kanadiyelAvatar border
TS
kanadiyel
Perang Dayak Desa, Perang Sengit yang Tak Banyak Diungkit??
K A N A D I Y E L
BERCERITA TENTANG ISU-ISU SEPUTAR DAYAK, SEPUTAR BUDAYA INDONESIA DAN KALIMANTAN




Hallo ,momod,mimin,gansis,
emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus




Hari Pahlawantelah satu bulan berlalu, rasanya hingar-bingar perayaannya masih terpusat di wilayah Jawa, terutama Surabaya. Banyak pertempuran-pertempuran heroik di pelosok yang seolah luput kisahnya dalam lipatan-lipatan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Bukan karena kebenaran sejarahnya yang belum jelas, namun karena penutur dan sumber bacaan yang semakin hari semakin terbatas.
Apalagi kini, orang sedikit alergi dengan sesuatu berbau sejarah.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Kita mungkin mafhum benar dengan berdarah-darahnya peristiwa 10 November di Surabaya, Palagan Ambarawa di Jawa Tengah atau gilang gemilangnya Serangan Umum 1 Maret di Yogyakarta, namun diantara kita adakah yang mengetahui tentang peristiwa Mandor? Atau peristiwa Perang Dayak Desa melawan Jepang yang berlangsung sengit antara tahun 1944-1945?


Pertempuran melawan kekejian kolonialisme tentu tak hanya milik kaum nasionalis Jawa kala itu, segenap rakyat, dari semua lapisan agama serta suku di semesta nusantara  rasanya tak mau ketinggalan mempertahankan kehormatan dan keutuhan  kerajaan, kesultanan atau bahkan sekadar mempertahankan keutuhan desa masing-masing dari cengkraman pemerintah kolonial.

Bulan lalu saya beruntung mendapat kesempatan mengunjungi Museum Negeri Kalimantan Barat. Dari sini saya mulai mendapat wawasan baru mengenai bagaiamana Suku Dayak, etnis Tionghoa dan Melayu bahu membahu mempertahankan dan merebut Bumi Kalimantan Barat dari kekejaman pemerintahan kolonial, baik dari kekuasaan kerajaan Belanda maupun Kekasiaran Jepang. Sebuah kisah peperangan yang jarang sekali dituturkan.

Meski museum yang berdiri sejak tahun 1974 ini lebih mengangkat tema budaya suku Dayak dan Melayu, namun saya tak henti menanyakan kisah sejarah peperangan di Kalimantan Barat kepada guide sekaligus kurator yang saat saya berkunjung sabar sekali menjawab pertanyaan saya satu per satu.

Spoiler for :

emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2


Simak Sedikit Sejarah Nyata
Dibawah ini Gans


Quote:


Berawal dari Peristiwa Mandor Berdarah
Quote:


Amarah membuncah
Quote:


Mangkok Merah, pertanda buruk bagi pasukan jepang
Quote:


Pang Suma gugur, Meliau jatuh ke tangan Jepang
Quote:


Meski tak berbekal mesiu dan tak bersandang senapan canggih, kegigihan Suku Dayak kala itu dalam mempertahankan tanahnya dari kesewenangan penjajahan patut kita teladani. Kisah-kisah heroik yang langka dituturkan ini harusnya -paling tidak- bisa turut diulas dalam setiap momen Peringatan Hari Pahlawan.

Meski perjuangan-perjuangan mempertahakan dan mendapatkan kemerdekaan seolah terpusat di Jawa, namun kita sebaiknya tidak menutup mata terhadap perjuangan-perjuangan masyarakat dan pahlawan yang tak dikenal namanya


Mereka adalah sosok-sosok yang berani memperjuangkan setiap jengkal tanah nusantara dari rongrongan kolonialisme. Pahlawan-pahwalan yang jarang kita kenal namanya ini rela menumpahkan darahnya dan mencurahkan segenap kemampuannya untuk menyusun pilar demi pilar persatuan, merebut kembali kedaulatan agar kelak, bangsa ini dapat dipimpin oleh kaumnya sendiri.


emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia



Relief Depan Museum Menggambarkan Kehidupan, Budaya dan Perjuangan Rakyat Kalimantan Barat (Dok. Pribadi)





Spoiler for Refrensi:


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus

emoticon-No Sara Please

Semoga TRIT singkat ini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya ya gan..


kaskuuser yang baikemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Staremoticon-Kissemoticon-Jempolemoticon-Blue Guy Cendol (L) , jangan lemparin ane emoticon-Blue Guy Bata (L) ya agan - agan...




Diubah oleh kanadiyel 29-11-2017 04:55
Daony
milktoasthoney
catros
catros dan 2 lainnya memberi reputasi
3
51.6K
301
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan