komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Melihat Lebih Dekat Taipei di Taiwan
Taipei merupakan kota terbesar di Taiwan yang memiliki banyak destinasi wisata dan menarik untuk kamu kunjungi. Banyak perusahaan industri dan jasa termasuk peralatan listrik dan elektronik, tekstil, logam, pembuatan kapal, dan motor yang menempatkan kantor pusatnya di sini.

Kota Taipei termasuk kota yang paling besar dan banyak penduduknya di Taiwan. Saat ini, kota Taipei ini dijadikan sebagai ibukota sementara Republik Cina.

Kota Taipei terletak di dataran rendah Taipei dengan dikelilingi oleh pegunungan terutama bagian utara, timur dan tenggara. Nah, penasaran ingin segera menjelajahi Taipei? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam melihat lebih dekat Taipei di Taiwan.


Penerbangan Menuju Taipei

Penerbangan Menuju Taipei via Bandarasoekarnohatta

Nah, untuk menuju Taipei, kamu dapat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang dari Jakarta menuju Taipei. Terdapat dua penerbangan setiap hari yang melayani rute Jakarta menuju Taipei. Sesampainya di Taipei, kamu akan tiba di Taoyuan International Airport.

Rata-rata waktu perjalanan yang kamu butuhkan dari Jakarta menuju Taipei adalah sekitar 5 jam 30 menit. Maskapai penerbangan yang melayani penerbangan dengan rute tersebut adalah China Airlines dan Eva Air.


Sekilas tentang Taipei

Sekilas tentang Taipei via Wikimedia

Taipei beriklim subtropis dengan suhu rata-rata 20 derajat celcius sepanjang tahunnya. Suhu terendah pada waktu musim dingin dapat mencapai 6 derajat celcius sedangkan di musim panas mencapai sekitar 34 derajat celcius.

Waktu terbaik untuk menyambangi Taipei adalah sekitar akhir Oktober hingga Januari. Pada waktu-waktu tersebut biasanya cuaca di Taipei cenderung sejuk dan nyaman sehingga sepi turis.

Pada Februari hingga April, Taipei cenderung turun hujan sementara taifun sesekali melanda pada Mei hingga Oktober.

Sementara mengenai masalah transportasi publik, sistem transportasi di kota Taipei tertata dengan baik dan perencanaan yang teratur. Jaringan Mass Rapid Transit (MRT) Taipei memudahkan pengunjung untuk mengagumi pemandangan kota.

Walaupun sistem busnya tergolong sulit untuk dinavigasi, namun peta-peta yang menunjukkan halte-halte bus dapat kamu temukan di stasiun-stasiun MRT. Ongkos NT$15 untuk sebagian besar rute pusat kota. Kartu prabayar EasyCard untuk MRT maupun bus kota dijual seharga NT$500 (NT$300 untuk anak-anak; keduanya termasuk deposit NT$100).

EasyCard sendiri tersedia di mesin kartu stasiun MRT dan toko-toko tertentu seperti 7-Eleven, FamilyMart, dan Starbucks.


Memilih Penginapan di Taipei

Menyambangi Ark Hotel Changan via Hotel R



Setelah puas memilih penerbangan selama berada di Taipei, selanjutnya kamu dapat memilih tempat penginapan selama kamu berada di Taipei. Nah, salah satu penginapan yang mungkin dapat menjadi referensimu adalah Ark Hotel Changan yang satu ini.

Lokasi hotel ini terletak di 3F, No. 246, Section 2, Changan East Road, Zhongshan District, 10492 Taipei, Taiwan.

Nah, ketika memasuki kawasan hotel ini, kamu akan melihat desain yang simpel dan juga elegan. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir masalah lokasi karena hotel ini berada di kawasan lokasi yang strategis.

Terdapat banyak sekali objek wisata menarik di sekitar kawasan Ark Hotel Changan yang dapat kamu sambangi dengan berjalan kaki beberapa menit. Beberapa objek wisata tersebut adalah Liaoning Street Night Market, Breeze Center, Taipei Arena, dan SOGO Department Store. Bila ingin pergi lebih jauh, Nanjing Fuxing Metro Station bisa ditempuh hanya dalam 4 menit berjalan kaki.

Beberapa fasilitas yang tersedia di hotel ini misalnya adalah AC, TV kabel, mesin kopi, sandal kamar, hair dryer serta masih banyak lainnya. Hotel ini juga menyediakan fasilitas seperti restoran, rental mobil, laundry, perpustakaan, hingga akses wifi gratis. Bagaimana? Menyenangkan sekali, bukan?


Menyambangi Menara Taipei 101

Menara Taipei 101 via Gamaantara

Untuk mengawali perjalanan wisatamu selama berada di Taipei, kamu dapat memulainya dengan menyambangi Menara Taipei 101 yang satu ini. Menara Taipei 101 adalah sebuah gedung pencakar langit yang terletak di pusat kota Taipei.

Menara ini terletak sekitar beberapa blok dari Taipei World Trade Center. Menara ini memiliki 101 lantai. Nah, jika kamu ingin melihat Taipei dari ketinggian 506 meter, kamu dapat mencoba untuk menaiki gedung ini hingga lantai ke 91.

Untuk mencapai lantai tersebut, kamu dapat menaiki lift yang merupakan lift tercepat menurut Guiness Book of Records. Lift ini mampu mengantarkanmu dari lantai satu ke lantai 91 dalam waktu sekitar 37 detik.

Hingga tahun 2007, Menara Taipei 101 ini tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia sebelum dikalahkan oleh Burj Al Khalifa. Namun, sampai saat ini gedung ini masih tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia yang ramah lingkungan.

Para insinyur yang membangun gedung ini membuat perbaikan pada sistem energy untuk pemanasan, pendinginan, dan ventilasi udara yang semuanya dibuat menjadi ramah lingkungan. Tujuannya adalah untuk penghematan.

Menara Taipei 101 kemudian mendapatkan predikat LEED Platinum yang merupakan sertifikasi dan penghargaan tertinggi bagi bangunan yang menerapkan sistem eco-friendly.


Mengunjungi Kuil Long Shan

Kuil Long Shan via Cina Panduanwisata

Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata di Taipei yang sayang untuk kamu lewatkan. Destinasi wisata ini adalah Kuil Long Shan.

Kuil ini merupakan salah satu kuil yang ramai dikunjungi untuk berdoa. Meskipun demikian, banyak juga pengunjung yang datang menyambangi kuil ini untuk sekedar berfoto.

Kuil Long Shan sendiri adalah salah satu bangunan kuno yang sangat populer di Taipei. Kuil yang dibangun pada tahun 1783 ini berfungsi sebagai tempat ibadah sekaligus sebagai tempat berkumpul warga yang tinggal di sekitar kawasan kuil.

Daya tarik utama Kuil ini terletak pada desainnya yang khas dengan atap berwarna merah yang berhiaskan patung makhluk-makhluk mitologi seperti naga dan phoenix.

Nah, meskipun demikian banyak juga pengunjung yang datang menyambangi tempat ini untuk sekedar berfoto. Tidak ada biaya yang dikenakan jika kamu ingin menyambangi kuil ini alias gratis.


Mengunjungi Gedung Memorial Chiang Kai Sek

Mengunjungi Gedung Memorial Chiang Kai Shek via Cina Panduanwisata

Nah, bagi kamu yang masih ingin menjelajahi Taipei, selanjutnya inilah dia destinasi wisata yang dapat kamu perhitungkan. Destinasi wisata ini adalah Gedung Memorial Chiang Kai Shek.

Gedung memorial ini tercatat juga sebagai landmark kota Taipei. Terdapat banyak acara nasional yang diselenggarakan di gedung yang satu ini. Di gedung memorial ini, kamu dapat mempelajari tentang Chiang Kai Shek yang juga merupakan pemimpin Taiwan pada abad ke 20.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Chiang Kai Shek, kamu dapat mengunjungi museum yang terletak di bagian bawah gedung ini. Di tempat ini terdapat patung Chiang Kai Shek, serta pemandangan taman hall yang dihiasi dengan keramik-keramik bercita rasa Cina. Untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama mengunjungi Taipei, kamu dapat juga memanfaatkan waktumu untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.


Mengunjungi Yamingshan National Park

Mengunjungi Yamingshan National Park via Images Travel

Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata di Taipei yang tentu saja sayang untuk kamu lewatkan. Destinasi wisata yang satu ini adalah Yamingshan National Park.

Yamingshan National Park adalah taman nasional ketiga yang diresmikan oleh pemerintah Taiwan pada tahun 1985. Taman nasional ini dipenuhi oleh berbagai vegetasi serta kebun bunga sakura yang indah.

Yamingshan Park terkenal dengan kebun bunga sakura, pemandian air panas, fumarol dan trek hikingnya. Trek hiking yang terkenal salah satunya adalah gunung Qixing atau Seven Star Mountain. Gunung ini berada di tengah-tengah Yangmingshan National Park dan merupakan gunung tertinggi di Taiwan. Trek hiking yang ada di Yangmingshan memiliki beragam ketinggian mulai dari 200 meter sampai 1120 meter.

Yamingshan terkenal dengan keindahan alamnya. Yamingshan terkenal dengan iklimnya yang tropis, yang membuat taman nasional ini menjadi ideal sebagai tempat tumbuh banyak vegetasi indah di sini.

Bagi kamu yang menyukai wisata sejarah, kamu dapat mengunjungi Lin Yutang House yang merupakan tempat wisata terkenal di Yangmingshan. Di sana, kamu dapat menyaksikan keindahan arsitektur bangunan rumah sekaligus mengunjungi kafe untuk melepas lelah.

Untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama berada di Taipei, jangan lupa untuk menyempatkan diri menyambangi destinasi wisata yang satu ini.


Menyambangi Pasar Malam Shilin

Menyambangi Pasar Malam Shilin via Culinaryntravelmania

Masih ingin menjelajahi dan mengeksplor Taipei? Kali ini, kamu bisa menyempatkan diri untuk menyambangi pasar malam Shilin yang satu ini.

Shilin ini sendiri terkenal sebagai salah satu pasar malam yang tersohor di Taipei. Tempat ini juga terkenal dengan sebutan “rajanya pasar malam”.

Di tempat ini kamu dapat menyaksikan ratusan kios kuliner yang sudah menjajakan dagangannya di sini hingga pagi buta. Lebih dari 500 kuliner Taiwan sudah dapat kamu nikmati di sini.

Kuliner yang tersedia di pasar malam ini antara lain adalah Fried Chicken Steak, Oyster Omelette, Tempura, Pearl Milk Tea, juga Stinky Tofu. Stinky tofu terkenal sebagai salah satu kuliner yang paling digemari di kawasan Asia Timur.

Taiwan menyediakan ratusan street foods yang sangat banyak dan digadang-gadang mampu menaklukan Singapura. Untuk itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas Taiwan ketika menyambangi tempat ini.

Pada pukul 23.00, biasanya kawasan ini menjadi cukup sepi karena terjadi pergantian kloter. Ya, pedagang biasanya berganti dengan pedagang lainnya di sini. Selepas tengah malam, Shilin Night Market ini dibuka kembali hingga pukul 02.00 malam keesokan harinya.

Atmosfer suasana yang tercipta di Shilin Night Market ini begitu hangat dan mampu menyebabkan banyak orang baik penduduk lokal maupun para wisatawan memilih datang dan berkumpul di tempat ini.

Ya, untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama berada di Taipei, jangan lupa untuk menyambangi Shilin Night Market yang satu ini.


Mengunjungi Pasar Malam Shida

Menyambangi Pasar Malam Shida via Traveldetik

Bagi kamu yang masih ingin mengetahui pasar malam lainnya yang tersedia di Taipei, kamu dapat mencoba untuk menyambangi pasar malam Shida yang satu ini.

Sesuai dengan namanya, pasar ini memang baru akan menjadi semakin ramai ketika hari sudah menjelang malam.

Lokasi pasar malam Shida tergolong sangat strategis sehingga memudahkan aksesibilitasmu. Jika kamu menggunakan jasa transportasi MRT, kamu bisa turun di Stasiun MRT Taipower Building di Exit 3.

Dan jika Anda menggunakan bus, bisa turun di halte National Taiwan Normal University, Roosevelt Road Intersection. Kedua moda ini sangat dekat dengan Shida Night Market.

Kawasan pasar malam Shida ini juga sudah sangat dikenal bukan hanya oleh penduduk lokal namun juga oleh berbagai wisatawan yang datang menyambangi tempat ini.

Tidak heran jika pasar ini tergolong sangat ramai terutama jika sudah menjelang akhir pekan. Banyak kios dan pertokoan di tempat ini sudah mulai buka pada pukul 17.00 setiap harinya.

Di tempat ini terdapat beberapa jenis makanan yang dapat kamu coba seperti es campur ala Taiwan, creepes manis, takoyaki, es jeruk dan masih banyak lainnya. Bagi kamu yang masih ingin berburu kuliner khususnya di malam hari, dapat mencoba untuk menyambangi pasar malam yang satu ini.


Melihat Lebih Dekat Pemandian Air Panas Beitou

Air panas Beitou via Cina panduanwisata

Masih ingin menjelajahi Taipei? Kali ini kamu dapat mencoba untuk menyambangi air panas Beitou yang satu ini.

Air panas Beitou ini merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer dan membuat banyak orang seringkali menyempatkan diri untuk menyambangi destinasi wisata yang satu ini. Sebagian besar fasilitas air panas dan atraksi buatan manusia di daerah Beitou didirikan di tempat ini ketika Jepang menduduki wilayah ini.

Beitou Hot Springs memiliki nilai pH 2,5-6,5 dengan suhu bervariasi antara 37 derajat Celcius dan 40 derajat Celcius. Pada dasarnya air ini terdiri oleh tiga komponen, hijau sulfur (sulfat), belerang putih (Copperas), dan belerang besi (karbonat).

Tidak jauh dari tempat ini, kamu juga dapat menikmati Tiwan Folks Arts museum. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang tepat untuk mengeksplorasi salah satu bangunan kayu khas Jepang yang terkenal di Taiwan.

Tidak jauh dari situ, kamu juga dapat menemukan Puji Temple. Puji Temple adalah sebuah kuil Jepang yang sampai saat ini masih bisa dapat dilestarikan. Untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama berada di Taipei, jangan lupa untuk menyempatkan diri dan menyambangi destinasi wisata yang satu ini.


Mengunjungi National Palace Museum

Mengunjungi National Palace Museum via Images Travelmedia

Inilah dia destinasi wisata di Taipei yang dapat kamu sambangi selanjutnya. Destinasi wisata ini adalah National Palace Museum.

National Palace Museum merupakan museum yang tergolong sangat megah dan berada di Taipei. Museum ini memang menjadi salah satu museum yang terkenal. Banyak pengunjung yang datang untuk melihat lebih dekat salah satu museum istana nasional indah yang terdapat di Taipei ini.

Museum ini menyimpan berbagai koleksi barang antik yang berasal dari Cina dan Taiwan. Di tempat ini juga tersedia berbagai macam pahatan giok dan pahatan perahu yang dibuat dengan sebutir biji zaitun sebagai bahannya.

Nah, untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama menjelajahi Taipei jangan lupa untuk menyambangi destinasi wisata yang satu ini.


Nah, itulah dia pembahasan mengenai melihat lebih dekat Taipei di Taiwan. Sebagai salah satu kota terpadat di Taiwan ini memang memiliki banyak destinasi wisata yang tentu menarik untuk kamu sambangi.

Untuk itu, jangan lupa untuk memasukkan Taipei dalam daftar tempat yang akan kamu sambangi berikutnya. Semoga panduan wisata ini dapat membantumu dalam memilih berbagai destinasi wisata terbaik selama berada di Taipei.

Happy traveling!


SUMBER
0
2.3K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan