omdikenyotomAvatar border
TS
omdikenyotom
manfaat apa yg didapat indonesia apabila membuka hubungan diplomatik dengan israel?


Desember 1949, tak lama setelah pemerintah Belanda menandatangani penyerahan kedaulatan Indonesia, Presiden israel, Chaim Weizmann dan Perdana Menteri Ben Gurion mengirim telegram kepada Presiden Sukarno dan Menteri Luar Negeri (kemudian Wakil Presiden) Mohammad Hatta. Mereka menyampaikan ucapan selamat. Pada Januari 1950, Menteri Luar Negeri Moshe Sharett mengirim telegram ke Hatta, memberitahukan bahwa Israel telah memutuskan untuk memberikan pengakuan penuh kepada Indonesia.
Hatta menanggapi apa yang dilakukan Sharett dan Ben-Gurion dengan ucapan "terima kasih", namun tak menawarkan timbal-balik dalam hal pengakuan diplomatik.tawaran baik israel (yg ngebet mau berteman dengan negara muslim terbesar dunia:indonesia) telah bertepuk sebelah tangan,dan hubungan diplomatik indonesia-israel tetap hampa sampai secara mengejutkan presiden saat itu, gus dur menyerukan ingin membuka hubungan diplomatik dengan israel meski akhirnya tidak terwujud krn gus dur keburu lengser.

mari berandai-andai,kalau saat itu gus dur berhasil membuka hubungan diplomatik(atau mngkn presiden kita dimasa depan ada yg berani membuka hubungan diplomatik dengan israel krn saat ini 80% negara didunia telah mengakui kedaulatan israel),maka kira kira keuntungan apa yg didapat indonesia dari israel?

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:




Diubah oleh omdikenyotom 17-11-2017 16:19
0
5.3K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan