Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Visa Australia, Harus Kamu Ketahui Sebelum Memutuskan untuk Memasuki Australia
“Australia is a nation of compassion. Courage and compassion. And the third of these great values: resilience.” (Kevin Rudd)

Sebelum memasuki Australia, ada sebuah ‘tiket ajaib’ yang harus kamu urus dahulu. Ya, ‘tiket ajaib’ tersebut adalah visa Australia. Nah, sebelum memasuki Australia, kamu sebaiknya mengetahui tentang seluk-beluk dari visa Australia.

Visa Australia adalah dokumen yang harus kamu urus terlebih dahulu sebelum memasuki wilayah Australia. Visa ini penting untuk kamu urus sebelum memasuki Australia karena warga negara Indonesia membutuhkan pengurusan visa terlebih dahulu sebelum memasuki Australia.

Nah, visa Australia ini dapat kamu urus di Australia Visa Application Center (lantai dua mall Kuningan City). Secara lebih jelasnya, alamat Australia Visa Application Center adalah di Mall Kuningan City no. L2-19 di Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. C18 Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940.

Apakah kamu penasaran dan ingin segera mengetahui seluk beluk mengenai visa Australia? Pada pembahasan kali ini, kita akan membahasnya dalam visa Australia, tiket ajaib yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk memasuki Australia.


Dokumen yang Harus Kamu Siapkan

Mempersiapkan Paspor

Mempersiapkan dokumen yang diperlukan adalah hal yang paling essensial yang harus kamu kerjakan sebelum mengurus visa. Untuk mengurus visa Australia, maka dokumen yang kamu perlukan adalah formulir aplikasi (untuk turis adalah form 48R dan tersedia dalam bahasa Inggris serta Indonesia).

Selanjutnya, kamu dapat mempersiapkan paspor yang masih valid serta paspor sebelumnya jika ada. Nah, usahakan paspormu masih berlaku selama minimal sekitar 6 bulan serta masih terdapat halaman kosong di paspormu.

Selain itu, sediakan pula pas foto dengan ukuran 4 x 6 dengan background putih. Nah, usahakanlah telingamu terlihat di pas foto tersebut. Kamu juga akan diminta untuk mempersiapkan fotokopi kartu keluarga serta KTP untuk melengkapi aplikasi pengurusan visamu.

Selain itu, kamu harus mengumpulkan bank statement berupa print out rekening tabungan dalam tiga bulan terakhir. Untuk menambah lengkap aplikasi pengurusan visa Australia-mu, kamu juga dapat mengusahakan untuk mendapatkan surat referensi dari kantor.

Nah, kamu juga dapat mencantumkan tiket reservasi pesawat pulang pergi dari dan menuju Australia. Tentunya, tiket reservasi pesawat ini masih dalam berupa booking. Setelah kamu mendapatkan visa Australia, baru kamu dapat mulai melakukan issued terhadap tiket pesawatmu.


Dokumen Tambahan yang Harus Disiapkan
Ketika sedang mengurus aplikasi pengurusan visa Australia, kamu memiliki alternative untuk menyertakan pula dokumen tambahan yang sebaiknya kamu siapkan untuk mendukung aplikasi pengurusan visa Australia-mu.

Selain itu, kamu juga dapat melampirkan surat undangan yang berasal dari saudara atau teman yang berada di Australia. Surat ini akan memperkuat kunjunganmu ke Australia sehingga dapat mendukung aplikasi visa Australia-mu.

Kamu juga dapat melampirkan formulir aplikasi pengurusan visa yang sudah terisi lengkap. Kamu dapat mengetik atau menulis tangan formulir aplikasi pengurusan visa ini, namun pastikan formulir ini rapi dan tidak terdapat coretan.

Kamu juga sebaiknya melampirkan fotokopi Kartu Keluarga yang kamu miliki. Nah, untuk masalah asuransi, asuransi perjalanan yang paling populer digunakan oleh orang-orang yang mengurus aplikasi visa Australia adalah AXA Smart Traveler.

AXA Smart Traveler ini merupakan platinum cover dengan pertanggungan mencapai sekitar 100 ribu USD dengan premi 18 USD untuk dua orang selama satu hingga empat hari.


Biaya Pengurusan Visa dan Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Mengurus Visa

Membayar Visa

Biaya yang kamu harus keluarkan untuk mengurus visa Australia adalah sekitar 130 AUD. Untuk mendapatkan visa Australia, kamu dapat menunggu selama sekitar lima hingga lima belas hari kerja.

Pemberitahuan untuk pengambilan visa Australia memiliki jeda sekitar seminggu dengan hitungan lima hari kerja sejak waktu memasukkan aplikasi pertama kali. Nah, waktu terbaik untuk mengurus visa Australia adalah secepat mungkin, sekitar 1-2 bulan sebelum kamu terbang menuju Australia.

Lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurus visa Australia sendiri tergantung dengan jenis visa yang kamu urus. Jenis visa ini ditentukan oleh tujuan kedatanganmu menuju Australia.

Jika kamu berminat untuk melakukan kegiatan wisata, maka waktu pengurusan visa yang kamu butuhkan hingga mendapatkan visa adalah sekitar 15 hari kerja. Lain halnya jika kamu ingin datang ke Australia dengan tujuan bisnis.

Untuk tujuan bisnis, lama waktu yang kamu butuhkan hingga visa Australia-mu dapat selesai adalah sekitar 5 hari kerja. Sementara itu, jika kamu berminat untuk tinggal singkat di Australia, maka waktu yang kamu butuhkan untuk pengurusan visa hingga selesai adalah sekitar 1 bulan.

Bagi kamu yang ingin belajar di Australia, lama proses pengurusan visa Australia hingga selesai adalah sekitar 21 hari. Nah, jika kamu ingin berobat, maka lama waktu pengurusan visa yang kamu butuhkan hingga mendapatkan visa Australia adalah sekitar 90 hari.

Sementara jika kamu ingin transit di Australia, maka lama waktu yang kamu butuhkan dari mulai proses pengurusan visa hingga akhirnya selesai mendapatkan visa adalah sekitar 5 hari. Tentunya, lama waktu proses pengurusan visa ini disesuaikan dengan tujuan kedatanganmu di Australia.


Informasi Tambahan Mengenai Pengurusan Visa Australia
Selain mengurus sendiri, visa Australia juga dapat diwakilkan oleh agen wisata. Hal ini tentunya dapat kamu sesuaikan dengan keadaan serta kebutuhanmu. Pilihlah alternative pengurusan visa yang paling nyaman untukmu.

Jika kamu berada di luar Jakarta dan merasa cukup sulit jika harus mengurus langsung ke Jakarta, kamu dapat memilih untuk diwakilkan. Tetapi, jika kondisimu masih memungkinkan untuk mengurus sendiri visa Australia-mu, maka kamu dapat memilih untuk mengurus sendiri visa Australia-mu.

Nah, biasanya visa Australia ini juga dapat selesai sekitar 10 hari kerja sehingga tidak memakan waktu yang cukup lama. Nah, jika kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pengurusan visa Australia, kamu dapat mengunjungi website www.vfs-au-id.com.



Itulah dia pembahasan mengenai visa Australia, tiket ajaib yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk memasuki Australia. Bagaimana? Ternyata tidak begitu sulit bukan untuk mengurus visa Australia yang satu ini.

Semoga panduan ini dapat membantumu dalam mengurus visa Australia sehingga kamu berhasil mendapatkan ‘tiket ajaib’ sebelum mengunjungi Australia. Happy traveling!


SUMBER

0
15.9K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan