Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bimsramaAvatar border
TS
bimsrama
8 Ragam pecel sayur yang enak dan unik Hanya di Indonesia
Siapa yang tidak kenal pecel sayur emoticon-I Love Indonesia (S) , hidangan yang memiliki bumbu kacang yang khas ini memang menambah energi dan bikin semangat makan sayur. Selama ini yang dikenal oleh kita adalah pecel Madiun, mungkin bagi beberapa orang sudah tau dengan pecel lainnya. tapi ternyata tidak hanya di Jawa timur ada juga pecel khas dari Jawa barat yang memiliki rasa dan bentuk yang unik. penasaran kan apa perbedaannya? coba simak deh berikut ini:



1.Pecel Madiun


8 Ragam pecel sayur yang enak dan unik Hanya di Indonesia

Bisa disebut jika pecel Madiun adalah pecel yang terkenal di Indonesia, karena hidangan ini cukup tersebar ke berbagai wilayah di pulau Jawa dari jenis pecel sayur lainnya. Pecel Madiun berisi berbagai aneka sayuran rebus ditambah petai china dan daun kemangi lalu di siram dengan bumbu kacang yang kental khas Madiun. Dijamin aroma yang diberikan dari daun kemangi sendiri akan memberikan cita rasa yang mantap saat di hidangkan.

2.Pecel Ponorogo

8 Ragam pecel sayur yang enak dan unik Hanya di Indonesia


Waktunya singgah ke Ponorogo, Jawa timur. Jika Jawa timur hanya terkenal dengan pecel Madiunnya, waktunya kamu mencoba pecel yang memiliki keunikan berikut ini deh. Pecel yang disajikan dengan cacahan mentimun lalu dicampur dengan kol, tauge, kacang Panjang, parutan kelapa dan bumbu trancam yang pedas-gurih bisa membuat kamu ketagihan. Dan jangan lupa saat menyantapnya tambahkan dengan hidangan yang sudah di saji yaitu tempe mendol, tempel kepleh, mendoan, wader, rempeyek hingga telur goreng.

3.Pecel Bledek

8 Ragam pecel sayur yang enak dan unik Hanya di Indonesia


Pecel bledek jika orang jawa bilang artinya pecel petir. Sangat cocok jika dibilang petir, karena dari sambal pecelnya sendiri bisa bikin ketagihan minum! Pasalnya sensasi yang diberikan dari sambal pecel benar-benar pedas.

Ingin coba menantang pecel bledek ini, coba aja untuk datang ke tempat asalnya yaitu di Nganjuk.Tertarik ingin kesana? sudah pesan tiketnya di Padiciti.

BACA JUGA:MAKANAN YANG HITS DI YOGYAKARTA JIKA KAMU BERKUNJUNG

4.Pecel Punten

8 Ragam pecel sayur yang enak dan unik Hanya di Indonesia



Waktunya untuk mencicipi pecel punten. Makanan khas dari Tulungagung ini memiliki bentuk pecel seperti ketupat persegi, tapi rasanya lebih gurih dan wangi. Hidangan yang di sajikan pecel punten cukup sederhana yakni kangkung, tauge, dan daun ketela/daun lembayung ditambah lauknya yaitu tempe dan ikan goreng lalu disiram dengan bumbu kacang. Kebayang kan untuk mencicipinya.

5.Pecel Tumpang
8 Ragam pecel sayur yang enak dan unik Hanya di Indonesia


Pecel tumpang makanan khas Kediri ini memiliki rasa yang berbeda dengan pecel lainnya, dikarenakan sambal tumpangnya sendiri terbuat dari tempe semanggit yang dimasak dengan santan, cabai dan bumbu pecel pada umumnya. Gurihnya sambal tumpang yang berpadu dengan pecel sayur membuat cita rasanya semakin mantap.


6.Pecel Kecombrang
8 Ragam pecel sayur yang enak dan unik Hanya di Indonesia


Kecombrang memiliki aroma wangi yang sangat khas dan rasa yang asam karena adanya bunga kecombrang, membuat pecel kecombrang menjadi istimewa. Namun sayangnya untuk mencicipi pecel kecombrang ini kamu harus blusukan di purwokerto, kehadiran pecel tersebut sudah langkah.

7.Pecel Ndeso
8 Ragam pecel sayur yang enak dan unik Hanya di Indonesia


Eits, meskipun namanya “ndeso”, ternyata sajian pecel ndeso khas Solo ini terhitung unik dan wajib dicoba. Dulu pecel ini sering dijual keliling desa oleh rakyat sekitar, karena itu pecel ini disebut dengan pecel ndeso. Ada yang berbeda dengan pecel ini dengan pecel pada umumnya yaitu nasi merah dan sambal wijen, Sambal wijen sendiri memakai bahan yang sama dengan sambal kacang hanya saja kacang tanah di ganti dengan wijen hitam. Sayur yang dipakai pun cukup sederhana yaitu kenikir, bunga turi, jantung, daun pepaya, dan daun tauge. Mantap deh!

8.Pecel Turi
8 Ragam pecel sayur yang enak dan unik Hanya di Indonesia

Kalau di purwokerto ada bunga kecombrang, di daerah Sleman (Yogyakarta) ada juga memakai Bunga untuk di sajikan dengan pecel, yaitu adalah Bunga turi. Tanaman berbunga ini memiliki rasa yang sedikit manis, gurih, dan agak pahit yang tentunya mempunyai kesan sendiri saat menyantapnya. Selain bunga turi ada juga daun pepaya rebus, bayam rebus dan tauge sebagai sayur pecel. Lalu disajikan bersama baceman, sate puyuh, sate kerang, gimbal udang dan rempeyek. Maknyos deh.

Hayoo kaskuser disini sukanya pecel apa nih? emoticon-Traveller kalau misalnya ada pecel khas dari tempat kalian jangan sungkan untuk comment disini emoticon-Wowcantik

sumber sumur
Polling
0 suara
Pecel sayur kesukaan agan apa nih?
Diubah oleh bimsrama 07-12-2017 05:59
nona212
tien212700
gituaja
gituaja dan 2 lainnya memberi reputasi
3
14.4K
36
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan