Pengaturan

si.pemikir
#KASKUStravelstory, Surga Dunia Di Selatan Yogjakarta

Halo Brayemoticon-Hai
Di pulau jawa, ada sebuah kota yang menjadi primadona orang-orang untuk singgah, menghilangkan penat dan berpetualang. Yup, Yogyakarta. Sebuah kota yang disebut sebagai "Daerah Istimewa". Istimewa kotanya, istimewa orangnya.

Sumber: Google Maps

Salah satu tempat yang paling dikenal adalah "malioboro", tempat orang-orang luar berdatangan dan menjadi singgahan pertama bagi para pendatang. Becak, andong, angkringan dan para wisatawan menjadi hal yang wajar di daerah ini. Semua terasa mengisi seluruh penjuru malioboro. Daerah yang ramah bagi pejalan kaki tanpa adanya kemacetan yang disebabkan oleh angkutan umum.

Tapi sayang, sebagian orang hanya mengenal "Malioboro" dan hanya sedikit yang mengetahui "Gunung Kidul". Dan gw rasa kurang pas kalo kita ke Jogja tapi ga mampir ke Gunung Kidul, sebuah daerah yang memaparkan beragam jenis pesona pantainya.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Bulan Maret kemarin, gw dan pacar gw baru aja mengunjungi tempat itu. Dengan gaya backpacker tentunya. Sebagai backpacker sejati, pertama yang selalu ada dalam pikiran gw adalah "hemat, hemat, hemat". Tapi salah satu hal wajib yang harus dilakukan seorang backpacker adalah menentukan "itin". Itin atau itinerary adalah rencana perjalanan yang akan kita lakukan saat backpacking nantinya.

Yup, dengan harga tiket 110ribu kita bisa berangkat menggunakan kereta api kelas ekonomi dalam waktu 8 jam. Eits, buat yang udah lama ga naik kereta, jangan beranggapan kereta ekonomi masih kotor, bau, banyak pedagang makanan dan lainnya. Kalo lo masih mikir gitu, lo salah banget bre. Bahkan saat malem, lo bisa kedinginan di kelas ekonomi.

Selfi dulu di depan monumen emoticon-Big Grin
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Tiba di Stasiun lempuyangan, kita lanjutkan perjalanan ke Malioboro dengan berjalan kaki. Alasan kita berjalan kaki karena ini masih subuh, dan hanya ada ojek dan taxi di sekitar stasiun. Jadi sekalian berhemat, kita bisa menikmati jalanan jogja dengan hawa yang sejuk.

Pukul 7.30 pagi, motor yang kita sewa sudah tiba, tanpa basa basi, dengan memberikan sim A dan kartu pelajar, perjalanan kitapun dimulai. Dengan kecepatan penuh kita menuju Gunung Kidul.

Perjalanan dari Malioboro menuju Gunung Kidul menghabiskan waktu sekitar 3 jam menggunakan motor. Saran dari gw kalo ke Gunung Kidul dan belum tau jalan, pakelah g*ogle maps. Ini bukan maksud promosi, tapi kalo lo make ini, lo bakalan terbebas dari iuran masuk pantai sebesar 15rb/ orang. Tapi jangan heran, jalan yang lo laluin berupa hutan dan kebun emoticon-Big Grin.

Nah tips dari gw, saat lo di tengah perjalanan, ketika ada tulisan "g*a pindul" ataupun ada orang yang menawarkan jangan sekali-kali lo tunjuk. Jangan! Kalo lo tunjuk, siap-siap lo bakalan diikuti oleh orang-orang agresif yang menawarkan "arah" ke goa pindul. Gw aja pernah diikutin sampe berkilo-kilo, padahal gw udah bilang "Engga pak, Engga!".

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kalo kalian pergi menggunakan go*gle map, maka ketika sampe jalan raya akan dikasih 3 pilihan pantai. Pantai Krakal, Pantai Sundak, sama satu lagi gw lupa namanya. Saran gw mampirlah di pantai krakal buat beristirahat. Ini adalah pantai yang paling tidak gw anjurkan kalo kalian berniat bermain air. Karena disini banyak karang-karangnya. Tapi kalo tujuannya untuk menikmati suasana pantai di gazibu, ini cukup rekomended. Di sini juga ada karang besar yang bisa lo naikkin buat selpi-selpi. Tapi hati-hati, anginnya kenceng banget dan cuma ada pembatas seadanya dari bambu. Tenang bre, disini cuman kena harga parkir 2 ribu perak kok emoticon-Big Grin.

Selfie dulu bre. Hasil gambarnya jelek, soalnya engga pake OPPO F5 Youth sih emoticon-Malu

Setelah cukup beristirahat, kita putuskan untuk pindah ke pantai yang lebih ramai. Yup, pantai spanjang, atau yang biasa dikenal dengan pantai indriyanti. Di kenal dengan pantai indriyanti karena ada hotel indriyanti disini. Ini adalah pantai yang paling cocok kalo ingin bermain air. Selain ombaknya yang tidak terlalu tinggi, karang-karangnya ga sebanyak pantai krakal. Kalau kalian ingin menikmati pantai dari sudut yang berbeda, gw saranin untuk naik ke tempat yang lebih tinggi. Gw ga tau ini karang, bukit atau batu. Tapi ini gede banget dan bisa lu naikkin. Cukup dengan bayar 2 ribu/ orang lo bisa eksplor tempat ini. Tapi lo ga boleh sembrono disini, karena ada kuburannya emoticon-Takut (S). Dan sekali lagi lo harus hati-hati disini, karena anginnya kenceng banget.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Menjelang malam, kalo lo mau menikmati tidur yang ga biasa, gw saranin buat nge camp di pantai pok tunggal. Ga usah takut bakalan tidur sendiri disini, karena banyak kok yang ngecamp disini. Kalo kalian ga bawa tenda, disini ada kok yang nyewain. Harganya pun cukup terjangkau, cuma 75ribu bisa muat 3 orang. Sebenernya mau ga pake tenda juga ga papa, cuman siap-siap aja masuk angin emoticon-Big Grin.

Dulu pas gw pertama kali ngecamp disini, cuma ada 2 tenda doang. Terus malemnya nambah lagi, ada yang bakar-bakaran pula. Eh pas udah pagi malah jadi sekitar 10 tenda emoticon-Big Grin. Terus ga usah takut kena air pasang, ada batas yang nunjukkin air pasangnya kok. Tapi ya gitu, namanya tidur di pantai, gelap bray emoticon-Big Grin.

Terus hari berikutnya kita lanjutin untuk snorkling. Pantai yang rekomended buat snorkling adalah pantai nglambor. Dengan budget 50 ribu lo udah bisa bersorkling ria dimari. Ga usah takut bakalan kebawa ombak, karena kita snorklingnya di air yang cukup tenang. Ga punya dokumentasi foto pas snorkling soalnya hape kita berdua udah pada kehabisan batre emoticon-Frown.

Itu aja sih yang bisa gw rekomdasiin diantara pantai-pantai lainnya. Sebenernya masih banyak lagi pantainya, mulai dari siung, baron, sundak, seruni. Cuman ya gitu, pantai-pantai itu ga ada spesial-spesialnya menurut gw. Mungkin kalo telornya dua bisa jadi spesial. Lucu ga? lucuuuu emoticon-Big Grin.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Oiya, buat yang main ke jogja, gw saranin buat nyobain g*a pindul atau k*li suci. Ini tuh macem wisata kali gitu. Kita menyusuri kali-kali yang diatasnya banyak kelelawar dan batu-batu sedimennya. Kalo mau ngerasain jalur yang panjang gw saranin g*a pindul. Tapi kalo mau ngerasain banyak goa-goanya gw saranin k*li suci. Soal harga hampir sama kok keduanya. Tapi sayangnya wisata ini ga beroperasi pas musim hujan, soalnya kalinya suka banjir katanya. Tapi seru banget menurut gw, daripada cuma main-main di malioboro.

Kalo kalian pulang dari Gunung Kidul waktu malem hari, kalian bisa melipir dulu di bukit bintang. Letaknya di perbatasan Gunung Kidul. Dari sini kalian bisa liat pemandangan kota Jogja. Udah gitu doang emoticon-Big Grin. Boong deng, disini juga ada tempat makannya kok, jadi cocok banget buat yang bawa pasangannya nikmatin bukit bintang yang dingin sambil makan atau minum yang anget-anget. Tapi hati-hati pulangnya, soalnya gelap dan sepi bre.

Sumber: Google Image

Terus soal makan dan minum, gw anjurin buat nyewa motor yang bagasinya gede macem Vari*. Karena disini harga makanan yang dijual cukup mahal, maka gw anjurin untuk mampir ke supermarket sebelum memasuki kawasan Gunung Kidul. Jadi taroh air putih yang banyak didalem motor. Jadi kalo habis tinggal ambil di bagasi. Untuk makanan, kalo lo mau berpetualang sedikit bisa lo temuin pedagang makanan pinggir jalan kok. Tapi ya gitu menunya ala kadarnya emoticon-Big Grin. Kalo ada mau makan di pantai juga ada kok, tenang aja. Tapi jangan makan di pantai yang sepi pengunjung. Karena gw pernah beli kelapa muda, yang dateng kelapa tapi isinya air putih dikasih gula doang emoticon-Hammer (S).

Overall, budget yang biasa gw keluarin buat wisata di Gunung Kidul adalah sekitar 500ribuan. Itu udah termasuk tiket kreta pulang pergi, tenda, nyewa motor, makan, minum dan losmen. Murah banget sih buat waktu 3 hari 2 malam. Ini ga termasuk oleh-oleh, karena gw ga pernah beli oleh-oleh kalo lagi backpackingan emoticon-Big Grin.