Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bej0cornerAvatar border
TS
bej0corner
Tindakan-Tindakan Awal Saat Motor Mogok



Keadaan apapun bisa terjadi saat mengendarai sepeda motor bermesin, mulai dari ban bocor, motor mogok, atau bahkan sampai ada beberapa kejadian mengerikan yang dialami biker di jalan, seperti kesalahan produksi oleh pabrikan. Yang berakibat seperti patahnya rangka ataupun kebakaran mesin.
    Semua itu bukanlah hal yang mustahil terjadi kepada ciptaan manusia, diantara semua itu kebanyakan biker mengalami permasalahan pada motor yang mogok. Terkadang biker akan panik dan langsung membawanya ke bengkel.
     Pikiran yang tenang bisa jadi kunci utama seorang biker memperbaiki sendiri motor mogok di jalan, sebelum memperbaiki motor mogok, kita harus tahu apa saja yang membuat motor bisa menyala ?
      Motor menyala jika 3 langkah ini berjalan normal, yaitu bahan bakar, pengapian, dan juga kompresi, jika salah satu ada yang eror maka motor akan mengalami mogok.
 
·         Bahan Bakar.
   Cara mudahnya kamu bisa cek apakah bensinmu didalam tangki ada atau tidak ? jika ada coba langsung melangkah ke pengapian, karena tidak mungkin di jalan membongkar komponen yang mengalirkan bensin selain selang-selang bensin.
    Selang bensin bisa di cek , jika menyemburkan bensin dengan semburan yang sesuai maka fuel pum tidak masalah.
·         Pengapian
     Pengapian memiliki susunan, Ecu (injeksi) / CDI (Karbu), ada magnetto / Spool, ada Pick up coil, kabel busi , cup busi dan busi itu sendiri.
    Jika mudahnya periksa dulu busi dengan cara melepasnya dan mengeringkan + amplas jika busi kotor dan basah, lalu pasang busi di cup busi, pegang cup busi dengan tang (karena memiliki setrum pengejut) lalu letakan busi diarah cylinder dan kick starter, jika percikannya baik maka pengapian bisa dianggap oke.
    Jika tidak langsung bawa ke bengkel, takutnya terjadi konsletting.
 
·         Kompresi
      Kompresi adalah proses saat piston menekan  campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar, karena adanya kotoran dan aus di cylinder ataupun piston membuat kompresi tidak berjalan dengan semestinya. Terjadi kebocoran yang mengakibatkan proses kompresi tidak sempurna.
       Lalu cara mudahnya gimana ?
        Copot busi, masukan oli di lubang busi (dikit aja gan) lalu sumpal dengan majun atau kain dan ditekan dengan tangan.
        Sela beberapa kali sampai terasa semprotan atau tekanan dari dalam lubang, jika dirasa cukup maka pasang kembali busi dan cup.
      Kalau tekanan kecil, maka bawa ke bengkel untuk dilakukan service besar..
 
       Semoga tulisan saya bermanfaat untuk agan-agan, jika ada kritik dan saran bisa disampaikan melalui email : bejocorner11@gmail.com
 

Sumber gambar : Mbah Google
0
2.8K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan