gilbertagungAvatar border
TS
gilbertagung
Hal-hal yang Tampak Sederhana namun Dapat Meningkatkan Kualitas Kehidupan Kita



Ada beberapa hal yang terkesan sederhana namun sebenarnya dapat membantu kita untuk meningkatkan kualitas hidup kita dan bahkan bangsa kita. Apa sajakah itu?

Klik gambar untuk menuju sumber gambar

Melakukan Pencatatan secara Teratur

Dibandingkan negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang, Indonesia termasuk negara dengan tradisi mencatat yang kurang baik. Sebagai ilustrasi, lebih mudah menemukan dokumen mengenai peristiwa bersejarah di Amerika Serikat daripada di Indonesia. Bahkan, catatan sejarah kita kebanyakan berada di luar negeri terutama Belanda. Contoh lainnya, saban pemilihan umum, seringkali ditemukan pemilih ganda (terdaftar lebih dari satu kali) dalam daftar pemilih. Ini merupakan sebuah kerugian bagi Indonesia secara umum dan kita semua secara khusus akibat budaya mencatat yang buruk.
Mencatat dengan baik dan terorganisasi dapat membantu membuat hidup kita lebih teratur, misalnya dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran secara teratur agar pendapatan yang diperoleh dapat mencukupi kebutuhan yang ada. Catatan yang rapi dapat membantu agar program pemerintah dapat dilakukan dengan lancar dan tepat sasaran, seperti program bantuan pangan.

Berpikir Kritis

Pernahkah Anda berpikir mengapa berita bohong (hoax) dapat dengan mudah menyebar dan dipercaya oleh banyak orang? Ini karena penerima informasi tidak melakukan validasi atas informasi yang diterima. Seseorang dengan mudahnya percaya dengan sebuah informasi yang diperoleh tanpa melakukan konfirmasi terhadap kebenaran informasi dan kredibilitas sumber lalu menyebarkannya.
Berpikir kritis pun menjadi sebuah hal yang diperlukan dalam menangkal hoax. Bila kita dapat bersikap kritis dalam menanggapi informasi yang diterima secara rasional, hoaxdapat diatasi. Tentu saja, wawasan pengetahuan yang baik diperlukan agar mampu berpikir secara kritis.

Mengapresiasi Prestasi Seseorang ketimbang Tampilannya

Ada kecenderungan bahwa seseorang lebih dihargai karena ia memiliki wajah yang cantik / tampan ketimbang karena memiliki prestasi yang bagus. Contoh, berita mengenai seorang penjual makanan yang cantik akan lebih mudah viral daripada berita pelajar yang memenangi olimpiade matematika. Tidak ada yang salah dengan mengagumi kecantikan / ketampanan seseorang, namun lebih baik bila seseorang lebih diapresiasi karena kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Memilih Tayangan yang Bagus di Televisi

Banyak yang protes dengan acara televisi sekarang yang dikatakan kurang mendidik bagi masyarakat. Sebenarnya, ada cara yang mudah untuk meningkatkan kualitas tayangan televisi kita. Pilihlah tayangan televisi yang berkualitas dan memberikan manfaat, seperti mendidik, bagi kita. Ingat, stasiun televisi mengandalkan rating (dan pada akhirnya pendapatan iklan) untuk menentukan tayangan seperti apa yang akan ditampilkan ke masyarakat. Bila banyak orang yang menyukai tayangan yang mendidik dan berkualitas, dengan sendirinya stasiun televisi akan meningkatkan kualitas program untuk memenuhi keinginan pasar. Selain stasiun televisi tetap untung karena iklan mengalir, masyarakat juga mendapatkan tontonan yang berkualitas.

Menggunakan Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar

Bahasa adalah cermin dari budaya sebuah bangsa. Namun, saat ini, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar jarang sekali dapat ditemui. Bahkan dalam karya tulis yang seharusnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar seperti skripsi dan koran, masih dapat ditemui kesalahan seperti penggunaan kata yang tidak baku, pemilihan kata yang kurang tepat, dan penulisan mata uang yang kurang tepat. Malah, penggunaan kata-kata kekinian, termasuk mencampuradukkan dua bahasa (Kids Zaman Now) seperti yang sedang menjadi tren saat ini, lebih populer ketimbang bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dapat dimulai dengan mempelajari aturan baku berbahasa Indonesia lalu perlahan-lahan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mengumpulkan Uang Logam

Mungkin bagi Anda, uang logam, terutama pecahan kecil seperti Rp200, tidak terlalu berharga karena nyaris tak ada barang yang dapat dibeli dengan uang tersebut saat ini. Namun, dalam kondisi tertentu, uang logam dapat menjadi sangat dibutuhkan. Misalnya, untuk membayar parkir atau dikumpulkan dan menjadi dana tambahan yang dapat digunakan pada saat dibutuhkan.

Tepat Waktu

Seberapa seringkah Anda tepat waktu ketika membuat janji untuk bertemu dengan teman Anda? Selalu? Kadang-kadang? Tidak pernah? Mulailah membiasakan diri untuk tepat waktu. Datanglah setidaknya 5 sampai 10 menit sebelum waktu bertemu. Ini dapat melatih diri Anda untuk bersikap disiplin, menghargai waktu dan komitmen, dan dapat membantu kita mengatur jadwal aktivitas sehari-hari.

Mempelajari Bahasa Baru

Mempelajari bahasa baru dapat meningkatkan kompetensi, memudahkan Anda bila berpergian ke negara yang menggunakan bahasa tersebut, dan membuat Anda dapat lebih mudah dalam mendapatkan teman baru dari negara lain. Saran saya, belajarlah dulu bahasa yang dekat dengan bahasa Indonesia seperti bahasa Tagalog, kemudian bahasa Eropa yang agak mudah seperti bahasa Spanyol, lalu bahasa Eropa yang agak sulit seperti bahasa Prancis dan Jerman, kemudian bahasa dari Asia Timur seperti bahasa Mandarin dan Jepang.


Demikian thread dari saya kali ini. Terima kasih telah membaca thread ini dan semoga hari Anda menyenangkan.


Referensi I
Referensi II
Referensi III



Diubah oleh gilbertagung 20-09-2018 02:57
0
10.6K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan