Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andrikfkAvatar border
TS
andrikfk
Meneladani KH Agus Salim Tak Menentang Poligami tapi Setia pada Satu Istri
Kiai Haji Agus Salim pernah memberikan pendapatnya soal poligami. Lelaki Koto Gadang,
Sumatera Barat, 8 Oktober 1884 dan 4 November 1954, yang dijuluki 'Grand Oldman' dalam kancah politik nasional itu mereguk bahagia mengarungi rumah tangga bersama seorang istri.
Pesan ini terselip ketika seorang wartawati bertanya tentang rencana Presiden Sukarno menikahi Hartini, 7 Juli 1953, seorang janda beranak lima. Salim hanya sanggup meladeni pertanyaan sambil berbaring di ranjangnya pada 7 Oktober 1954. Ia tengah sakit-sakitan, dan wawancara dibatasi selama 30 menit saja.
"Saya telah mempunyai anak-anak dan cucu-cucu, harapan saya semoga untuk selanjutnya kami terus diberkahi selamat oleh Tuhan Yang Maha Esa. Memang hidup kekeluargaan yang berbahagia itu tak ada bandingannya," ucap Salim.
Wawancara ini terekam dalam artikel Kustiniyati Mochtar di buku Seratus Tahun Haji Agus Salim. Salim mengaku telah mengecap kehidupan kekeluargaan yang sangat bahagia. Jawabannya tenang, ia tak ingin menambah polemik pemberitaan rencana perkimpoian Presiden Sukarno. Sekitar sebulan setelahnya ia meninggal dunia.
Salim memiliki satu istri, Zainatun Nahar Almatsier. Mereka menikah pada 12 Agustus 1912 dan dikaruniai 10 orang anak, dua diantaranya meninggal ketika masih kecil.
Sebelum berumahtangga dengan Zainatun, ia menikahi seorang gadis di Jeddah, Arab Saudi. Gadis itu yang merawatnya ketika bekerja sebagai
dragoman (ahli penerjemah) di kantor Konsulat Belanda di Jeddah. Tak banyak catatan mengenai perempuan ini, hanya salah seorang adik iparnya mengaku istri dari Jeddah ini pernah tinggal di rumah Almatsier dan biasa dipanggil Juddah. Keduanya sudah bercerai.
Pada masa pergerakan nasional, Salim memiliki pandangan yang tak menolak poligami. Tulisannya berjudul "Perempuan dan Islam" menyikapi sikap Kartini yang menurutnya salah soal Islam dimuat Harian Hindia Baroe pada 17 dan 18 April 1925. Intisari tulisan tersebut menjelaskan posisi perempuan dalam Islam yang istimewa.
Soal Poligami sendiri, pandangan mengenai Nabi Muhammad SAW beristri empat harus dilihat dalam konteks waktu dan sejarah. Apalagi syarat adil dalam poligami, menurut Salim, bukan perkara sepele.
Namun walau tak menafikkan soal poligami, Salim sendiri berpegang teguh dengan monogomi hingga akhir hayatnya. Buku Mohammad Roem: Karier Politik dan Perjuangannya 1924-1968 karya Iin Nur Insaniwati menyebutkan pemikir dan politisi Islam lain seperti Mohammad Roem dan Fakih Usman juga memegang teguh monogami dalam kehidupan pribadi.
Berbeda dengan Sukarno, yang di masa pergerakan nasional menolak keras terhadap Poligami, justru hingga 1960 'si Bung' delapan kali menikah.
Buku Penghancuran Gerakan Perempuan: Politik Seksual di Indonesia Pasca Kejatuhan PKI karya Saskia Eleonora Wieringa menyebutkan Sukarno mendukung kaum perempuan nasionalis dalam pertemuan yang dipimpin oleh Soewarni Djojoseputro di Bandung pada 1929, yang menentang keras poligami. Namun hingga 1960-an Sukarno justru pernah delapan kali menikah, dan separuhnya masih dalam status istri alias dipoligam.



KH Agus Salim. Ilustrasi: Kiagoos Auliansyah


Foto: Repro: Seratus Tahun Agus Salim

Sumber threed https://m.detik.com/news/berita/d-3676238/tak-menentang-poligami-tapi-setia-pada-satu-istri


Dikutip dari Wikipedia, Haji Agus Salim juga ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 27 Desember 1961 melalui Keppres nomor 657 tahun 1961.

Peran Agus Salim pada masa perjuangan kemerdekaan RI antara lain:
1. anggota Volksraad (1921-1924)
2. anggota panitia 9 BPUPKI yang mempersiapkan UUD 1945
3. Menteri Muda Luar Negeri Kabinet Sjahrir II 1946 dan Kabinet III 1947
4. pembukaan hubungan diplomatik Indonesia dengan negara-negara Arab, terutama Mesir pada tahun 1947
5. Menteri Luar Negeri Kabinet Amir Sjarifuddin 1947
6. Menteri Luar Negeri Kabinet Hatta 1948-1949
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.4K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan