Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dimasagilAvatar border
TS
dimasagil
3 Diplomat ini bisa jadi legenda karena prestasinya, gan!
Diplomasi adalah seni dan praktik bernegosiasi oleh seseorang (disebut diplomat) yang biasanya mewakili sebuah negara atau organisasi. Nah, orang yang melakukan diplomasi ini biasanya disebut dengan diplomat. Di negara kita sendiri, ada banyak diplomat yang handal dalam berdiplomasi. Tapi, gak semuanya jadi legenda dan dikenang dengan sangat dalam.
Di bawah ini ane berusaha untuk mengumpulkan beberapa nama diplomat yang karena prestasinya jadi legenda di Indonesia, bahkan di dunia.

1. Agus Salim
Spoiler for :

Siapa sih yang ga kenal sama KH. Agus Salim? Namanya pasti udah sering kita lihat dan kita dengar waktu pelajaran Sejarah, khususnya yang membahas kemerdekaan Indonesia. Pada tau ga sih kalo Agus Salim itu adalah seorang diplomat handal? Beliau memiliki bakat debat dan ketajaman lidah yang mampu membantu pemerintah Indonesia mendapat sokongan politik luar negeri.

Agus Salim adalah orang pertama yang diangkat menjadi Menteri Luar Negeri pertama Indonesia. Contoh bukti dari ketajaman lidah Agus Salim adalah saat beliau mendapatkan tugas berupa misi diplomasi ke Mesir, tepatnya Kairo. Berkat kelihaian Agus Salim berdiplomasi dengan Mesir, Indonesia berhasil mendapat pengakuan kemerdekaan yang pertama dari negara lain, yaitu Mesir. Walaupun Belanda sempat protes terhadap pemerintah Mesir atas pengakuan tersebut, toh nyatanya Mesir lebih memilih untuk pasang badan mendukung Indonesia. Nah, sejak saat itulah hubungan Indonesia-Mesir makin harmonis berkat lobi-lobi hebat deledasi yang dipimpin Agus Salim.
Bahkan saking dikenangnya prestasinya ini, kisah diplomasi KH. Agus Salim akan dituangkan dalam sebuah karya film, yang bisa kita tonton di bioskop-bioskop di seluruh Indonesia dalam waktu dekat. Jadi, kita bisa nonton kisah perjuangan diplomasi beliau dan kawan-kawan di Mesir lewat visual film, bukan hanya membaca buku sejarah.

2. H. Bagindo Dahlan
Spoiler for :

H. Bagindo Dahlan lahir di Pasia, Pariaman. Beliau adalah seorang pejuang kemerdekaan dan diplomat Indonesia. Kiprahnya mulai mendunia setelah ditunjuk Presiden Soekarno sebagai Duta Indonesia untuk Irak dan Trans Yordania yang berkedudukan di Baghdad, pada 8 April 1950.

Beliau pernah tinggal 11 tahun di Eropa, tepatnya di Belanda untuk belajar dan memperjuangkan bangsa dan Tanah Air. Menurut penelusuran Dr. Suryadi, pengajar di Leiden University, selama di Belanda, Dahlan aktif dalam beberapa kegiatan. Baik itu akademik, sosial maupun politik. Dalam beberapa kesempatan, Dahlan pun selalu mengkritik Belanda yang menjajah Indonesia, terutama setelah tamat belajar dari Den Haag.

3. Mochtar Kusumaatmadja
Spoiler for :

Mochtar Kusumaatmadja adalah seorang akademisi dan Diplomat Indonesia. Beliau pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman dari tahun 1974 sampai 1978 dan Menteri Luar Negeri dari tahun 1978 sampai 1988.
Pria yang memulai karier diplomasi pada usia 29 tahun ini dikenal piawai dalam mencairkan suasana dalam suatu perundingan yang amat serius bahkan sering menegangkan. Dia cepat berpikir dan melontarkan kelakar untuk mencairkan suasana. Diplomat penggemar olahraga catur dan berkemampuan berpikir cepat namun lugas ini, memang suka berkelakar.
Wakil Indonesia pada Sidang PBB mengenai Hukum Laut, Jenewa dan New York, ini berperan banyak dalam konsep Wawasan Nusantara, terutama dalam menetapkan batas laut teritorial, batas darat, dan batas landas kontinen Indonesia. Alumni S1 Fakultas Hukum Universitas Indonesia (1955), ini berperan banyak dalam perundingan internasional, terutama dengan negara-negara tetangga mengenai batas darat dan batas laut teritorial itu.


Mochtar adalah legenda hidup diplomat Indonesia saat ini. Di masa kepemimpinannya, Kemenlu terkenal garang. Terutama dalam urusan-urusan yang menyangkut batas darat, batas laut teritorial, dan batas landas kontinen Indonesia.

Itu dia beberapa diplomat yang menjadi legenda di Indonesia. Kalau disini ada yang bercita-cita jadi diplomat, mungkin kalian harus mau belajar dari pengalaman beliau-beliau ini.
Kalau gitu ane akhiri dulu thread ane kali ini, kalau agan/sista punya jawaban lain, ane sangat senang hati untuk menerimanya. Wassalam.
nona212
nona212 memberi reputasi
1
2.7K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan