dimasgaharuAvatar border
TS
dimasgaharu
Merasa Boros? Hilangkan dengan 6 Langkah Ini!



Hemat pangkal kaya, agan dan aganwati pasti sudah sering mendengar peribahasa itu, tapi apa agan-agan sekalian masih menerapkannya? Beranjak dewasa, memiliki penghasilan sendiri, dikelilingi dengan kehidupan serba kekinian, apa agan masih bisa menyisihkan sebagian penghasilan tiap bulannya? Uang habis di akhir bulan atau kekurangan di pertengahan bulan barangkali sudah pengalaman yang biasa, tapi sampai kapan kebiasaan tersebut akan dipertahankan? Ini saatnya untuk mengubah kebiasaan boros tersebut, gan. Sekarang juga waktu yang tepat untuk menyisihkan uang agan dan menggunakannya untuk kepentingan masa depan. Mulai saja dengan langkah kecil, tetapi pasti, gan. Misalnya, agan bisa mengikuti enam langkah berikut ini agar uang agan tidak habis sia-sia.


Pisahkan Uang Sesuai dengan Fungsinya

Tip pertama untuk agan ialah membagi uang sesuai dengan fungsinya. Dalam satu bulan, agan pasti sudah bisa memperkirakan kebutuhan yang harus dibiayai, dari uang untuk biaya transport atau makan hingga uang untuk kumpul dengan teman-teman. Nah, agan bisa mengalokasikan sejumlah uang untuk semua kebutuhan tersebut. Agan pasti sudah bisa memperkirakan jumlahnya, kan? Ini juga salah satu cara agar agan bisa mengurangi biaya yang tidak perlu. Dengan membagi uang, kesempatan agan untuk menghabiskan uang tanpa rencana bisa menjadi lebih kecil karena setiap uang sudah memiliki “posnya”.

Gunakan Autodebit

Menggunakan autodebit (automatic debit) bisa membantu agan-agan untuk menabung, nih. Alasannya, layanan autodebit membuat gaji agan terpotong tidak lama setelah agan mendapatkannya. Jadi, secara tidak langsung layanan ini memaksa agan untuk menabung. Dengan cara ini, agan pasti akan memiliki simpanan setiap bulannya. Agan mau coba?

Buka Rekening Khusus Menabung

Jika agan tidak suka autodebit, cara lain supaya uang agan bisa disimpan dan tidak habis sia-sia, ialah membuka rekening baru khusus menabung. Jika sudah membuat rekening, agan tidak perlu membuat kartu ATM untuk rekening tersebut agar simpanan uang yang ada di dalamnya terjaga. Cara ini bisa efektif karena agan tidak mencampurkan uang tabungan dengan uang keperluan sehari-hari.

Ikut Arisan

Arisan nggak cuma tentang ngumpul dengan teman lama, gan. Arisan bisa jadi cara untuk agan menabung. Yang paling seru, agan barangkali lebih peduli dengan acara berkumpulnya dibandingkan dengan jumlah uang yang harus dikeluarkan. Meski begitu, tanpa terasa uang agan bisa terkumpul dan menjadi besar. Biar bayar uang arisannya semangat, usahakan dapat bagian terakhir, ya gan. Uang arisan tersebut juga jangan semua dibelanjakan, simpan sebagian atau usaha agan untuk ikut arisan bisa sia-sia.

Ubah Kebiasaan Buruk

Ini adalah poin paling penting, gan karena tidak peduli bagaimanapun agan membuat perencanaan keuangan, semua itu tidak akan berhasil jika agan masih mempertahankan kebiasaan boros. Cobalah untuk hidup hemat dalam keseharian juga, gan, seperti mengurangi makan di luar atau batasi belanja barang-barang yang tidak diperlukan. Untuk mengubah kebiasaan dalam waktu singkat memang sulit, tapi agan harus tetap mencoba untuk menguranginya.

Berinvestasi

Ini juga salah satu cara agar uang agan-agan tidak habis sia-sia, tetapi justru bertambah. Cobalah belanjakan uang agan untuk sesuatu yang tidak hanya bernilai, tetapi juga menguntungkan. Namun, investasi juga bukan hal yang mudah, iya nggak gan? Oleh sebab itu, agan-agan harus banyak-banyak cara informasi dan bertanya pada pakarnya agar dapat memilih produk investasi yang aman. Selain itu, agan mengerti setiap prosesnya dengan baik, juga keuntungan dan kerugiannya.

Jika agan tidak mau ribet, agan bisa mencoba investasi emas batangan yang mudah untuk dijalankan. Investasi emas batangan juga cenderung menguntungkan dengan risiko yang lebih kecil. Sekarang ini, agan juga bisa beli emas batangan dalam jumlah kecil, seperti yang ada di aplikasi e-mas. Melalui aplikasi tersebut, agan bisa beli emas mulai dari Rp10.000-an. Untuk tahu jelasnya, agan bisa lihat website-nya.


Nah, di antara enam tip di atas yang mana yang sudah agan coba?


Sumber Artikel

Diubah oleh dimasgaharu 09-10-2018 07:33
0
1.2K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan