wfmalangAvatar border
TS
wfmalang
Cara Efektif Mencuci Sepatu Putih
Sepatu merupakan bagian dari aksesori fesyen untuk melindungi kaki. Sepatu yang kotor bukan saja membuat tidak kaki menjadi tidak nyaman, tapi juga mengganggu penampilan. Terlebih lagi sepatu yang berwarna putih akan lebih terlihat saat kotor dibandingkan warna lain. Banyak orang yang menghindari memakai sepatu berwarna putih dan lebih memilih warna gelap.

Meskipun sepatu putih memiliki kesulitan yang lebih sulit untuk menjaga kebersihan dibanding dengan sepatu yang berwarna gelap, namun sepatu putih akan membuat Anda terlihat lebih elegan dan sporty. Sepatu dengan warna putih akan lebih mudah untuk dipadukan dengan atasan warna apapun.



Apakah Anda memiliki kesulitan untuk membersihkan sepatu putih dan menjaga warnanya tetap cerah? Atau Anda adalah seorang pengusaha laundry yang sering mendapatkan order mencuci sepatu berwarna putih? Berikut beberapa tips untuk membersihkan sepatu putih agar tetap terlihat bersih.

Menggunakan spons basah

Berikut ini adalah langkah awal yang harus dibiasakan saat Anda menggunakan sepatu putih. Setiap selesai menggunakan sepatu warna putih, sebaiknya langsung dibersihkan kotoran yang menempel di sepatu putih Anda. Jangan biarkan sepatu putih terlalu kotor, sebab semakin lama sepatu putih terkena kotoran akan membuat warna sepatu menjadi kuning. Jadi pastikan dan biasakan saat Anda sudah selesai menggunakan sepatu putih. Ingatlah langsung membersihkan sepatunya dengan spons basah.

Menggunakan deterjen

Penggunaan deterjen sudah menjadi hal umum yang digunakan untuk membersihkan sepatu putih. Deterjen juga menjadi pilihan yang sempurna untuk membersihkan sepatu di rumah, karena deterjen mudah untuk di dapatkan dengan harga yang murah.

Cara menggunakannya adalah siapkan air di dalam ember yang sudah dicampur dengan deterjen hingga berbusa. Masukkan sepatu ke dalam ember dan tunggu hingga noda mulai memudar dalam waktu kurang lebih 10 sampai 15 menit. Gosok noda yang menempel di sepatu menggunakan sikat. Jemur sepatu di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.

Menggunakan baking soda

Selain spons dan deterjen, baking soda juga bisa menjadi pilihan utama, sehingga bisa menjaga warna sepatu tetap putih bersih seperti baru. Selain itu bahan ini juga mudah didapatkan. Baking soda memiliki sifat sebaai pemutih alami, maka dari itu baking soda sudah biasa digunakan masyarakat untuk pakaian yang berwarna putih.

Cara menggunakannya adalah masukan baking soda ke dalam air yang sudah dicampur dengan deterjen. Masukkan sepatu kedalam ember. Tunggu hingga noda mulai memudar dalam waktu kurang lebih 10 sampai 15 menit. Gosok noda yang menempel di sepatu menggunakan sikat. Bersihkan sepatu dengan menggunakan spons bersih. Jemur sepatu di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering sehingga tidak bau.

Menggunakan pasta gigi

Pasta gigi juga bisa membantu untuk menghilangkan noda pada sepatu. Selain itu juga mudah didapat dan sangat cocok digunakan saat mencuci sepatu di rumah.

Cara menggunakannya adalah siapkan pasta gigi, sikat gigi dan air. Oleskan pasta gigi ke seluruh bagian sepatu dan tunggu beberapa jam (makin lama makin baik, maksimal  enam jam). Gosok sepatu dengan sikat gigi secara perlahan agar tidak rusak. Bilas sepatu dengan menggunakan lap atau spons basah. Keringkan dengan cara di angina-anginin atau jemur di bawah terik matahari agar tidak baud an berjamur.

Menggunakan lemon

Bila memiliki masalah kaki berkeringat dan bau kaki, ini cara yang paling tepat untuk Anda gunakan. Selain berfungsi untuk menghilangkan noda pada sepatu dengan mudah, lemon juga akan meninggalkan aroma yang segar di sepatu sehingga tidak membuat sepatu Anda menjadi bau, malah justru wangi.

Selain menggunakan lemon,  Anda juga bisa menambahkannya dengan garam sehingga memudahkan untuk menghilangkan noda pada sepatu. Mengeringkan menggunakan sinar matahari supaya bau pada sepatu hilang.
0
3.9K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan