Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tribunnews.comAvatar border
TS
MOD
tribunnews.com
Gempa Jepang Dalam Waktu Dekat Bisa Capai 8,8 SR di Tepian Pantai Hokkaido


Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Komisi penyelidik gempa bumi pemerintah Jepang mengungkapkan hasil penelitiannya Selasa ini (19/12/2017) bahwa dalam waktu dekat gempa bumi besar dengan sumber (pusat) gempa berkekuatan skala 8,8 SR (skala Richter) akan menghantam parit (retakan) Chishima di tepian pantai timur Hokkaido.

"Biasanya sekitar putaran 300 tahun terjadi gempa besar di sekitar Hokkaido, namun kini sudah 400 tahun berlalu dan hasil penelitian kami melihat fosil dan tanah serta lapisannya di pesisir Hokkaido, menyimpulkan tanda bahaya dalam waktu dekat," papar anggota Komisi penyelidik tersebut Selasa ini.

Pengajar dari universitas Tokyo kepala peneliti bencana alam gempa bumi Naoshi Hirata mengungkapkan, "Hasil penelitian menunjukkan bahaya yang besar di Hokkaido dalam waktu dekat akan muncul gempa bumi skala besar dan semua pihak diharapkan menyiapkan segala sesuatu kemungkinan bencana besar gempa beserta tsunami yang besar pula," paparnya.

Menanggapi hasil penelitian yang cukup mengejutkan itu, Menteri pertanian kehutanan dan perikanan, Yoshimasa Hayashi menekankan agar semuanya bersiap diri, "Jangan menyepelekan hasil penelitian ini dan perlu persiapan yang lebih baik kita semua menghadapi bencana alam besar termasuk tsunami dalam waktu dekat," paparnya.

Bencana alam gempa dan tsunami tersebut di pesisir timur Hokkaido termasuk akan menghantam kota Kushiro, Nemuro, dan Tokachi di Hokkaido.

Ahli tsunami dari universitas Tohoku Fumihiko Imamura mengomentari agar masyarakat tak usah kaget akan pengumuman tersebut.

"Sejak gempa besar di Tohoku 6 tahun lalu, banyak sumber dan bahan telah dikumpulkan dan tidak heran dengan hasil penelitian tersebut. Jadi jangan lah kaget mendengarkan hal itu. Sebaliknya kita harus semakin berjaga diri bersiap lebih baik menghadapi kemungkinan tersebut di masa depan," paparnya.

Gempa di pesisir timur Hokkaido tersebut dengan kemungkinan sampai dengan 40% terjadi dalam kurun waktu 30 tahun mendatang. Namun diperkirakan kuat dalam waktu dekat pula, ungkap tim penyelidik tersebut.

Selain gempa di Hokkaido, garis gempa ke selatan Jepang juga dianggap berbahaya akan muncul gempa sedikitnya 7 Skala Richter mulai dari Osaka, Nara, Wakayama, Tokushima, Kagawa, Ehime dan berujung di Oita.

Oleh karena itu diharapkan masyarakat agar semakin waspada diri menghadapi kemungkinan besar datangnya gempa di sana dalam waktu dekat.


Sumber : http://www.tribunnews.com/internasio...antai-hokkaido

---

Baca Juga :

- Kompetisi Tajam Sekali di Jepang Untuk Hantam Amazon, Rakuten dan Bic Camera Bergabung

- Bogor dan Kisarazu, Kisah Persahabatan Dua Kota Di Awali

- Toyota Jepang Mulai 2025 Tidak Lagi Produksi Mobil Dengan Bahan Bakar Bensin

0
306
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan