initial.0Avatar border
TS
initial.0
Mengenal CBI (Central Bureau of Investigation), KPK-nya India
Quote:

Kemarin malam saya baru saja nonton film India yang berjudul Special 26. Katanya sih film ini berdasarkan kejadian nyata.emoticon-ConfusedFilm ini menceritakan tentang sekelompok orang yang melakukan perampokan kepada pengusaha dan politisi dengan cara berpura-pura sebagai anggota CBI (Central Bureau of Investigation) atau pun terkadang sebagai Petugas Pajak. Sasaran mereka adalah para koruptor dan penggelap pajak. Mereka berpura-pura melakukan penggeledahan kemudian menyita semua barang bukti yang ada berupa uang dan perhiasan. Karena kasus ini menyangkut kasus korupsi dan penggelapan pajak, para korbannya ini enggan melaporkan penipuan tersebut kepada polisi. Sehingga kejahatan yang mereka lakukan semakin menjadi-jadi. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan penipuan yang paling besar dan untuk yang terakhir kalinya. Namun rencana mereka ternyata telah diendus oleh agen CBI yang asli. Lalu apakah mereka berhasil?? Tonton saja sendiri ya, lumayan seru kok filmnya, rating di IMDb juga lumayan. emoticon-thumbsup


IMDb rating : 8.0Special 26

Ok, setelah nonton film ini saya jadi penasaran dengan CBI. Dan setelah browsing-browsing ternyata CBI ini adalah Instansi Pemerintah di India yang salah satunya menangani kasus-kasus korupsi, ya semacam KPK di Indonesia. Untuk lebih jelasnya yuk simak fakta-faktanya sebagai berikut... emoticon-Ngacir

Quote:


Ternyata sejarah CBI sudah lumayan lama loh GanSis. emoticon-ConfusedCBI ini berawal dari SPE (Special Police Establishment) yang dibentuk oleh Pemerintah India pada tahun 1941. SPE ini mempunyai fungsi untuk melakukan investigasi kasus suap dan korupsi di Departemen Perang dan Persediaan yang terjadi semasa Perang Dunia ke II. Setelah perang usai ternyata kebutuhan akan investigasi terhadap kasus korupsi masih diperlukan, sehingga lembaga ini tetap dipertahankan.Pada tahun 1963 lembaga ini kemudian berganti nama menjadi seperti sekarang yaitu CBI (Central Bureau of Investigation).


Quote:


Seiring berjalannya waktu CBI tidak hanya menangani kasus korupsi saja namun juga membantu kasus-kasus besarlain seperti pembunuhan, penculikan dan terorisme. Dan pada tahun 1987 CBI dibagi menjadi 2 divisi yaitu Divisi Anti Korupsi (Anti-Corruption Division) dan Divisi Kriminal Khusus (Special Crimes Division). Dan berkembang hingga saat ini menjadi 3 divisi yaitu :

Divisi Anti Korupsi (Anti-Corruption Division)
Merupakan divisi yang paling besar dalam CBI. Khusus menangani kasus korupsi yang melibatkan pemerintah baik di pusat maupun di daerah.

Divisi Kejahatan Ekonomi (Economic Offences Division)
Divisi ini menangani kasus terkait penipuan dan kejahatan di bidang keuangan seperti misalnya pemalsuan uang, Bank Farud, cyber crime.

Divisi Kriminal Khusus (Special Crimes Division)
Tugas divisi ini untuk melakukan investigasi dalam bidang kejahatan yang dianggap serius, sensasional dan kejahatan terorganisasi sesuai dengan Undang-Undang.


Quote:


CBI memiliki markas yang terletak di New Delhi. Markas ini sudah dilengkapi dengan sistem komunikasi modern, ruang penyimpanan, kontrol masuk yang terkomputerisasi, ruang interogasi, ruang tahanan, asrama dan ruang konferensi. Selain memilik markas pusat, CBI juga memiliki kantor cabang di daerah.


Selain itu CBI juga telah memiliki akademiyang terletak di Ghaziabad, Uttar Pradesh dengan luas 10,7 hektar.


Quote:


Sama dengan Indonesia, India juga merupakan negara berkembang yang masih berjuang melawan korupsi. Berdasarkan data dari Transparency International, Index Persepsi Korupsi (Corruption Perceptions Index)India tahun 2016 berada pada peringkat 79 dengan nilai index sebesar 40 (skala 0-100, 0 paling korup, 100 paling bersih). Sebagai perbandingan, negara kita berada di peringkat 90 dengan nilai index 37. Bisa dikatakan kondisi korupsi di India dan Indonesia 11-12 alias mirip. emoticon-Nohope

Penyebab korupsi di India juga memiliki kesamaan yang terjadi di Indonesia yaitu antara lain peraturan yang terlalu banyak, sistem perpajakan dan perijinan yang kompleks, birokrasi yang berbelit, adanya monopoli, hukum yang kurang transparan dan lain-lain. Sedangkan sektor yang paling banyak menjadi lahan korupsi adalah di bidang infrastruktur, perumahan, pertambangan, energi dan dirgantara.



Miris ya GanSis padahal India juga menghadapi masalah di bidang Kependudukan juga, dimana jumlah penduduknya terbesar ke-2di dunia. Yang menjadi pertanyaan adalah CBI yang sudah dibentuk sejak lama (1963) tetapi sepertinya belum juga dapat menghilangkan korupsi yang ada di India. emoticon-Confused Hal ini menunjukkan bahwa korupsi di India sudah sangat kompleks dan membudaya. Selain itu CBI ini juga ternyata beberapa kali pernah terlibat dalam skandal korupsi, sehingga memang belum maksimal. emoticon-Nohope Namun jika dilihat dari Index Persepsi Korupsi, dari tahun 2012 terlihat semakin membaik. emoticon-thumbsup


Itu saja sih, sedikit mengenai CBI, semoga bisa menambah wawasan GanSis.emoticon-shakehand

Quote:

Atau Kunjungin Koleksi Thread Lainnya Di Mari :


Spoiler for SUMBER:

Diubah oleh initial.0 31-01-2018 15:37
0
12.7K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan