dimasgaharuAvatar border
TS
dimasgaharu
Menghemat Uang Belanja Bulanan? Coba 6 Langkah Berikut Ini



Menghemat uang pasti menjadi salah satu prioritas agan setiap bulan, terutama bagi yang sudah berkeluarga, iya nggak gan? Jika tidak berhemat, biaya selama satu bulan barangkali akan sulit untuk dipenuhi. Namun, gan menghemat uang bukan hanya soal menyisakan uang, melainkan mengatur uang yang dimiliki agar semua kebutuhan terpenuhi. Oleh sebab itu, berhemat juga membutuhkan perencanaan, gan agar uang dapat dibagi dengan benar. Nah, apa saja yang harus dilakukan agar agan dapat menghemat belanja bulanan? Ini dia tipnya.

Buat Rencana Keuangan Bulanan

Cara menghemat uang yang pertama ialah mengatur penggunaan uang yang agan dapatkan setiap bulannya. Agan harus menghitung pengeluaran dan kebutuhan selama satu bulan lalu pisahkan uang sesuai dengan fungsinya. Dengan cara ini, pengeluaran uang dapat tercatat dengan jelas, sekaligus membuat agan tahu pengeluaran yang tidak terlalu penting. Dengan begitu, agan bisa mengontrol pengeluaran dan menghemat belanja bulanan.

Belanja Bahan Makanan Setiap Satu Minggu Sekali

Setelah rencana keuangan bulanan, agan pisahkan kembali uang belanja bahan makanan untuk setiap minggunya. Jadi, agan beli bahan makanan setiap minggu dan bukannya harian. Daripada mengeluarkan untuk beli makanan setiap hari, jauh lebih hemat jika agan belanja bahan makanan tiap minggu. Selain menghemat waktu, cara ini juga dapat mengurangi biaya jajan agan sehari-hari.

Kurangi Aktivitas di Luar

Makan di luar atau berkumpul dengan teman memang nggak ada salahnya, gan. Namun, jangan jadikan kegiatan tersebut sebagai agenda rutin karena biaya yang dikeluarkan bisa menguras uang agan. Saat mengatur rencana kuangan bulanan, agan bisa pisahkan uang untuk kegiatan berkumpul tersebut, tapi agan harus berusaha disiplin dan jangan habiskan uang melebihi anggaran.

Bandingkan Harga

Agan-agan di sini pernah nggak belanja dengan membandingkan harga barang di beberapa tempat? Nah, untuk menghemat belanja bulanan, agan bisa menggunakan cara tersebut. Agan bisa membuat daftar barang yang dibutuhkan dan bandingkan harganya di beberapa swalayan. Meski perbedaan harga tidak besar, tetapi jika agan beli dalam jumlah yang cukup banyak, agan sudah bisa berhemat.

Manfaatkan Promo

Jangan pandang remeh istri-istri agan yang selalu mencari dan memperhatikan promo. Hal ini karena dengan memanfaatkan promo yang ada agan bisa berhemat. Promo atau diskon mungkin tidak besar, tapi jika memiliki kesempatan untuk berhemat, jangan lewatkan, gan!

Sisakan untuk Menabung

Selain membagi uang untuk biaya satu bulan, agan juga harus menyisakan sedikit uang untuk ditabung. Menabung akan memberi kemudahan di masa depan sekecil apa pun agan menyimpan uang. Dengan menabung, agan akan memiliki uang cadangan dan uang tersebut juga bisa digunakan saat darurat. Agan juga bisa menggunakannya untuk investasi atau membuka usaha. Jadi, coba pisahkan uang di awal bulan untuk ditabung dan bukan hanya uang sisa dari pengeluaran agan.

Untuk investasi nih, gan, ane punya saran. Karena investasi butuh uang yang mungkin nggak sedikit, agan bisa coba investasi yang mudah, seperti membeli emas batangan secara perlahan. Dengan kata lain, agan beli emas dalam nominal kecil dan mengumpulkannya hingga mencapai berat tertentu. Ada banyak tempat yang menjual emas dengan cara seperti ini, misalnya saja Pegadaian atau aplikasi e-mas. Khusus untuk aplikasi e-mas, agan bisa beli emas mulai dari Rp10.000,-an.



Dengan enam tip cara menghemat uang, agan bisa lebih berhemat dalam belanja bulanan. Jadi, tertarik nggak nih gan untuk menerapkan tip di atas?




Sumber Artikel

Diubah oleh dimasgaharu 09-10-2018 06:44
0
1.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan