brian.ariestaAvatar border
TS
brian.ariesta
Modus Licik Seller Tokopedia
Haloha semua nya.. Maaf kalau saya salah room.
Kali ini saya cuma ingin mewanti-wanti para kaskuser agar tidak terjebak di modus licik Seller.

Awalnya, saya ingin membelikan anak saya custom Boboiboy (salah satu anime kesukaan anak saya) di Tokopedia.
Search-search akhirnya dapat salah satu toko. Langsung saya pilih. Namun, sayangnya barang di toko tersebut habis. Alhamdulillah uang yang saya bayarkan langsung balik ke TokoCash gw, walaupun saya rugi 2500 untuk pembayaran di Indomaret.

Karena saya sudah terlanjur janji dengan anak saya, pada hari itu juga saya langsung memilih lagi di tokopedia. Ketika dapat pilihan, langsung saya bayar menggunakan tokocash dan sisanya melalui indomaret + biaya admin 2500.

Mungkin karena custom incaran saya merupakan produk laris, si seller mengirim pesan ke saya untuk menawarkan alternatif lain. namun saya tolak karena saya cuma butuh yang anak saya sukai.

Belajar dari pengalaman pertama dan kedua, akhirnya sebelum membeli, saya tanya2 di kolom diskusi. Salah satu seller Arka_Colection (seperti yg ada di screenshot yg saya lampirkan), menjawab ada. Sangat banyak seller yg saya tanyakan, namun banyak yg tidak memilikinya. Bagaikan malaikat, si Seller Arka_Colection ini mengatakan READY SILAHKAN DIORDER.
Namun, ketika saya order, ybs mengirim WA ke saya kalau barang tidak ada. Saya complain karena di kolom diskusi dia bilang ada.
Akhirnya karena saya mau mencari di Seller lain, saya minta cancel atau dibatalkan.
Dengan jahatnya si Seller menahan dana yang saya butuhkan dan dengan angkuhnya si seller bilang, "biar sistem yang batalin".

Kenapa saya bilang modus licik??
1. Si Seller bilang "Ready/Ada/dll" agar kita memesan dengan dia dan tidak pergi ke Toko Lain. Namun, ketika barangnya tidak ada, si Seller akan berusaha menawarkan barang lain ke kita. Berusaha agar uang kita tetap lari ke Seller. Dan ketika kita minta batal, si Seller akan membiarkan batal secara sistem yang DENGAN SENGAJA MENAHAN DANA KITA.
Apa ini fair?? Penipuan terselubungkah??

2. Si seller tidak berusaha untuk menawarkan barang lain ke saya karena, di kolom keterangan saya tulis, jika tidak ada, maka batalkan. Saya tulis ini dikarenakan pada pembelian kedua, sellernya cukup lama membatalkan dan menawarkan opsi barang lain. dan Si Seller ARKA_COLECTION ini, dengan SENGAJA TIDAK MEMBATALKAN PESANAN HANYA UNTUK MENAHAN DANA SAYA.

Akhir kata, buat para kaskuser sekalian yang mau belanja online, sangat penting memilih para Seller yang benar2 memiliki barangnya. Bukan seller yg asal bilang ready dan menawarkan barang lain yg bukan incaran calon pembeli.
Buat tokopedia, semoga ada kebijakan terhadap Seller-seller yang telat mengupdate kondisi stok barangnya. Jangan jadi suatu modus untuk menggaet calon pembeli dan merugikan calon pembeli.

Untuk diketahui, barang yang saya incar adalah Custom Boboiboy api Lengan Pendek Size 16.
Dengan Seller Arka_Colection, ini adalah pembelian ke tiga saya dan gagal. Yang lebih menyakitkan, si Seller dengan sengaja menahan dana saya. 2 seller sebelumnya, alhamdulillah tidak ada masalah.

Bukti-bukti

Diubah oleh brian.ariesta 23-10-2017 11:28
0
7.4K
24
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan