solihinzailanjAvatar border
TS
solihinzailanj
Surga Yang Tersembunyi DIderetan Pegunungan Bukit Barisan
Pegunungan bukit barisan merupakan jajaran pegunungan yang terbentang dari aceh sampai ujung lampung dipulau sumatera. Pegunungan bukit barisan sendiri memiliki panjang kurang lebih 1650 km dengan puncak tertinggi Gunung Kerinci (3.805 mdpl).Dengan adanya pegunungan bukit barisan, maka banyak sekali pesona alam sumatera tercipta secara alami dengan penuh keindahan.
Kota Pagaralam adalah salah satu tempat berdirinya sebuah bangunan tuhan berupa gunung dempo (3.159 mdpl), yang merupakan puncak tertinggi ke tiga di Sumatera. Pagaralam sendiri, kota kecil hasil pemakaran dari kabupaten Lahat, Sumatera Selatan dengan luas wilayah 633,66 km2 atas dasar Undang – Undang Nomor 8 Tahun 2001 (Lembaran Negara RI Tahun 2001 Nomor 88, Tambahan Lembaran RI Nomor 4115). Kata Pagaralam sendiri diambil dari dua kata yaitu Pagar dan Alam. Maka dapat dipastikan Kota ini dikelilingi oleh alam bukit barisan. Kota Pagaralam sendiri sering disebut sebagai Kota Serpihan Surga seribu air terjun, karena kota ini sangat banyak sekali destinasi wisatanya. Adapun destinasi wisata tersebut berupa Gunung Dempo, Curug/Air terjun, Danau, Peninggalan Purbakala, Peninggalan Zaman Belanda, Kebun Teh dan masih banyak lagi lainnya.
Berikut beberapa serpihan surga yang ada di Kota Pagaralam Sumatera Selatan:
1. Gunung Dempo

Gunung dempo merupakan puncak tertinggi di Sumatera Selatan (3.159 MDPL), yang tertelak diperbatasan Pagar Alam dan Bengkulu. Gunung Dempo Sendiri memiliki tingkat kemiringan 400, merupakan tingkat kemiringan yang masih mudah untuk didaki. Walaupun gunung dempo puncak tertinggi ke tiga di Sumatera, namun disetiap lereng gunung dempo banyak sekali dijumpai air terjun, sehingga tidak membuat khawatir jika para pendaki kehabisan air minum.
2. Kebun Teh

Jika teman – teman sekalian membahas mengenai kebun teh, pasti yang pertama kali teringat di Jawa Barat bukan, bahkan mbah google juga sama. Namun sekarang saya kasih tau kalua di Sumatera Selatan, khususnya Kota Pagaralam juga mempunyai kebun teh PTPN VII Nusantara yang gak kalah menariknya dengan perkebunan teh di Jawa Barat sana. Setiap harinya kebun teh PTPN VII Nusantara ini selalu ramai dikunjungi wisataman local,regional maupun manca negara. Luas perkebunan teh itu sendiri kurang lebih 1.328 H dengan berbagai aneka ragam teh.
3. Curug/Air Terjun

Air terjun merupakan suatu bangunan yang diciptakan tuhan bahkan manusia sendiri. Jika kita membahas masalah air terjun maka air terjun Niagara yang pasti memiliki pesona indah, namun Kota Pagaralam tidak mau kalah. Kota Pagaralam juga memiliki 1000 air terjun, baik yang sudah dikelola pemerintah maupun yang belum dikelola. Bahkan miniatur air terjun Niagara pun ada di Kota Pagaralam yaitu Air Terjun Green Paradise.
4. Danau

Danau adalah sebuah karya tuhan maupun manusia yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari – hari, mulai dari mencari penghasilan sampai MCK. Di Indonesia sendiri banyak danau yang sangat terkenal, contohnya danau Toba di Sumatera Utara, danau Singkarak. Lalu di Suamatera Selatan sendiri danau Apa yang dimiliki? Di Kota Pagaralam sendiri hanya mempunyai 3 danau yang memiliki pesona gak kalah menarik dengan danau di Sumatera lainnya bahkan Indonesia, yaitu danau Tebat Gheban, Danau Tebat Libagh, dan Danau Merah. Nah yang unik Pagaralam mempunyai Danau Merah, dimana air dalam danau tersebut bewarna merah.keren kann!!!
5. Peninggalan Purbakala

Tidak mau ketinggalan dengan daerah – daerah lain yang mempunyai peninggalan purbakala, Kota Pagaralam juga mempunyai berbagai jenis peninggalan purbakala mulai dari prasasti, dolmen, rumah batu dan masih banyak yang lainnya.
6. Peninggalan Zaman Belanda

Wahh, ternyata beberapa peninggalan zaman belanda masih ada sampai saat ini di Kota Pagaralam. Berikut beberapa peninggalan zaman belanda tersebut Pabrik Teh PTPN VII Nusantara, Irigasi di curug Mertam.
Dan tentunya masih banyak lagi pembahasan Kota serpihan surge tersebut yang belum sempat saya kasih ke teman – teman sekalian ya. Tunggu kabar selanjutnya, ehhh,,, hampir lupa kota serpihan surge itu bukan saya yang buat ya.. itu julukan untuk Kota Pagaralam dari wisatawan karena banyak seklai keindahan alam ciptaan tuhan yang ada di Kota Pagaralam.
Diubah oleh solihinzailanj 12-10-2017 05:38
0
33.7K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan