilmu bela diri tersebut.

emoticon-Traveller



karena menurut Agus Aris Munandar Profesor UI, mengatakan bahwa persebaran Sundang / ilmu bela diri Kali Majapahit ini menyebar mulai dari Anabrang, diturunkan ke prajurit-prajurit bawahan Majapahit di Melayu dan Dharmasraya, kemudian ke Kepulauan Riau, Bugis, Wajo, Semenanjung Melayu sampai ke Sulu (Mindanao, Filiphina)


di Indonesia sendiri, Kali Majapahit perlahan-lahan mulai menghilang setelah runtuhnya kerajaan Majapahit. sisa-sisanya  malah terkenal dan lestari di Filipina, sebagaimana diakui oleh Fred Evrard pelaksana Kali Majapahit di Filipina, begini katanya "“Kali Majapahit beladiri yang berakar dari Kerajaan Majapahit kuno. Beladiri ini perpaduan dari beberapa budaya Filipina, namun juga terkandung elemen Muaythai, Pencak Silat, Hakka Kuntao dan Chen Taijin Quan,” dalam Filipino Martial Arts: Kali Majapahit (2009).


semakin lama seni bela diri itu mulai di gemari di Filiphina,, sekarang malah semakin populer setelah di kembangkan oleh  Fred Evrard dan istrinya Hiu Lila.

sejak  tahun 1998 perguruan beladiri ini mulai berdiri di Moorea (Prancis), Singapura, dan Baguio, Filipina. 


GanSis tau nggak sih...sekarang ilmu bela diri Kali Majapahit ini menjadi satu dari sekian beladiri wajib pasukan khusus militer dan kepolisian Filipina.


Sayang banget ya GanSis, kita yang orang indonesia belum pernah belajar bela diri yang sebenarnya berasal dari leluhur kita. emoticon-Frownemoticon-Frownmalah lestari di negri orang. para bule pula yang banyak belajar. 

emoticon-Cape d...



emoticon-Frownemoticon-Frown


sumber :http://historia.id
http://www.fmapulse.com
wikipedia
google.co.id
pemikiran ane
[font="Roboto Slab", youtube.com[/font]
Diubah oleh nitadanie 03-03-2018 05:14
1
20.9K
130
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan