Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zihansyahputriAvatar border
TS
zihansyahputri
Transaksi Non Tunai Bisa Sekalian Menabung Loh...
Berhubungan dengan gencarkan pemerintah mendorong penggunakan transaksi non tunai di Indonesia. Masyarakat Indonesia harus mulai terbiasa menggunakan alat pembayaran non tunai dalam setiap transaksinya. Nyatanya gaya hidup cashless memberikan manfaat yang besar dibandingkan bertransaksi dengan uang tunai. Dimana penggunakan alat pembayaran non tunaiseperti e-money, e-cash, dll tidak hanya memberikan kemudahan dalam hal bertransaksi, melainkan juga dapat mengoptimalkan kegiatan penghematan untuk ditabung.

Atas dukungan pemerintah, para penyedia alat pembayaran non tunai juga aktif terlibat untuk mendorong masyarakat mulai bertransaksi non tunai. Di mana banyak sekali promo atau diskon yang diberikan untuk nasabah mereka. Hal ini tentu saja potensial untuk menarik minat masyarakat.

Dengan begitu, anda juga bisa menyisihkan pendapatan bulanan untuk ditabung. Lalu bagaimana caranya? yuk simak langkah-langkah untuk berhemat dengan alat pembayaran non tunai berikut :

Buat Daftar Pengeluaran Rutin

Membuat daftar pengeluaran rutin adalah kewajiban. Misal pengeluaran untuk belanja kebutuhan rumah tangga, transportasi, cicilan dan tersier seperti hiburan. Hal ini bertujuan untuk mengontrol pendapatan kita selama sebulan. Dari daftar-daftar tersebut anda bisa menentukan prioritas mana yang perlu dibayar diawal bulan dengan menggunakan alat pembayaran non tunai agar uang tidak digunakan untuk hal yang kurang penting atau habis digunakan untuk urusan lain.

Pilih Alat Pembayaran Non Tunai Yang Tepat

Setelah membuat daftar pengeluan rutin bulanan, mulai daftarkan penyedia atau platform pembayaran non tunai. Pastinya anda memiliki kartu debit atau kredit, selain itu anda bisa membuat e-money (uang elektronik). Sedangkan alat pembayaran non tunai yang bisa digunakan di smartphone anda seperti Go-Jek, GrabPay, Paypal, Doku, T-cash dan lain-lain.

Manfaatkan Dengan Bijak

Sekarang saatnya anda untuk menggunakannya. Coba carilah promo atau diskon khusus atau voucher atau reward point atau cashback yang bisa dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan rutin anda. Begitu juga pada pengeluaran transportasi anda, seperti untuk memeli BBM, biaya tol atau transportasi umum, gunakanlah e-money atau aplikasi transportasi. Kegiatan ini bisa sangat membantu kegiatan menabung anda, karena pengeluaran yang seharusnya besar bisa ditekan bahkan anda tidak perlu memikirkan untuk beberapa hari/ minggu kedepan.

Namun anda juga perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Dengan teknologi yang canggih sekalipun jika kita tidak mengamankan semua akun dengan benar bisa kebobolan dan akan memberikan kerugian yang besar. Karena bukan tanpa kekurangan, alat pembayaran non tunai juga memiliki kekurangan jika anda tidak menjaga keamanannya. Terutama saat ini banyak alat pembayaran tunai yang bisa menggunakan smartphone, sehingga kita harus berhati-hati jangan sampai keamanan smartphone kita jatuh ke tangan orang lain.
0
2.4K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan