idhesevenAvatar border
TS
idheseven
Ketemu Harimau? Keep Calm dan Lakukan Tips Handal Ini


Alam dan seisinya merupakan anugerah dari Allah SWT yang harus kita jaga, kita syukuri, dan kita lestarikan. Alam dan seisinya adalah hal yang sudah pasti kita terima. Kenapa demikian? Kita sendiri tinggal di alam ini. Dunia sebagai tempat tinggal kita. Tempa kita menjalankan aktifitas.

Bumi, adalah tempat bergantung semua makhluk hidup yang ada didalamnya. Bukan hanya manusia, tumbuhan dan hewan pun juga hidup dan bergantung di bumi ini. Oleh karenanya, harus kita sadari akan hal itu bahwa kita tidak hidup sendirian di bumi ini. Bumi ini juga bukan hanya milik kita.

Tetapi bumi adalah milik Tuhan Yang Maha Pencipta

Demikian juga kita harus menghargai apa yang bersama kita hidup dan bergantung bersama juga di bumi ini. Sebagai salah satu cara untuk bersyukur dan beriman kepada Allah SWT. Hilangkan sikap individualis dan egois bahwa yang tinggal dan hidup dibumi bukan saja seorang yang bebas melakukan apa saja.



Baru baru ini kita tidak dikejutkan oleh berita duka. Seorang penjaga kebun kelapa sawit yang sedang melakukan pengecekan di kebun kelapa sawit di suatu daerah yang tidak bisa ane sebutkan, meninggal dunia setelah diterkam oleh harimau, sang penjaga hutan tersebut. Peristiwa nahas itu menjadi suatu peringatan kepada kita semua yang masih hidup.

Harimau, adalah hewan yang tergolong dalam genus panthera. Satu genus dengan sahabatnya yakni macan kumbang, macan tutul, jaguar, singa. Harimau ini tergolong hewan karnivora, alias pemakan daging. Daging apa saja yang ia makan? Daging hewan yang besar ukurannya tak melebihi ukurannya seperti rusa, kijang, babi, atau kancil.

Namun, hewan karnivora tersebut bisa saja memangsa hewan kecil lain apabila mangsa yang agak besar tersebut sudah hilang tak bisa ia temukan lagi padahal ia dalam kondisi lapar. Waktu lapar nih, hewan ini berpatroli di sekitar untuk mencari mangsanya, kalau mangsanya tiada dan adanya cuma manusia, apa bole buat.



Indonesia juga memiliki fauna yang udah mulai langka ini deh gan. Terancam punah pula oleh kita yang tidak mau melestarikannya. Data dari Wild Tiger Conservation bahwa harimau jawa dan harimau bali udah punah deh. Gatau kenapa tetapi manusia menjadi salah satu faktor penyebabnya serta atas kehendak Allah SWT.

Thread starter memiliki kesempatan berjumpa dengan salah satu penjaga satwa di salah satu kebun binatang di daerah Pulau Jawa. Tidak bisa ts sebutkan nama dan tempat dimana ia bekerja. Dan berikut ada tips bila bertemu harimau secara tidak sengaja. Harimau yang ditemui bisa saja galak (tak jinak/ liar).

Berikut tips nya :



Hewan yang satu ini biasanya keluar dari habitatnya karena habitatnya yang sudah rusak dan memungkinkan sudah tak ada mangsa alaminya. Bila manusia memasuki wilayah dimana harimau berada seperti hutan harus memiliki peralatan dan persenjataan bela diri yang ampuh untuk mengantisipasi serangan harimau ini. Bawa saja pistol, tombak, panah, atau tongkat yang panjang, misalnya.

Nah harimau ini bak memangsa hewan sangatlah agresif. Biasanya harimau ini juga memangsa hewan dari belakang. Makanya kita harus waspada dan penuh kesadaran tinggi nih kalau memasuki wilayahnya. Kalau udah ketemu sama tuh harimau, kalau masih agak jauhan bisa sembunyi lalu menghindar dan menjauh dari tatapan matanya.



Tapi, kalau udah ada didepan mata. Apa boleh buat. Manusia bisa tetap tenang dan jangan panik lari untuk menyelamatkan diri. Akan tetapi yang harus dilakukan itu tenang, lalu mundur perlahan-lahan. Kalau harimau udah hilang dari pandangan mata, baru bisa berbalik arah untuk berlari sejauh dan secepatnya. Jangan sampai ketahuan dah sama harimaunya.

Oh ya, harimau ini penyuka daging. Jangan sampai bertemu dengan harimau yang liar sedang dalam tubuh kita itu terdapat luka yang lukanya itu bisa tercium oleh harimau.



Tips selanjutnya, menjadikan tubuh kita seperti kuat, berdaya, besar di penglihatan harimau. Jangan jongkok kalau ketemu harimau. Kalau lari dihadapan harimau membuatnya bisa menyerang. Seperti kasus baru baru ini kan. Pokoknya kita membuat besar tubuh kita di penglihatan harimaunya dan membuat tubuh kita serasa kuat dan sangat berdaya besar.

Selanjutnya, bawalah pistol, tongkat panjang, tombak bila memasuki wilayahnya. Pistol, tongkat panjang, tombak juga bisa menjadi alat perlindungan diri bila sewaktu waktu harimau tersebut menyerang. Pake pistol tembakan aja keatas ntar pada lari. Biasanya harimau ini takut dengan suara yang bising dan yang ia rasa bisa mengancam dirinya.



Kalau tidak ada pistol. Ya buatlah suara sekeras mungkin, jangan menyanyi apalagi konser. Teriaklah sekeras mungkin untuk menakut-nakuti harimau. Yakinlah dan buatlah diri manusia menjadi lebih besar dan lebih berdaya daripada harimau itu sendiri.

Lakukan segala cara untuk bertahan hidup. Harimau menyerang mangsanya kalau untuk makan itu ngga akan berhenti. Soalnya kan tujuannya makan. Makanya buat tindakan untuk menakuti harimau tersebut bila terdesak lukailah harimau tersebut untuk keselamatan agan sendiri.

Kesimpulannya

  1. Jangan usik keberadaan harimau di wilayah habitatnya
  2. Jangan rusak wilayah habitatnya
  3. Jangan hilangkan mangsa alaminya
  4. Kalau melihat harimau, jangan mendekat, tetapi menjauhlah.
  5. Kalau masuk ke wilayah habitat harimau, jangan lupa bawa alat perlindungan diri
  6. Kalau sudah dekat dihadapan mata, jangan langsung lari menjauh dari harimau. Tetapi jangan panik dan secara perlahan tapi pasti, selamatkan diri agan
  7. Kalau udah mepet dan harimau tersebut mengancam nyawa, kasih dia daging. karena harimau suka makan daging. sehingga perhatannya bisa teralihkan. kek anjing yang dilempar batu. emoticon-Cool


Nah, demikianlah apa yang ts peroleh dari hasil Q & A ts bersama salah satu penjaga satwa tersebut.

Semoga kita menjadi lebih waspada dan tambah pengetahuannya


Tanggapan kaskuser yang setiap hari berjumpa sama harimau

Quote:

aellah. jangan lupa bawa jas hujan gan emoticon-Cool
Quote:

terimakasih atas masukan agan. akan saya tarik ke atas emoticon-Cool
Quote:

Allahuakbar gan emoticon-Cool
Quote:

thanks atas tambahan tips nya gan. ane tarik ke atas emoticon-Cool
Quote:


Quote:

wah ide bagus tuh gan. trik agan akan ditarik ke atas emoticon-Request

ada ada aja. semoga aman gan emoticon-Cool
Sumber : wikipedia, wikihow, wawancara (pengalaman penjaga satwa), komen kaskuser
Images are courtesy by google images. All rights goes to the owner
Diubah oleh idheseven 10-01-2018 15:32
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
27.8K
194
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan