komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Candi-candi Terindah di Dunia yang Menarik untuk Kamu Sambangi
Sekitar lebih dari seperempat penduduk di dunia memeluk agama-agama yang berasal dari Timur. Agama-agama tersebut adalah Hindu, Buddha, Sikh serta Tao.

Keberadaan agama-agama ini membuat tersebarnya banyak candi yang seringkali digunakan sebagai tempat peribadatan. Nah, tentu saja menarik untuk mengetahui candi-candi apa saja yang indah di dunia dan sangat menarik untuk kamu sambangi.

Candi-candi cantik tersebar di seluruh dunia dari yang masih dipreservasi seperti Angkor Wat hingga candi yang sangat modern seperti Wat Rong Khun. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam candi-candi terindah di dunia yang menarik untuk kamu sambangi. Adapun candi-candi ini disusun secara acak.


1. Wat Rong Khun, Chiang Rai, Thailand

White Temple atau Wat Rong Khun via http://images.neverendingvoyage.com/...emple_main.jpg


Nah, ini dia salah satu candi terbaik di dunia. Candi ini terdapat di Kota Chiang Rai, Thailand. White Temple atau Wat Rong Khun namanya. White Temple ini juga merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan serta merupakan tempat favorit penduduk Chiang Rai sendiri.

White Temple adalah salah satu candi Buddha yang tergolong tidak konvensional dan memiliki nilai seni yang tinggi. White Temple dimiliki oleh seseorang yang bernama Chalermchai Kositpipat. Beliau ini juga merupakan orang yang mendesain serta mengonstruksi candi ini.

White Temple dibuka dan diresmikan untuk kunjungan umum pada tahun 1997. Wat Rong Khun buka setiap hari selama sepanjang tahun dan tidak ada biaya yang dikenakan jika kamu ingin memasuki tempat ini alias gratis.

Pada akhir abad ke 20, Wat Rong Khun yang asli berada dalam kondisi yang memprihatinkan. Untuk itu, Chalermchai Kositpipat, seorang seniman asli Chiang Rai berniat untuk memperbaiki dan merekonstruksi bangunan White Temple.

Beliau berencana untuk membuka White Temple sebagai pusat untuk mempelajari agama Buddha serta sebagai area meditasi. Meskipun biaya masuk ke tempat ini tergolong gratis, namun kamu juga diperbolehkan jika ingin menyumbangkan dana sukarela.


2. Candi Prambanan, Indonesia

Candi Prambanan, Indonesia via https://justkardoman.files.wordpress...-prambanan.jpg



Inilah dia salah satu candi terbaik yang terdapat di Indonesia. Candi ini terletak di dekat pusat kota Jogjakarta, Indonesia. Untuk mencapai Candi Prambanan, jika kamu datang dari Bandara Adisutjipto, kamu dapat menaiki TransJogja dengan biaya sekitar Rp 3.000,00.

Candi Prambanan memiliki nama lain Candi Loro Jonggrang. Candi ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi.

Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Candi ini dibangun pada masa dua raja yaitu Rakai Pikatan dan Rakai Balitung.

Candi ini memiliki tinggi yang mencapai hingga 47 meter, sekitar 5 meter lebih tinggi daripada Candi Borobudur. Candi ini terletak sekitar 17 meter dari pusat kota Jogjakarta dan saat ini dibangun taman pula yang bertujuan untuk menambah keindahan kawasan kompleks candi.

Candi ini dibuka setiap hari dari pukul 07.30 hingga pukul 15.00 WIB. Nah, biaya masuk yang harus kamu keluarkan jika kamu ingin memasuki kawasan candi yang cantik ini adalah sekitar Rp 30.000,00.


3. Pagoda Shwesandaw, Myanmar

Pagoda Schwesandaw, Myanmar via https://upload.wikimedia.org/wikiped...oda,_Bagan.jpg

Inilah dia salah satu candi cantik yang terdapat di Myanmar. Candi ini sangat cantik terutama jika kamu ingin menjadikannya sebagai destinasi wisata untuk melihat sunrise. Pagoda Shwesandaw adalah sebuah pagoda yang didirikan oleh Raja Anawrahta pada tahun 1057.

Pada beberapa bagian di pagoda ini terdapat gambar patung Buddha yang sedang berada dalam pose Jhana mudra (dalam konsentrasi pikiran yang tinggi). Selain itu juga terdapat beberapa bunga Lotus di pagoda ini.

Pagoda Shwesandaw terdiri dari lima tingkat. Pada bagian puncaknya, terdapat stupa berbentuk lonceng. Sementara keempat bagian lainnya merupakan tangga yang akan menuntunmu untuk mencapai puncak pagoda ini.

Mengejar pagoda Shwesandaw pada waktu sunrise adalah salah satu kegiatan yang wajib kamu coba ketika kamu mengunjungi Kota Bagan. Banyak wisatawan merasa tertarik dan ingin sekali mencoba pengalaman yang menyenangkan ini.

Kenapa pagoda Shwesandaw begitu terkenal? Karena pagoda ini merupakan pagoda tertinggi di Kota Bagan. Perjalanan menuju Shwesandaw dari pusat kota Bagan dapat ditempuh selama sekitar 30 menit.

Kamu dapat menaiki kereta kuda dengan tariff sekitar 5.000 MMK. Selanjutnya, kamu tinggal menunggu sunrise yang cantik di Pagoda Shwesandaw. Pastikan kamu telah sampai di destinasi ini sebelum pukul 05.30 untuk mendapatkan view yang mengagumkan.


4. Candi Borobudur, Indonesia

Candi Borobudur via http://cdn.indonesia.travel/media/im...d/poi/bor1.jpg

Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang menawan. Candi ini dibangun pada tahun 800an masehi oleh bangsa Buddha Mahayana. Borobudur adalah sebuah candi terbesar di dunia dan juga merupakan salah satu monument Buddha terbesar di dunia.

Pada aslinya, terdapat sekitar 504 arca Buddha di sekitar kawasan Candi Borobudur ini. Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

Candi Borobudur sendiri telah masuk menjadi salah satu situs warisan dunia menurut UNESCO sejak tahun 1982. Borobudur sendiri telah dijadikan sebagai tempat ziarah keagamaan, terutama pada waktu hari Waisak.

Biaya tiket masuk yang harus kamu keluarkan jika kamu ingin memasuki Candi Borobudur adalah sekitar Rp 30.000,00. Candi Borobudur ini dibuka pada tahun 06.00 hingga 17.00.


5. Temple of Heaven, Cina

Temple of Heaven via http://www.chinaspringtour.com/guide...1dhejih0y5.jpg

Inilah dia candi cantik lainnya yang menarik untuk kamu kunjungi. Candi ini merupakan salah satu candi terbaik di dunia yang terletak di Beijing, Cina. Ya, destinasi wisata ini adalah Temple of Heaven.

Ketika kamu berada di tempat ini, kamu akan merasa seolah-olah kembali lagi ke abad 15. Ya, arsitektur bangunan ini memang dipreservasi sehingga dapat membuat kita yang melihatnya mampu merasa kembali lagi ke abad 15.

Tempat ini berdiri di atas lahan yang memiliki luas mencapai 2.700.000 meter persegi. Bahkan kompleks tempat ini pun lebih luas daripada Forbidden City.

Filosofi yang coba ingin dikembangkan dari bangunan ini adalah bahwa surga itu berada di tempat yang sangat tinggi sementara bumi itu rendah.

Pagoda ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu dinding pada bagian dalam dan dinding pada bagian luar. Bangunan utama pagoda ini bermula dari bagian selatan dan berakhir di bagian utara. Ya, untuk melengkapi perjalananmu selama kamu berada di Beijing, jangan lupa untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.


6. Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat via http://traveldeals.com.my/marketplac...angkor-wat.jpg

Angkor Wat adalah salah satu objek wisata yang wajib kamu kunjungi ketika mengunjungi Siem Reap. Untuk itu, tidak berlebihan jika menjadikan Angkor Wat sebagai tempat pertama yang harus kamu kunjungi.

Angkor Wat dulunya adalah sebuah candi Hindu, namun sekarang berubah menjadi candi Buddha. Angkor Wat pernah masuk dalam UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia yang harus dilindungi.

Candi Angkor Wat dibangun sekitar abad ke-12 oleh Raja Khmer Suryawarman II dan merupakan candi yang dipersembahkan untuk Dewa Wisnu. Masyarakat Kamboja sangat menghormati candi ini hingga memasukan simbolnya ke dalam bendera nasional Kamboja.

Untuk mencapai Candi Angkor Wat dari Old Market, kamu dapat menaiki taksi selama sekitar 7 menit. Biaya yang kamu keluarkan untuk perjalanan ini adalah sekitar 7.000 KHR hingga 8.500 KHR.

Untuk merasakan pengalaman baru yang mengasyikkan, kamu dapat mencoba untuk melihat sunrise di Angkor Wat. Kamu dapat menggunakan taksi sebelum subuh tiba dan berada di sana tepat pada waktu matahari terbit. Kamu akan menyaksikan pemandangan sunrise yang keren di Angkor Wat.

Biaya yang kamu keluarkan untuk mengelilingi Angkor Wat dalam satu hari (daily pass) adalah 82.000 KHR. Namun, jika kamu ingin menjelajahi Angkor Wat selama sekitar 2 hingga 3 hari, kamu dapat menggunakan 2-3 day pass dengan biaya sekitar 164.000 KHR.


7. Dhammayangyi Temple, Myanmar

Mengunjungi Dhammayangyi Temple via http://photos.wikimapia.org/p/00/03/...12/30_full.jpg

Inilah dia candi menarik dan menakjubkan selanjutnya yang dapat kamu kunjungi. Candi ini adalah candi terbesar yang terdapat di Kota Bagan. Kamu akan dapat menemukan pemandangan yang menakjubkan di sini.

Candi ini dibangun pada zaman Raja Narathu (1167-1170). Candi ini juga merupakan candi terluas yang terdapat di Bagan. Candi ini selesai dibangun dalam jangka waktu selama tiga tahun. Jika kamu perhatikan, bentuk candi ini terlihat seperti pyramid di Mesir.

Pada bagian dasar dari candi ini mirip seperti Candi Ananda yang dibangun oleh kakek Raja Narathu. Sementara pada bagian timurnya terdapat gambar Buddha yang cukup besar.


8. Wat Chai Wattanaram, Thailand

Wat Chai Wattanaram via http://www.dsphotographic.com/g2/169...aram+-+010.jpg

Candi selanjutnya yang dapat kamu masukkan dalam daftar perjalanan mengelilingi candi-candi terbaik di dunia adalah Wat Chai Wattanaram. Wat Chai Wattanaram ini masih berlokasi di Ayutthaya Historical Park juga sehingga kamu tidak perlu kesulitan untuk mencapai tempat ini.

Ayutthaya Historical Park adalah sebuah kompleks yang menampilkan sisa-sisa reruntuhan Ayutthaya di zaman yang lalu.

Saat ini, Ayutthaya Historical Park telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Pada tahun 1969, Departemen Seni Thailand sudah mulai berencana untuk memperbaiki dan merenovasi kompleks Ayutthaya Historical Park ini.

Renovasi dan rekonstruksi terhadap Ayutthaya Historical Park ini menjadi semakin serius pada tahun 1976, yaitu semenjak tempat ini resmi dijadikan sebagai taman bersejarah. Sementara itu, UNESCO mendeklarasikan tempat ini sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991.

Ayutthaya Historical Park dibuka pada hari Selasa hingga Jumat pada pukul 09.00 hingga 16.30. Sementara pada akhir pekan dan hari libur nasional, tempat ini dibuka dari pukul 09.00 hingga 17.00. Biaya masuk yang harus kamu keluarkan jika kamu ingin memasuki Ayutthaya Historical Park adalah sekitar 50 hingga 60 baht.

Wat Chai Wattanaram merupakan salah satu candi Buddha yang terletak di Ayutthaya Historical Park. Wat Chai Wattanaram merupakan salah satu candi penting yang terdapat di Ayutthaya dan juga merupakan salah satu candi yang populer di Ayutthaya.

What Chai Wattanaram dibangun oleh Raja Prasat Thong. Candi ini dibangun sebagai tanda penghormatan untuk ibu beliau. Selain itu, candi ini juga dibangun untuk memperingati kemenangannya atas bangsa Khmer sehingga beberapa bagian di candi ini masih terinspirasi dari arsitektur khas Khmer.

Bagian utama dari candi ini merupakan simbol dari Gunung Meru atau Semeru dan dikelilingi oleh empat simbol dari benua tempat manusia tinggal (menurut sudut pandang Buddha). Untuk melengkapi perjalananmu di Ayutthaya, jangan lupa untuk mengunjungi candi yang satu ini.


9. Haedong Yonggungsa Temple, Korea Selatan

Haedong Yonggungsa Temple via http://upload.wikimedia.org/wikipedi...outh_Korea.jpg

Inilah dia tempat cantik selanjutnya yang dapat kamu kunjungi. Ya, tempat ini merupakan Haedong Yonggungsa Temple. Dari dekat kuil ini, kamu dapat menyaksikan pula ombak dan lautan yang menambah keindahan pemandangannya.

Ketika banyak kuil di Korea Selatan berada di sekitar gunung, maka Haedong Yonggungsa Temple ini justru terletak di daerah pantai. Haedong Yonggungsa Temple dibangun oleh seorang biksu besar di Korea Selatan pada sekitar tahun 1376. Pada saat itu bertepatan dengan Dinasti Goryeo. Kuil ini beralamat di 416-3, Sirang-ri, Gijang-eup, Gijang-gun.

Pada sekitar tahun 1970, terjadi rekonstruksi ulang guna memperbaiki banyak struktur di sekitar kuil ini. Namun demikian, rekonstruksi itu tetap disesuaikan dengan kondisi sebenarnya dari kuil tersebut. Bagi para pecinta fotografi, jangan lupa untuk menyempatkan waktumu untuk berkunjung ke kuil indah ini.

Haedong Yonggungsa Temple ini memang terlihat berbeda daripada banyak kuil lainnya. Sebab, sambil menikmati keindahan kuil ini, kamu juga dapat mendengarkan indahnya suara deburan ombak dari lautan yang terletak persis di depan Haedong Yonggungsa Temple ini.


10. Schwezigon Pagoda, Myanmar

Shwezigon Pagoda via http://www.asiaexplorers.com/coverph.../shwezigon.jpg

Inilah dia candi menarik dan mengagumkan selanjutnya yag dapat kamu kunjungi. Ya, tempat ini merupakan Shwezigon Pagoda. Pagoda ini dibangun oleh Raja Anawrahta pada tahun 1090.

Beberapa sumber menyatakan bahwa Raja Anawrahta tidak menyelesaikan pembangunan pagoda ini. Pembangunan pagoda ini kemudian diselesaikan oleh Raja Kyanzittha.

Pagoda ini terletak di antara Desa Wetkyi-in dan Nyaung U. Pagoda ini dibangun untuk melengkapi replika empat gigi Buddha yang terdapat di Kandy (Srilanka), Pagoda Lawkananda dan Tan Kyi Taung Pagoda.


11. Gakwonsa Temple, Korea Selatan

Gakwonsa Temple via http://media-cdn.tripadvisor.com/med...nsa-temple.jpg

Inilah dia candi cantik selanjutnya yang terdapat di Korea Selatan. Candi Gakwonsa adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Gunung Taejosan.

Pada bagian pekarangan kuil, terdapat sebuah patung Buddha perunggu yang sedang duduk. Patung Buddha ini berukuran sangat besar dengan dimensi tinggi 15 meter, diameter 30 meter serta berat lebih dari 60 ton.

Di belakang patung Buddha, kamu dapat langsung menyaksikan pemandangan puncak Gunung Taejosan. Para turis dapat menaiki tangga yang cukup curam jika ingin mencapai puncak Gunung Taejosan. Namun tenang saja, karena tentu kamu tetap dapat mendapatkan view yang indah walaupun kamu berada di dasarnya.

Candi Gakwonsa dibangun pada tahun 1977 untuk mendoakan persatuan antara Korea Utara dan Korea Selatan. Candi ini masih menjadi salah satu candi tercantik di Korea Selatan hingga saat ini.

Untuk mencapai Candi Gakwonsa kamu dapat menaiki bus bernomor 24 dan turun di pemberhentian terakhir. Kamu dapat menaiki bus bernomor 24 tersebut dari mulai terminal bus di pusat kota atau stasiun subway di pusat kota.



Nah, itulah dia pembahasan mengenai candi terbaik di dunia yang menanti untuk kamu simbangi. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk melihat banyak candi terbaik di dunia.

Happy traveling!


SUMBER
0
4K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan